Tikus yang Ditakuti Kucing

Oleh: Mohammad Fauzil Adhim

Muslimahzone.com – Tikus. Binatang kecil ini lekat dengan kesan menjijikkan dan menjadi pembawa penyakit. Tikus termasuk binatang pendendam, bahkan mendendam kepada orang yang ia curi barangnya, ia rusak miliknya. Pernah saya dibuat pusing oleh tikus gegara saya memasang pengusir tikus yang menggunakan suara pada frekuensi tertentu yang membisingkan telinga mereka, cuma manusia kurang mendengar. Tikus tak berani mendekat, tetapi gerombolan tikus itu secara demonstratif kencing di ruang tamu, di tempat yang sulit dijangkau dan memporakporandakan isinya. Saya pernah penasaran dan ternyata gerombolan tikus datang hanya untuk berulah. Sebab mereka sebenarnya tak tahan mendengar kebisingan suara pengusir tikus.

Tikus itu licik. Tetapi mereka pembelajar dan mengingat dengan baik. Pernah tikus tak berani mendekat dengan meletakkan di beberapa sudut rumah kulit durian. Tetapi ketika anak saya ada tugas sekolah sehingga memelihara hamster yang masih sekeluarga dengan tikus dan mereka melihat hamster tidak binasa, maka tikus tak lagi takut dengan bau durian.

Joseph E. Mason pernah menulis tentang tikus dengan tajuk Mouse Symbolism. Tikus itu cerdas. Mason menunjukkan bahwa tikus (mus) maknanya mencuri. Ia mengaitkan dengan kehidupan abadi di surga. Untuk meraih itu, menurut keyakinan Mason, harus dengan mencuri buah dari “pohon keabadian”. Mencuri merupakan jalan hidup tikus.

Pemangsa tikus adalah kucing, selain burung hantu dan elang. Tetapi sebagaimana ditunjukkan dalam sebuah eksperimen, kucing menjadi takut kepada tikus yang mungil apabila sudah mengkonsumsi narkoba. Inilah yang rupanya terjadi pada muslimin tatkala menghadapi tikus yang mencuri Baytul Maqdis.

Muslimin semakin banyak yang kehilangan keberanian ketika terpapar narkoba atau yang serupa dengannya, termasuk pembukanya, yakni zat yang apabila seseorang sudah kecanduan memudahkannya terkena narkoba.

Zionis banyak menjadikan tikus sebagai simbol. Secara konsisten mereka melakukan edukasi dan membentuk persepsi positif tentang tikus. Jerry adalah tikus yang dapat menjadikan kucing Tom sebagai bulan-bulanan. Dan yang lebih awal adalah Mickey Mouse, serial film membuat kita melihat tikus dengan cara berbeda. Tak lagi menjijikkan. 

Benda kecil yang memudahkan Anda menggunakan komputer pun dinamakan tikus (mouse). Dari klik yang kita lakukan saat melakukan pencarian, kita pun mengenal kucing Tom, baik tomcat maupun tomcats sebagai hal yang “buruk”.

Saya tak begitu tertarik belajar tentang simbol. Tetapi ini menjadi menarik ketika secara konsisten dipakai secara luas dan ada upaya-upaya sertaan yang mengiringi.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk