Ummul Masakin, Ibunda Zainab Binti Khuzaimah Radhiallahu’anha

MuslimahZone.com – Ketika dinikahi oleh Rasulullah, ibunda Zainab binti Khuzaimah radhiallahu’anha dalam keadaan janda dari Ubaidah bin Harits, anak paman Rasululullah Salallahu ‘Alaihi wa Salam. Ubaidah adalah salah seorang prajurit penunggang kuda yang paling perkasa setelah Hamzah bin Abdul Muthalib dan Ali bin Abi Thalib.

Nama lengkap beliau adalah Zainab binti Khuzaimah bin Haris bin Abdillah bin Amru bin Abdi Manaf bin Hilal bin Amir bin Sha’shaah al Hilaliyah. Ibunya bernama Hindun binti Auf bin Harits bin Hamathah.

Beliau termasuk kelompok orang yang masuk Islam pertama kali dari golongan wanita. Beliau memang bukan seorang yang berwajah cantik dan disebutkan bahwa beliau adalah seorang wanita yang lemah dan terjangkit penyakit. Sebagaimana dituturkan oleh sang suami yang sedang bersedih disaat akan meninggalkannya. Pada saat Ubaidah bin Harits akan meninggal dunia, tiba-tiba air matanya meleleh; sehingga para sahabat bertanya kepadanya: “Kenapa engkau menangis wahai Ubaidillah? Padahal Allah Subhanahuwata’ala sudah menjanjikan kepada kita dua kebaikan: kemenangan dan syahid?”. Ubaidah berkata, “Aku teringat akan istriku, Zainab binti Khuzaimah, apa yang akan terjadi padanya setelah aku meninggal. Aku menangis karenanya, dia adalah wanita yang lemah dan dia terjangkit penyakit.”

Tetapi, di balik kelemahan beliau, Ibunda Zainab binti Khuzaimah mempunyai sifat yang mulia, yaitu belas kasihan dan kasih sayang terhadap orang-orang miskin. Sebagaimana dikatakan Az-Zuhri bahwa Nabi Shalallahu’alaihi wa Salam menikah dengan Zainab binti Khuzaimah, dia adalah Ummul Masakin atau ibunya orang-orang miskin; diberikan julukan seperti itu karena beliau banyak memberikan makanan kepada orang-orang miskin. Dan julukan ini telah beliau dapatkan sejak jaman jahilyyah.

Keadaan beliau yang janda dengan segala apa yang beliau derita inilah yang mendorong Rasulullah Shalallahu’alaihi wa Salam untuk menikahinya. Sebagai bentuk penghormatan baginya dan balasan atas kesabarannya dan kebaikan hatinya serta tentang kecintaannya kepada Allah Subhanahu wata’ala, Rasulullah Shalallahu’alaihi wa salam dan kaum miskin.

Tidak banyak cerita tentang rumah tangga Ibunda Zainab binti Khuzaimah dengan Rasulullah Shalallahu’alaihi wa Salam, karena rumah tangga ini berlangsung dalam waktu yang tidak lama, ada banyak pendapat mengenai lamanya pernikahan ini, yaitu sekitar 4-8 bulan. Hal ni disebabkan karena Allah telah memanggil Ibunda Zainab dalam waktu yang masih muda. Beliau meninggal di saat Rasulullah Shalallahu’alaihi wa Salam masih hidup. Rasulullah yang telah menshalatinya dan beliaulah yang pertama kali dimakamkan di Baqi.

Sumber: Majalah Al Husna

(esqiel/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk