Teguran bagi Yang Bermewah-mewah dalam Walimah

Muslimahzone.com – Jika Anda seorang laki-laki Muslim dan sudah berniat bulat untuk menikah tapi terhalang biaya walimah yang tinggi menjulang, bacalah hadits ini dengan penghayatan penuh. Baca dengan teliti, lalu sampaikan kepada calon istri dan walinya tentang kesungguhan niat Anda.

Jika Anda seorang wanita Muslimah dan mematok angka yang luar biasa kepada calon suami terkait perayaan walimah, semoga hadits ini benar-benar membuka hati dan pikiran Anda bahwa walimah adalah bagian dari sunnah yang harus diteladani dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam, bukan mencontoh generasi masa kini atau para artis idola Anda.

Sahabat mulia Abdurrahman bin Auf mendatangi Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam. Dia melaporkan pernikahannya dengan seorang Muslimah. “Saya telah menikah dengan maskawin sekeping emas,” ujarnya.

“Semoga Allah Ta’ala memberikan berkah kepadamu. Adakanlah walimah walau dengan (menyembelih) seekor kambing kibasy.” jawab Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam.

Apakah laki-laki yang hendak menikahi Anda lebih kaya dari sosok Abdurrahman bin Auf? Jika kepada salah satu sahabat terkaya saja Nabi hanya menyarankan walimah dengan seekor kambing, berapa angka yang mungkin direkomendasikan oleh Nabi kepada calon suami yang akan menikahi Anda, sementara kerjaannya hanya seorang karyawan kantor? Jika Nabi saja melonggarkan, mengapa Anda justru menuntut lebih dengan banyak dalih yang tak islami secuil pun?

Selain hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah di atas, ada riwayat lain dari beliau tentang walimah dengan seekor kambing yang berasal dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu ketika mengisahkan walimah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam saat menikahi Zainab binti Jahsy.

Pada hakikatnya, walimah hanya mengabarkan kepada khalayak bahwa seseorang telah menikah. Bahkan jika seekor kambing terasa berat, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam pernah mencontohkan yang jauh lebih sederhana dari itu.

Setelah menikah dengan Shafiyyah binti Huyay, sebagaimana dituturkan dari sahabat mulia Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengadakan walimah dengan makanan gandum dan kurma. Ini sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah Rahimahullahu Ta’ala.

Bahkan sahabat Sahl bin Sa’ad as-Sa’idi sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah Rahimahullahu Ta’ala disebutkan memberikan hidangan walimah kepada Nabi Shallalahu ‘Alaihi Wa sallam berupa butiran kurma sisa yang dia makan malamnya bersama sang istri.

Sungguh, ini teladan yang sangat nyata. Sayangnya, teladan ini diingkari oleh sebagian kita dengan banyak dalih yang tak beralasan. Hal inilah yang akhirnya menjadi penghalang bagi pemuda-pemuda Muslimin untuk menyegerakan menikah karena kondisi ekonomi yang jauh dari kata mampu.

Wallahu a’lam.

(keluargacinta/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga