Tips Agar Si Kecil Aman Ketika Berada Di Luar Rumah

MuslimahZone.com – Tak hanya menjaga keamanan di dalam rumah, keamanan ketika si kecil berada di luar rumah atau ketika berkunjung ke rumah orang lain pun perlu diperhatikan. Anak usia dua tahun ke atas sudah mahir berjalan bahkan berlari, jika si buah hati bermain di pekarangan atau di teras rumah, pastikan aman dari potensi bahaya yang mungkin ada. Ketika sedang berkunjung ke rumah famili, selalu awasi kegiatan si kecil tanpa harus terlalu membatasi aktivitas mereka.

Aman dari sinar matahari

Sebagaimana orang dewasa, si kecil pun memerlukan sinar matahari dalam kadar tertentu terutama untuk keperluan produksi vitamin D dalam tubuh mereka. Karena Indonesia berada di daerah tropis dimana sinar matahari sangat berlimpah, kurangi paparan sinar matahari terhadap si kecil terutama antara jam 11 siang sampai 3 sore. Upayakan menggunakan pelindung tubuh seperti pakaian lengan panjang dan topi untuk melindungi kulit si kecil dari sengatan sinar matahari.

Jika sedang bermain di pantai atau berenang di siang hari, gunakan krim pelindung sinar matahari khusus anak-anak dengan kandungan SPF (Sun Protection Factor) minimal 15. Krim tersebut dapat menangkal resiko bahaya sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar mengingat kulit si kecil lebih sensitif. Sebisa mungkin ajak si kecil bermain di daerah yang cukup teduh.

Aman ketika dijalan

Usia balita adalah usia aktif, ayah bunda harus ekstra hati-hati jika mengajak si kecil jalan-jalan di luar rumah. Pegang tangannya erat-erat ketika berjalan di keramaian agar tidak terpisah. Memberikan gelang dengan nama dan nomor kontak ayah bunda adalah tindakan preventif yang layak dilakukan jika si kecil terpisah di keramaian. Jika si buah hati menggunakan kereta roda, selalu cek posisi sabuk pengaman untuk memastikan ikatannya.

Sambil berjalan, edukasi si kecil jika memungkinkan sesuai dengan pemahamannya. Pahamkan untuk selalu dekat dengan ayah bunda, apa itu lampu merah dan masing-masing arti warna lampunya, dimana kita boleh menyeberang jalan, dan dimana kita boleh berjalan. Sampaikan juga agar berhati-hati dengan orang tak dikenal. Jika si kecil sedang bermain bola di lapangan, berikan kebebasan tapi tetap awasi untuk memastikan keamanannya.

Aman dalam kendaraan

Ketika si kecil dalam kendaraan termasuk kendaraan umum, ajarkan untuk selalu menjaga keamanan misalnya tidak mengeluarkan anggota badan lewat jendela. Jika naik kendaraan pribadi, pastikan menggunakan sabuk pengaman. Gunakan tempat duduk khusus balita yang sudah banyak dijual di pasaran. Jangan membiarkan si kecil sendiri di dalam mobil walaupun hanya sebentar, hati-hati dengan jendela kaca berpenggerak elektrik.

Jika ayah bunda menggunakan kendaraan motor roda dua, gunakan gendongan atau pengikat untuk si kecil. Hindari membonceng balita di bagian belakang motor tanpa pengaman tambahan meski si kecil sudah bisa berpegangan. Kenakan jaket pelindung dan helm khusus agar si buah hati tidak terpapar angin langsung. Jika bepergian jauh seperti keluar kota bersama si kecil, sebaiknya mengunakan kendaraan roda empat daripada roda dua.

Lebih baik mencegah daripada mengobati

Prinsip di atas juga berlaku dalam hal menjaga keamanan si kecil di luar rumah. Lebih baik ayah bunda sedikit cerewet dalam hal keamanan si kecil daripada mereka mengalami hal yang tidak diharapkan. Tentu tanpa harus terlalu mengekang mereka untuk bebas bergerak dan bermain sesuai dengan karakternya yang senang bereksplorasi.

Sumber: Balitapedia.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk