Waspadai Bahaya Generasi Micin

Muslimahzone.com – Akhir-akhir ini media sosial dihebohkan dengan postingan anak-anak usia sekolah yang memamerkan kemesraannya. Tidak hanya sampai di situ, mereka pun turut membumbui postingan tersebut dengan kalimat-kalimat provokatif dan membuat sebagian besar pengguna mengurut dada.

Sebagai orang tua, bagaimana cara kita menanggapinya? Sikap anak yang ditunjukkan menjelang dewasa tidak terlepas dari peran kita sebagai orang tua. Sudah kuatkah pondasi agama dan moral yang kita berikan pada mereka? Berapa lama waktu yang kita habiskan untuk mendengar celoteh polos mereka? Masihkah kita mempunyai waktu untuk itu? Apalagi jika kedua orang tua lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah.

Tidak ada yang salah dengan ayah dan ibu yang sama-sama bekerja selama kita membekali mereka dengan pondasi agama yang kuat sedari kecil.

 

Sahabat Ummi, menilik fakta kebobrokan moral yang melanda di mana-mana, kita sebagai orang tua tentunya merasa miris dan memiliki kekhawatiran luar biasa terhadap masa depan putra-putri kita lainnya.

Salah satu yang menjadi sorotan saat ini ialah maraknya anak usia sekolah yang tanpa sungkan memamerkan kemesraan di berbagai media sosial. Mulai dari sekadar pegangan tangan sampai “ngamar” berdua.

Selain itu, ada adegan di mana beberapa anak sekolah memperagakan satu scene sinetron dengan main tampar dan berteriak, “mama jahat”. Naudzubillah, mereka dapat pengetahuan dari mana hal-hal seperti itu? Tentu saja ini berhubungan erat dengan efek negatif yang sinetron berikan. Selain menampilkan cerita manis khas negeri dongeng, kata-kata yang digunakan pun tidak sesuai dengan kaidah bahasa dan tatanan moral yang berlaku di Indonesia.

Generasi muda yang menuntut perhatian lebih ini biasa disebut dengan “generasi micin”. Sebagian orang menghubungkan dengan penggunaan bumbu penyedap rasa yang semakin banyak dipakai dalam berbagai produk makanan.

Sebutan “generasi micin” juga biasa dialamatkan pada anak-anak usia sekolah yang berlagak dewasa dan melakukan hal-hal di luar batas wajar mereka sebagai anak sekolah.

Tentunya kita sebagai orang tua wajib “gaul” dan “melek” teknologi supaya semua kegiatan yang dilakukan anak kita bisa terpantau dengan mudah. Kita juga harus mengetahui dengan siapa anak bergaul, apa yang dia kerjakan selama ini, dan tontonan apa yang selama ini dia konsumsi. Tentu tidak mudah mengingat usia anak yang semakin besar dan mempunyai ruang lingkup sosialisasi yang luas tapi sudah menjadi kewajiban kita untuk membentenginya dari berbagai pengaruh buruk yang muncul di masyarakat. Semoga anak kita tidak termasuk “generasi micin” yang mengerikan.

(ummi-online/muslimahzone.com)

No Responses

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk