Tips Bersih-bersih Rumah di Akhir Pekan

Muslimahzone.com – Membersihkan rumah tentu menjadi aktifitas sehari-hari. Rumah akan seperti “kapal pecah” jika tak dibersihkan satu hari saja. Tetapi, ada kalanya perlu waktu khusus untuk membersihkan rumah secara keseluruhan, misalnya di akhir pekan.

Lalu apa saja sih yang biasanya perlu dibereskan atau dibersihkan dalam aksi bersih-bersih di akhir pekan? berikut tipsnya:

Sebenarnya, banyak hal yang perlu disebutkan. Tapi kita akan membahas beberapa hal saja. Di antaranya:

1. Mulailah dari kamar mandi. Karena rumah yang sehat, salah satu cirinya adalah kamar mandi yang bersih. Membersihkan kamar mandi ini relatif waktunya. Bisa satu pekan sekali, 2 atau 3 pekan sekali.

2. Sebelum menyapu dan mengepel lantai, baiknya dimulai dahulu untuk membersihkan perabotan rumah tangga. Seperti lemari pakaian, lemari/rak sepatu, lemari makanan, meja, dan lain-lain.

Bersihkan debu-debu yang menempel dengan lap kering, kemudian dengan lap basah. Keluarkan atau pisahkan barang-barang yang sudah tidak terpakai di dalam lemari/rak. Rapikan kembali barang-barang di dalam lemari atau rak setelah dipisahkan dari barang-barang yang tidak diperlukan.

3. Jika anda ingin membersihkan kasur, anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau sapu lidi (cara tradisional) untuk membersihkan debu-debu di atasnya. Jika perlu, anda bisa menjemurnya beberapa saat di bawah sinar matahari (cara tradisional.

4. Jika di rumah terdapat kursi, anda dapat mengubah posisi kursi menjadi berbeda. Sehingga bisa merefresh suasana rumah.

5. Setelah membersihkan dan merapikan perabotan rumah, pastikan barang-barang atau benda atau sampah yang telah dipisahkan disimpan pada tempatnya, sebelum anda memulai menyapu dan mengepel lantai.

5. Bersihkan kaca. Kaca adalah bagian rumah yang rentan kotor terkena debu atau cipratan air hujan yang meninggalkan bekas. Sehingga dengan membersihkan kaca, rumah dapat terlihat lebih indah.

Gunakanlah lap basah terlebih dahulu (bisa ditambah cairan pembersih kaca) sebelum lap kering. Membersihkan kaca ini tidak hanya satu sisi saja. Sisi dalam rumah dan sisi kamar harus sama-sama dibersihkan agar terlihat bersih.

7.Setelah memastikan perabotan rumah, termasuk di dapur, telah bersih dan rapi. Anda dapat memulai aksi menyapu lantai. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau sapu biasa. Setelah disapu, lantai baiknya dibersihkan dengan mengepelnya (bisa ditambahkan pewangi lantai agar wangi).

7. Setelah dalam rumah tertata rapi dan lantai telah bersih kembali, saatnya untuk membersihkan bagian luar rumah. Bersihkan pelataran rumah dengan menyapu dan mengepel lantainya. Jika anda memiliki tanaman hias, maka siramlah dan berilah pupuk jika perlu dan tempatkan mereka di tempat yang dapat terlihat oleh matahari. Kemudian anda bisa mengubah posisi penempatan mereka agar rumah terlihat seperti baru.

Sebenarnya, cara membersihkan dan merapikan rumah tentu dapat berbeda-beda caranya. Karena setiap rumah memiliki tipe yang berbeda-beda dan pemiliknya memiliki selera masing-masing. Namun pastikanlah rumah selalu terlihat bersih. Meski sederhana, jika rumah bersih dan rapi akan membuat nyaman.

wallahu a’lam

(zafaran/muslimahzone.com)

Tags:

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk