Wanita yang Melawan Penindasan

MuslimahZone.com – Yang berlalu biarlah berlalu; cita-cita adalah harapan yang belum pasti; dan bagimu hanyalah saat yang sedang dijalani.

Tunjukanlah nalar Anda pada nash-nash, baik yang berasal dari Kitabullah maupun Sunnah Rasul-Nya, maka Anda akan menjumpai di dalamnya bahwa Allah menyanjung wanita yang shalih dan memuji sosok wanita yang beriman. Dalam suatu ayat disebutkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui firman-Nya:

“Allah membuat istri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman ketika ia berkata: ‘Ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim.’” (QS. 66: 11)

Dialah Asiah Radhiallahu anha, istri Firaun. Renungkanlah oleh Anda bagaimana Allah menjadikan wanita ini sampel yang hidup bagi orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan. Pikirkanlah bagaimana Anda menjadikannya perlambang dan teladan yang jelas untuk diteladani oleh setiap wanita yang ingin beroleh petunjuk dan menempuh jalan yang telah digariskan oleh Allah dalam kehidupan ini, karena ternyata dia lebih memilih tinggal di sisi Tuhannya Yang Mahamulia dan lebih memprioritaskan bertetangga (dengan Allah) daripada menempati tempat tinggalnya.

Untuk itu, ia rela membangkang terhadap ketaatan kepada suaminya. Fir’aun, yang berdosa, melampaui batas, lagi kafir. Dia menolak hidup di dalam istananya yang mewah penuh dengan perhiasan duniawi dan banyaknya pelayan yang siap melayani semua kebutuhannya. Dia lebih memilih tempat tinggal yang lebih kekal, lebih indah, dan lebih cantik di sisi Tuhannya yang menguasai semesta alam, di dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, di tempat yang telah dijanjikan di sisi Tuhan Yang Mahakuasa.

Sesungguhnya dialah sosok wanita yang berjiwa besar. Berkat cita-citanya yang tinggi dan kejujurannya yang berani, terdoronglah dirinya untuk menentang secara terang-terangan suaminya yang melampaui batas dengan menyuarakan kalimat yang haq dan memproklamirkan keimanannya di hadapan suaminya. Oleh karena itu, ia disiksa demi membela agama Allah dan berakhirlah perjuangannya dengan kepulangannya ke sisi Tuhan yang menguasai semesta alam.

Akan tetapi Allah Subhanahu wa Ta’ala telah menjadikannya sosok wanita yang patut untuk diteladani oleh setiap orang mukmin, baik laki-laki maupun perempuan, hingga hari Kiamat nanti. Allah telah mengabadikan nama Asiah melalui pujian-Nya dalam Kitab-Nya dan menyanjung sikap yang dilakukannya. Sebaliknya, Allah mencela sikap suaminya yang menyimpang dan sesat dari manhaj Allah yang telah diterapkan Allah di dalam bumi-Nya.

Bersikaplah optimis, sekalipun Anda berada di dalam sumber badai. Tiada daya untuk menghindar dari kedurhakaan dan tiada kekuatan untuk melakukan ketaatan, kecuali dengan pertolongan Allah.

Dikutip ulang dari buku “Jadilah Anda Wanita yang Paling Bahagia, Wahai Kaum Wanita, Jangan Bersedih” edisi bahasa Indonesia, karya Dr. ‘Aidh bin ‘Abdullah Al-Qarni. (fatima/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk