Tips Atasi Mata Lelah Karena Seharian di Depan Komputer

Muslimahzone.com – Dewasa ini komputer bak sebuah gadget yang sudah tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat dunia. Di komputerlah tempat anda berkomunikasi, bekerja dan melakukan kegiatan lainnya. Namun tahukan anda? Terlalu banyak menggunakan komputer dapat membuat mata anda mengalami kelelahan yang akhirnya dapat membuat mata mengalami beberapa gangguan seperti mata merah, berkedut hingga penglihatan yang mulai kabur. Hal tersebut jika terus dibiarkan tanpa ada tindakan dan perhatian lebih lanjut, bisa saja mengancam kesehatan mata anda, anda tentu tidak ingin jika mata anda mengalami kerusakan. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa cara mengatasinya :

1.    Beristirahat

Menatap layar monitor terlalu lama dapat menyebabkan mata menjadi tegang. Untuk itu, saat mata merasa lelah, ada baiknya jika anda segera beristirahat meskipun sejenak. Ambilah istirahat kecil, entah berjalan-jalan kecil atau mengalihkan pandangan anda pada objek lain, agar mata anda tidak terlalu lelah.

2.    Berikanlah Jarak Dengan Layar Monitor

Menatap layar monitor terlalu dekat tidak hanya berpengaruh pada kesehatan mata, area punggung dan leher anda pun bisa terganggu karena pegal dan rasa sakit.  Untuk itu, berikanlah jarak antara tempat duduk anda dengan layar monitor. Buatlah posisi senyaman mungkin agar anda tidak harus bekerja ekstra dengan menjulurkan leher pada bagian monitor karena objek pada monitor yang tidak terlihat dengan jelas.

3.    Kendurkan Otot Mata

Setelah seharian berada di depan komputer, mata anda akan merasa lelah. Untuk itu, kendurkan otot-otot mata dengan cara menggosok-gosokan kedua telapak tangan yang kemudian akan menghasilkan efek panas, setelah itu tempatkan jari-jari tangan yang terasa panas pada daerah atas mata. Rasa panas tubuh tersebut akan membuat otot-otot mata menjadi lebih rileks.

4.    Sesuaikan Kecerahan Layar Komputer Anda

Layar komputer yang terlalu cerah akan membuat mata anda mudah merasa lelah. Untuk itu, sebaiknya atur kembali kecerahan pada layar monitor, usahakan untuk tidak terlalu terang, agar mata anda tidak cepat merasa lelah.

5.    Gunakan Kacamata Anti Silau

Untuk mengatasi kecerahan yang berlebih pada layar monitor anda. Tidak ada salahnya mencoba cara lain dengan menggunakan kacamata anti silau. Agar mata anda senantiasa terjaga dari paparan cahaya yang terlalu kontras.

6.    Pijat Mata

Cara lain yang lebih nyaman adalah dengan rutin memijat bagian mata saat menjelang tidur. Cobalah gerakan memijat bagian kelopak mata dengan lembut dengan gerakan melingkar selama kurang lebih dua menit. Memijat adalah salah satu cara untuk mengendurkan otot mata yang tegang.

7.    Berkedip

Berkedip adalah salah satu cara paling sederhana untuk membuat mata anda kembali segar. Saat anda merasa lelah, usahakan untuk mengedip-ngedipkan mata untuk memulihkan kebugaran mata. Meski sederhana cara ini banyak dipilih untuk memulihkan kesehatan mata.

8.    Rutin Periksakan Mata

Meski anda tidak berkacamata, tidak ada salahnya untuk selalu memeriksakan kesehatan mata. Hal tersebut adalah cara terbaik untuk mendeteksi berbagai penyakit yang berkaitan dengan mata.

Mata adalah salah satu panca indera paling penting. Selain itu, mata juga adalah jendela dunia. Dengan mata yang sehat, keindahan dan warna-warni dunia bisa anda lihat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata adalah sebuah keharusan agar mata anda berfungsi dengan dengan baik.

(bidanku/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Memurnikan Keikhlasan
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Tips Menjalani LDM Bagi Suami Isteri
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk