Trauma Serangan Densus 88, Murid RA Amanah Umah Mengira Tiang Kamera Wartawan Adalah Senjata

KLATEN, (Muslimahzone.com) – Pasca penggeledahan yang dilakukan anggota Densus 88/Anti Teror di RA Amanah Ummah yang dikelola Suratmi, istri almarhum Siyono pada Kamis (10/03/2016) lalu, para murid RA mengalami trauma yang cukup mendalam.

Di antaranya adalah M dan R. Kedua murid itu hingga saat ini masih mengalami trauma akibat melihat Densus 88 yang tiba-tiba memasuki sekolahnya dengan persenjataan lengkap.

Sejak kematian Siyono, kediamannya hingga kini masih ramai dikunjungi orang. Sejumlah aktivis Islam, wartawan dan para peziarah masih hilir mudik di sekitar rumahnya. Padahal, murid-murid RA Amanah Ummah masih banyak yang ketakutan ketika melihat mobil lewat. 

“Kira-kira sepekan lalu, saat ada wartawan dari CNN Indonesia membawa kamera lengkap dengan tiang tiangnya (tripod), dua anak itu langsung ketakutan karena dikiranya senjata,” jelas Suratmi kepada wartawan anggota JITU, Tommy Abdullah di kediaman Siyono, Senin, (4/4), seperti dilansir suara-islam, Selasa (5/4).

Suratmi yang telah merintis Raudhatul Atfal (TK) Amanah Ummah sejak tahun 2005 itu menjelaskan, saat itu kedua bocah itu langsung lari tunggang langgang menaiki sepeda mereka. Padahal rumah keduanya berjarak dua kilo meter jauhnya dari TK tersebut, yang paling jauh dibanding teman-temannya.  

“Laporan dari orangtuanya, M begitu pulang langsung masuk ke kolong tempat tidur di rumahnya. Yang satunya, R, ngumpet di pojokan menangis sampai terkencing-kencing,” cerita Suratmi. 

Orang tua kedua anak tersebut pun akhirnya menyatakan tak terima dengan kondisi yang menimpa anaknya saat ini. “Saya tidak terima dengan mereka [Densus, red], akibatnya anak saya seperti ini,” kata ayah M.

Sementara itu, psikolog Dwi Estiningsih menjelaskan bahwa trauma yang terjadi akibat penggerebekan Densus 88 di RA Amanah Ummah tak hanya menimpa anak-anak, tapi wali murid dan para pengajar di sana.

Menurutnya, ada satu guru yang tidak mau mengajar kembali dan berubah menjadi pendiam akibat kejadian yang telah terjadi dua pekan lalu tersebut.

“Jangan salah, trauma itu bukan hanya menimpa anak-anak, tapi bisa menimpa orang dewasa juga,” ujar psikolog yang aktif di panti sosial ‘Asuhan Anak’ Dinas Sosial Provinsi DI Yogyakarta ini.

Seperti diketahui, belasan mobil berisi puluhan aparat kepolisian bersenjata lengkap beberapa waktu lalu mendatangi rumah Siyono. Kedatangan mereka untuk mencari barang bukti usai penangkapan Siyono. Padahal, tak ada surat penggeledahan yang disampaikan aparat kepada pihak keluarga. Rumah yang juga berfungsi sebagai RA Amanah Ummah itu pun digeledah, sementara di dalamnya terdapat 48 murid sedang mengikuti proses kegiatan belajar.

Dwi Estiningsih menjelaskan bahwa tidak seperti halnya pada orang dewasa, dampak trauma pada anak bisa menyebabkan gangguan berkepanjangan.

“Trauma semacam itu bisa menyebabkan gangguan kejiwaan, seperti phobia, mental disorder hingga gangguan obsesif kompulsif,” katanya.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga