Terlalu Bersih Sebabkan Kemandulan

MuslimahZone.com – Alkisah ada seorang ibu bernama Relti. Sudah tiga tahun ini ia menunggu-nunggu kehamilan dirinya. Segala cara sudah ia tempuh, tak lelah ia bertanya dan menjalani berbagai jenis terapi, akan tetapi kehamilan yang ditunggu-tunggu tak jua kunjung datang.

Ibu Relti  berasal dari keluarga kelas menengah yang berpengetahuan baik dan sangat peduli dengan kebersihan dan kesehatan, bahkan cenderung fobia jika harus berhadapan dengan sesuatu yang sedikit “kotor”. Apa pasal penyebab Ibu Relti tak kunjung hamil?

Hasil penelitian mutakhir menunjukkan bahwa angka kemandulan di antara para wanita yang berstatus ekonomi menengah ke atas dan berkarier di kota-kota besar semakin meningkat. Hipotesis kreatif ini dihasilkan oleh Prof. Dr. dr. Susilo Wibowo, Sp.And., MS.Med., yang menjabat sebagai rektor Universitas Diponegoro. Menurutnya, wanita yang kekurangan cacing atau belum pernah cacingan beresiko mengalami kemandulan.

Dasar pemikiran beliau sangat ilmiah dan jauh dari kesan tak serius. Cacing di dalam perut dalam jumlah yang proporsional akan merangsang aktivitas sistem pertahanan tubuh humoral (cair) yang dikenal dengan Th2. Pertahanan tubuh humoral ini terdiri atas serangkaian proses yang meliputi penyelubungan cacing untuk membatasi ruang geraknya. Proses ini melibatkan imunoglobulin (Ig), yaitu sebuah protein khusus yang dapat bertindak represif terhadap benda asing.

Namun, yang sering terjadi adalah manusia mengkonsumsi obat cacing, hingga cacing dalam perut musnah atau tak mampu berketurunan dan melakukan regenerasi. Padahal kemusnahan cacing dalam ekosistem tubuh manusia akan memberikan dampak yang signifikan.

Selain sistem pertahanan tubuh humoral (cair) atau jalur pertahanan Th2. Tubuh juga memiliki sistem pertahanan tubuh seluler yang menggunakan sel-sel tubuh seperti limfosit dan makrofag. Jalur Th1 dan Th2 bersama-sama bekerja menjaga tubuh dari kuman-kuman penyakit.

Nah, apakah yang terjadi jika perempuan tak memiliki cacing dalam perutnya? Sistem pertahanan tubuh humoral (cair) Th2 menjadi kurang aktif, dan hal ini menyebabkan sistem pertahanan tubuh seluler menjadi terlalu aktif. Akibatnya terjadi ketidakseimbangan antara jalur Th1 dan Th2. Pada wanita, sistem pertahanan tubuh seluler yang terlalu aktif tersebut juga menjaga di sekitar rahim dan alat peranakan lainnya. Akibatnya, sel nuthfah dari suami, yang merupakan sel asing, akan sulit menembus sistem pertahanan tersebut dan akan gagal membuahi.

Bahkan, jika pembuahan berhasil terjadi, sel-sel penjaga tersebut akan menghalangi proses pelekatannya di dinding rahim. Bagi sel-sel penjaga tersebut, calon mudghah yang sebenarnya mengandung unsur ibu yang merupakan induk semangnya, tetap dianggap sebagai sel asing.

Sumber: Jangan ke Dokter Lagi! Keajaiban Sistem Imun & Kiat Menghalau Penyakit, Tauhid Nur Azhar & Bambang Trim, Bandung, MQ Gress, 2007

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk