Tips Agar Buah Hati Makan Sendiri Tanpa Disuapi

MuslimahZone.com – Terdapat kebiasaan di masyarakat untuk menyuapi anak-anak hingga melewati usia balita. Akan tetapi, dewasa ini mulai berkembang tren untuk mengajarkan si kecil untuk makan sendiri sedini mungkin atau biasa disebut self-feeding. Metode ini memiliki manfaat untuk melatih kemandirian dan kepercayaan diri. Selain itu, ia bisa meningkatkan fungsi motorik dan koordinasi karena dengan makan sendiri si kecil akan belajar memegang dengan baik dan mengarahkan makanan ke mulutnya.

Mengenalkan cara makan mandiri pada bayi

Self feeding bisa mulai dilakukan ketika si kecil sudah terbiasa dengan makanan semi padat (sekitar usia 6 bulan) dan sudah dapat menyangga lehernya dengan baik. Jangan mengajarkan self-feeding kepada si kecil sebelum ia bisa menyangga lehernya karena bisa menyebabkan si kecil tersedak.

Pada dasarnya, bayi memiliki kebiasaan meniru orang dewasa sehingga menumbuhkan minat si kecil untuk makan sendiri tidaklah sulit. Akan tetapi, ada juga anak-anak yang tidak segera menunjukkan ketertarikan untuk memasukkan sendiri makanan ke mulutnya dan lebih suka dibantu. Bila si kecil termasuk golongan ini, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa membantu.

Tips agar si kecil terbiasa makan sendiri

  1. Beri contoh kepada si kecil bagaimana cara makan sendiri. Peragakan di depannya bagaimana cara mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut. Pada beberapa kesempatan, ajak si kecil makan bersama anggota keluarga lainnya. Makan bersama bisa menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan kepada si kecil cara menggunakan alat-alat makan.
  2. Bila masih sulit bagi si buah hati untuk makan dengan peralatan makan, berikan ia finger food. Finger food adalah makanan-makanan yang bisa dimakan si kecil dengan mudah tanpa menggunakan alat makan. Finger food biasanya berupa makanan yang lunak yang dimakan si kecil dengan cara dipegang di tangan, misalnya kentang rebus, jeruk, wortel baby yang dikukus, dan sebagainya. Kenalkan si kecil dengan berbagai jenis potongan-potongan makanan dalam berbagai ukuran, namun hindari makanan yang bisa menyebabkan tersedak, seperti kacang utuh, kismis, atau anggur utuh.
  3. Banyak anak-anak yang bisa makan dengan lebih baik bila tidak merasa diawasi. Karena itu, beri mereka kesempatan untuk belajar makan sendiri tanpa perlu diawasi dari dekat. Akan tetapi, jangan pula meninggalkan si kecil sendirian ketika belajar makan untuk berjaga-jaga bila ia mengalami kesulitan atau tersedak. Awasi mereka dari jauh sambil melakukan kegiatan lain.
  4. Mengajarkan anak-anak makan sendiri sudah pasti membutuhkan kesabaran ekstra. Ia mungkin akan membuat makanannya berantakan atau bahkan tumpah ke lantai. Akan tetapi, tetaplah sabar dan hanya bantu si kecil bila diperlukan. Bila kita selalu membantunya, ia tidak akan bisa makan sendiri. Lebih baik, hamparkan alas pada lantai atau karpet supaya tumpahan makanan tidak mengotorinya dan biarkan si kecil belajar pelan-pelan untuk makan dengan rapi.

(balitapedia/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Curahan Hati Petani
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Nasehat Tere Liye Seputar Jodoh
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk