Tips Meraih Sakinah Dalam Rumah Tangga

Muslimahzone.com – Sering kali kita mendoakan atau mungkin mendapat do’a agar rumah tangga kita sakinah. Namun, sudahkah proses menjadi keluarga yang sakinah kita lalui? Tidak mungkin kesakinahan bisa didapat jika kita tidak berusaha menjalani usaha untuk menggapainya.

Berikut adalah tulisan dari fimadani sebagai salah satu pelajaran bagi kita bagaimana menggapai rumah tangga yang sakinah.

Mempunyai keluarga sakinah dan harmonis merupakan keinginan setiap pasangan yang telah menikah. Akan tetapi untuk mewujudkan hal tersebut bukanlah sesuatu yang mudah. Apalagi di tengah perkembangan zaman sekarang, jalankan untuk membangun keluarga sakinah, bisa mempertahankan keutuhan rumah tangga saja sudah merupakan prestasi yang luar biasa.

Sudah saatnya untuk merenungkan kembali apakah keluarga yang telah dibina saat ini sesuai dengan apa yang telah Rasulullah ajarkan. Apakah sudah sesuai dengan koridor yang diinginkan oleh Allah dalam menjalankan kehidupan berumah tangga. Keluarga merupakan tempat awal untuk membentuk kepribadian seseorang, oleh karena itulah Islam mengajarkan kepada umatnya agar menjadikan keluarga sebagai tempat yang nyaman, bahagia, serta penuh dengan nilai Islam.

Al Quran dan Hadist merupakan pedoman utama dalam membentuk dan membina keluarga sakinah termasuk dalam mengatasi setiap masalah yang ada. Berdasarkan sebuah hadist setidaknya ada 5 pilar utama dalam mewujudkan keluarga sakinah.

  • Menerapkan Islam dalam membina Agama
  • Saling menghormati dan menyayangi
  • Sederhana dalam berbelanja
  • Santun dalam bergaul
  • Selalu instropeksi diri

Lalu bagaimana tips atau cara membangun keluarga sakinah? Berikut adalah beberapa cara untuk membangun sebuah keluarga sakinah.

1. Memilih Pasangan yang Tepat

Dalam membina sebuah hubungan memiliki pasangan yang tepat sangatlah penting. Ikutilah apa yang telah Islam ajarkan dalam memilih pasangan seperti yang apa yang diperintahkan dalam hadist berikut.

تنكح المرأة لأربع: لمالها ولحسبها وجمالها ولدينها، فاظفر بذات الدين تربت يداك

“Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dalam hadist tersebut hendaknya dalam memilih pasangan berdasarkan kualitas agamanya bukan karena kecantikan, harta atau keturunan.

2. Menumbuhkan ‘Mawaddah’ dalam Keluarga

Keluarga yang baik tentu keluarga yang dipenuhi dengan cinta kasih kepada pasangannya. Dengan menumbuhkan rasa kasih antar anggota keluarga akan menciptakan kondisi nyaman di dalam keluarga tersebut. Oleh karena itu cinta yang ditumbuhkan hendaknya cinta kepada Allah dan Rasulullah, sehingga cinta yang akan bersemi di dalam keluarga benar-benar cinta yang murni bukan karena nafsu semata.

3. Saling Mengerti Antar Pasangan

Sudah menjadi fitrahnya bahwa antara laki-laki dan perempuan memiliki sifat dan pola berfikir yang berbeda. Oleh karena itu dalam membangun sebuah keluarga maka diperlukan sebuah sifat saling memahami. Dengan memahami pola pikir serta kepribadian pasangan akan memudahkan dalam menjalin komunikasi serta tindakan-tindakan yang akan dilakukan dalam membina sebuah rumah tangga.

4. Bisa saling Menerima Kekurangan dan Kelebihan Pasangan

Di dunia ini tentu tidak ada yang sempurna, termasuk dengan manusia. Ketika sudah berkomitmen membangun sebuah keluarga maka harus sudah siap menerima segala kekurangan dan kelebihan pasangan. Saling melengkapi antar pasangan akan menciptakan sebuah keluarga yang harmonis.

5. Saling Percaya dengan Pasangan

Kepercayaan merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah keluarga. Karena dengan percaya pada pasangan akan menciptakan perasaan tenang. Untuk memupuk rasa saling percaya tentu dibutuhkan sifat saling terbuka di dalam keluarga. Sehingga tidak ada hal yang disembunyikan dari pasangan. Dengan begitu akan tumbuh sifat saling percaya.

Demikian adalah sedikit ulasan tentang bagaimana cara membangun sebuah keluarga sakinah. Semoga bermanfaat.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Ustadz Abdul Somad : Mengapa Allah Menyisakan Kaum Yahudi?
Curahan Hati Petani
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Nasehat Tere Liye Seputar Jodoh
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk