Tujuh Makanan Pengganti Dokter

MuslimahZone.com – Beberapa makanan yang sehari-hari kita makan ternyata memiliki banyak khasiat. Diantara khasiatnya, dapat menguatkan sistem imun karena bersifat anti bakteri dan anti virus. Beberapa pula mengandung senyawa anti kolesterol untuk meningkatkan kesehatan jantung juga senyawa anti-oksidan pencegah kanker.

Jika kita mengetahuinya tentu saja ini menjadi keuntungan bagi kita untuk menjaga kesehatan kita. Berikut tujuh makanan jagoan yang dapat kita jadikan dokter pribadi kita:

1. Tomat

Penelitian di Italia menunjukkan bahwa konsumsi tomat mentah minimal satu buah per hari akan mengurangi resiko terhadap kanker. Cabe dan stroberi dapat menjadi pengganti jika kita tidak menyukai tomat.

Penelitian Universitas Harvard terhadap 48.000 orang pada tahun 1995 menunjukkan, orang yang memakan sepuluh kali hidangan yang mengandung tomat per minggu akan turun resikonya terkena kanker prostat sampai hampir separuhnya.

2. Bawang Putih

Bawang putih dapat menguatkan daya tahan tubuh dan merangsang pertumbuhan sel darah putih yang bertugas melawan penyakit. Bawang putih pula dapat memicu aktivitas sel tubuh pembunuh bakteri dan virus dan meningkatkan produksi antibodi.

Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih mampu melemahkan dan membunuh sedikitnya 72 bakteri yang menyebabakan diare, disentri, keracunan makanan yang serius dan radang otak.

Bawang putih pernah menjadi antibiotik dan anti septik yang kuat yang digunakan oleh para prajurit Rusia semasa Perang Dunia II dulu.

Bawang putih juga berperan sebagai anti-oksidan yang mengurangi pertumbuhan radikal bebas dalam aliran darah.

Kita juga bisa mengurangi resiko terkena kanker perut sebesar 40% dengan rajin mengkonsumsi bawang putih. Bawang putih juga baik bagi jantung untuk memastikan trombosit tidak melekat yang menyebabkan pembuluh darah halus tersumbat.

3. Anggur

Anggur mengandung komponen yang mengan dung resveratrol yang menghalangi pertumbuhan tumor. Anggur juga mengandung asam algik yang mencegah sekresi enzim buruk pemicu kanker. Kalau kita tidak suka anggur, apel, stroberi dan raspberi pun mengandung banyak resveratrol.

 4. Jeruk

Dalam semua jenis jeruk terdapat zat yang disebut limonen yang mampu memecah unsur karsinoge dan merangsang sel imun pembunuh kanker.

5. Kedelai

Kedelai mengandung sejumlah besar antikarsinogen, terutama isoflavones. Isoflavones dan genistein melindungi kita dari kanker. Genistein adalah anti-estrogen yang mengurangi resiko terkena kanker hormonal seperti kanker payudara. Kedelai juga merupakan sumber protein yang paling baik.

 6. Cabai

Bahan pedas dalam cabai, capsaicin, dapat melawan karsinogen berbahaya dan mencegah mengumpulnya nitrit dan amina. Semakin pedas cabai, kandungan capsaicin-nya semakin banyak.

 7. Tempe

Sebagai makanan tradisional yang sudah merakyat, hampirtak satu orang pun di Indonesia yang tak mengenalnya. Tempe dibuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Kandungannya baik sekali,  terdiri atas zat aktif antibiotik hasil produksi kapang jamurnya, dan vitamin (alfa tokoferol).

Demikian, dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bermanfaat insya Allah tubuh kita akan sehat dan kuat. Sehingga kita bisa senantiasa beribadah dan beramal shalih. Semoga kita bisa menjaga amanah tubuh kita, menunaikan haknya.

Disadur dari buku “Jangan ke Dokter Lagi! Rahasia Sistem Imun dan Kiat Menghalau Penyakit”, penulis: Tauhid Nur Azhar dan Bambang Trim

(esqiel/muslimahzone.com)

Tags:

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk