Tips Memilih Menu Masakan Sehat Untuk Sahur Anda

Muslimahzone.com – Muslimah, Ramadhan telah tiba, sahur adalah amalan sunnah yang berkah. Bagi anda yang telah menhadi ibu rumah tangga merupakan pahala yang besar menyiapkan sahur untuk keluarga. Berikut tips memilih menu masakan sehat untuk sahur keluarga anda:

Santap sahur  merupakan pengganti sarapan. Oleh sebab itu menu sahur sehat harus mengandung nutrisi yg cukup dan juga cairan. Menu lengkapnya bisa berupa nasi, kentang atau mi sebagai sumber karbohidrat dengan tambahan protein nabati (tempe, tahu, kacang-kacangan) dan protein hewani (daging, unggas,seafood). Jangan lupa sayuran dan buah-buahan segar. Untuk pelengkap bisa menambahkan minuman susu kedelai, susu skim atau susu segar .

Sahur sebaiknya ada variasi Menu: 
Hal ini supaya sahur tetap semangat dan selera makan sahur juga terjaga,umber nutrisi yang diperlukan tubuh tak harus diwujudkan dalam nasi plus lauk-pauk. Bisa berupa mi kuah dengan tambahan sayuran, telur dan daging asap. Bubur dengan tambahan ayam, telur dan sayuran. Pasta dengan paduan keju, daging sapi dan sayuran. Kentang panggang dengan tambahan brokoli, keju dan sosis. Untuk mencukupi kebutuhan cairan, serat dan mineral sebaiknya tambahkan selalu sayuran dan buah segar. Buah segar bisa dimakan sebagai buah potong atau buat jus bersama yoghurt atau susu atau jus segar tanpa tambahan gula. Agar kerja lambung tidak terlampau berat yang bisa berakibat badan lemas dan mengantuk, hindari konsumsi gula dan lemak berlebihan. Kurangi makanan gorengan dan makanan yang terlalu manis atau terlalu asin.

Makanan Sahur Sebaiknya disajikan saat Segar dan Hangat:
 Karena santap sahur dilakukan pada pagi buta, sebaiknya rangsang selera makan dengan makanan dan minuman yang hangat dan segar. Untuk makanan yang memakai sayuran segar, sajikan sesaat akan disantap agar sayuran masih renyah dan kandungan vitamin serta mineralnya tetap awet. Demikian juga dengan buah-buahan segar. Untuk nasi dan lauk-pauk, sajikan dalam keadaan hangat atau panas agar lebih enak dan menarik selera makan.

Catatan: Untuk Bunda, jangan lupa pilih bahan-bahan yang terjamin halal ya atau terdapat sertifikasi halalnya.

(zafaran/detikfood/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Menutup Aurat Hanya Musiman
Polemik Zakat Profesi Bulanan
Perbedaan Pendapat tentang Golongan yang Berhak Menerima Zakat Fithr
Ketika Mubahalah Telah Dipilih Sebagai Jalan Keluar
Muslimah pun Wajib Menuntut Ilmu
Aurat Wanita
Ketika Tiga Kekuatan Menyatu di Bulan Ramadhan
Ada Keindahan Dibalik Ujian
Adakah Rumah Tangga Ideal?
Kesederhanaan dalam Resepsi Pernikahan
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
“Jangan Bikin Mama atau Ayah Marah ya !”
Nak, Silaturrahim Tak Hanya Saat Lebaran
Kunci Agar Anak Gemar Beribadah
Kunci Anak Agar Remaja Anda Jauh dari Kenakalan
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Hindari Fitnah Wanita, Istri Shalihah Gantinya
Halal Buat Kami, Haram Buat Tuan…
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk
Renyah dan Gurihnya Kue Garpu
Menu Sahur : Pepes Tahu Teri Pedas