Wahai Para Isteri, Bantulah Kehidupan Agama Suamimu

MuslimahZone.com – Allah SWT berfirman : “ Ingatlah ketika Istri Imran berkata,”… Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku menadzarkan kepada-Mu, anak yang ada dalam kandunganku ini menjadi hamba yang shalih dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah nadzar itu dariku. Sesungguhnya Engkaulah YangMaha Mendengar lagi Maha Mengetahui (QS Ali Imran : 35)

Seorang istri mempunyai kewajiban berdakwah. Orang yang paling utama didakwahi adalah suaminya sendiri. Karena itu, tugas seorang istri membantu kehidupan beragama suami adalah fardhu’ain. Maksudnya, kewajiban yang harus dilakukan tiap-tiap orang. Karenanya istri adalah orang yang paling bertanggung jawab meluruskan perilaku suami yang tidak sejalan dengan ketentuan Islam.

Contoh kiprah seorang istri yang membantu kehidupan agama suaminya ialah apa yang dilakukan oleh Istri ‘Imran As. Kejadian ini dijelaskan oleh Allah pada Qs : Ali Imran 35 tersebut.

Imran termasuk salah seorang Nabi di  lingkungan Bani Israil . Imran bertugas mengajari Bani Israil  ilmu-ilmu agama dan membimbing mereka beribadah kepada Allah . Imran as ingin sekali usahanya kelak dilanjutkan oleh keturunannya. Keinginan ini disampaikan kepada istrinya. Istrinya pun sangat mendukung dan bernadzar kepada Allah SWT jika kelak mempunyai anak, maka anaknya itu akan diserahkan kepada rahib-rahib Bani Israil untuk dididik menjadi ahli agama dan berbakti bagi kepentingan agama.

Istri Imran merupakan suri teladan bagi para istri dalam membantu suami membangun kehidupan beragama. Akhlaq suami yang teguh pada agama harus selalu ditopang, bahkan terus diberi semangat supaya sang suami hidup di jalan yang diridhoi Allah.

Jangan terjadi sebaliknya, istri menjadi musuh dalam kehidupan beragama suaminya. Misalnya, suami menghendaki hidup bersih dan lurus, sehingga suami selalu menjauhkan diri dari mencari pendapatan yang tidak halal.  Sangat disesalkan dari seorang istri , yaitu mendorong suaminya untuk mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya walaupun terpaksa dengan melakukan korupsi, penipuan dan cara-cara haram lainnya.

Juga ada istri yang membantu suaminya melakukan perbuatan-perbuatan dosa. Contohnya istri Abu Lahab yang membantu usaha-usaha Abu Lahab untuk memusuhi Nabi Muhammad saw menyebarkan dakwah Islam di Makkah. Kasus istri Abu Lahab ini diabadikan oleh Allah swt dalam Qs Al Lahab.

Dalam ajaran Islam seorang istri tidak boleh acuh terhadap kehidupan agama suaminya. Jika suaminya menyalahi ajaran agama, ia wajib meluruskannya. Jika suami memusuhi dakwah Islam, ia wajib menghentikannya. Dan jika suami menegakkan kehidupan Islam , maka ia wajib membantunya. Bila suami kurang pengetahuan Islamnya, sedang istri banyak tahu, maka  wajib mengajari suaminya. Karena itu istri wajib terus menerus belajar agama agar dapat membantu suaminya dalam menegakkan kehidupan beragama.

(jurnalislam.com/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Hati-hati Terjebak Syirik Kecil
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Memurnikan Keikhlasan
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Tips Menjalani LDM Bagi Suami Isteri
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk