Waktu yang Paling Tepat Untuk Memandikan Bayi

MuslimahZone.com – Bayi boleh dimandikan di waktu manapun, selama tidak bertabrakan dengan waktu tidur atau makannya. Selama ini, waktu yang dianjurkan untuk memandikan bayi adalah di pagi hari, kira-kira pada pukul 09.00 hingga 11.00. Akan tetapi beberapa ibu mungkin sangat sibuk di pagi hari sehingga memilih untuk memandikan bayinya di siang atau sore hari. Bahkan, beberapa bayi dimandikan di malam hari sebagai ritual menjelang tidur yang membuatnya bisa tidur lebih nyenyak.

Hal ini bukanlah masalah selama bunda bisa memastikan si kecil tidak kedinginan. Yang terpenting adalah memilih waktu ketika bunda tidak sedang sibuk sehingga bisa fokus pada kegiatan memandikan bayi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, bunda perlu menetapkan waktu tetap bagi bayi untuk mandi supaya si kecil terbiasa dengan kegiatan tersebut.

Waktu tepat memandikan bayi

Bayi yang baru lahir hingga berusia 3 bulan sangat rentan terhadap udara dingin. Karena itu, bunda sebaiknya memandikan si kecil dengan air hangat kuku di malam hari. Setelah mandi keringkan tubuh bayi benar-benar supaya ia tidak kedinginan. Ketika udara di luar sedang dingin atau hujan, memandikan bayi di malam hari tetap aman dilakukan selama bunda bisa memastikan si kecil tidak kedinginan dan bayi dimandikan di ruangan tertutup yang hangat dan tidak berangin. Akan tetapi, ada pengecualian bagi bayi yang baru lahir dan tali pusarnya belum lepas.

Bayi yang tali pusarnya belum lepas sebaiknya tidak dimandikan di dalam bak mandi bayi, sekalipun airnya hangat. Hal ini karena tali pusarnya belum boleh terkena air. Bila tali pusar terkena air, kemungkinan terjadinya infeksi semakin besar. Untuk itu, mandikan bayi dengan cara mengusapnya dengan lap bersih yang dibasahi air hangat.

Bayi mandi setelah disusui

Beberapa orang tua memandikan bayi setelah disusui  supaya si kecil merasa nyaman dan supaya waktu makannya tidak terganggu. Hal ini boleh saja dilakukan. Yang penting, beri jeda waktu antara menyusui dengan waktu mandi untuk menjaga supaya si kecil tidak dalam keadaan terlalu kenyang ketika dimandikan. Bila perut tertekan tanpa sengaja ketika ia sedang kenyang, ia bisa muntah.

Sangatlah penting untuk memusatkan perhatian ketika sedang memandikan  si kecil. Karena itu, pilih waktu dimana bunda tidak sedang sibuk dan bisa fokus memandikan si kecil. Tidak perlu menjawab telepon dan hindari meninggalkan bayi sendirian selama beberapa waktu untuk melakukan hal lain ketika sedang memandikannya karena hal ini bisa membahayakan.

Berapa kali bayi harus mandi?

Lalu, berapa kali sehari sebaiknya si kecil dimandikan? Memang, idealnya bayi dimandikan dua atau tiga hari sekali untuk mencegah kulit kering. Akan tetapi, di Indonesia yang adalah negara beriklim tropis, bayi bisa dimandikan hingga 2 kali sehari. Udara di Indonesia cenderung panas dan lembab, sehingga mandi dua kali sehari bisa membuat bayi merasa lebih nyaman, terutama bila udara sedang panas.

Sumber: balitapedia.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk