Tatapan Mata Bunda

Muslimahzone.com – Karena satu hal, seorang anak gadis mengurung diri di kamar. Kemudian ibunya mengajak bicara si anak. Tapi sang anak terus menghindar. Akhirnya si ibu tidak tahan dan mendatangi anaknya, lalu bertanya. “Mengapa tidak mau bicara sama Mama. Mama kan nggak pernah marah sama kamu.”

Namun jawaban si anak sangat mengagetkan sang ibu. “Iya, Mama tidak marah, tapi mata Mama itu lebih dari marah,” ujar si anak.

Di sebuah sekolah inklusi seorang anak berkebutuhan khusus memasukkan spons pencuci piring bersabun ke dalam mulutnya. Seorang guru menatap anak tersebut dengan tatapan kaget sekaligus kecewa. Selama ini ibu guru tersebut meyakini bahwa muridnya sudah banyak kemajuan. Muridnya tidak lagi memasukkan benda yang tidak aman ke dalam mulutnya. Namun, melihat tatapan gurunya yang menyiratkan rasa kecewa si anak langsung menangis, berteriak, dan ngamuk.

Dua kisah di atas memberi pembelajaran kepada orangtua tentang pentingnya kontak mata dalam proses pengasuhan dan pendidikan anak. Bukan hanya dalam hal kuantitas saja namun juga kualitasnya. Para ahli melakukan riset tentang sejauh mana dampak kontak mata bagi perkembangan anak. Ternyata kontak mata yang memancarkan kasih sayang akan membantu perkembangan otak anak.

Kontak mata sangat penting untuk mengembangkan hubungan dan kepercayaan, serta melatih konsentrasi. Anak yang intens melakukan kontak mata dengan kedua orangtua dan lingkungan terdekatnya, maka akan lebih dapat mengontrol emosi. Penelitian dari University of New South Wales menemukan bahwa anak yang sering menghindari kontak mata dengan orangtuanya bisa dipastikan memiliki sifat emosional, pemarah dan anti sosial.
Kontak mata juga dapat menjadi alat diagnosa autisme. Hal ini bisa dilihat melalui gejala penurunan minat melakukan kontak mata pada bayi usia satu tahun. Diagnosa dini ini akan membantu orangtua untuk menangani dengan lebih baik.

Saat menyusui bayinya, penting bagi ibu untuk senantiasa melakukan kontak mata pada bayinya. Bayi yang ditatap dengan penuh kasih sayang akan terlihat lebih bersemangat dan senang menghisap ASI. Oleh karena itu, para ahli menyarankan agar saat menyusui, ibu tidak melakukan kegiatan lain seperti menelepon, chatting, apalagi sambil memarahi anak. Menyusui bukan hanya kegiatan untuk membesarkan fisik sang bayi, tetapi sesungguhnya sedang membangun karakter dan kecerdasan sang bayi.

Mata adalah jendela hati dan pikiran. Suasana hati dan pikiran ibu akan tercermin langsung dari sorot matanya. Dan hal tersebut tidak bisa dibohongi. Seorang ibu yang sedang galau bola matanya akan tampak gelisah. Ibu yang tidak memiliki harapan, maka tatapannya kosong. Sedangkan ibu yang sedang marah, maka tatapannya sangat tajam dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Mengingat pentingnya kontak mata di awal kehidupan anak, sebaiknya orangtua memperhatikan suasana hati dan pikirannya saat berinteraksi dengan anaknya. Namun masih banyak yang kurang menyadarinya.

Ayah-Bunda, mendidik anak bukan pekerjaan sambilan. Namun harus bermutu dan akurat, dalam berbagai hal. Semoga Allah SWT memberi kesabaran dalam membimbing dan mendidik buah hati kita. Aamiin.

Oleh: Ida S Widayanti, Penulis buku Serial Catatan Parenting Anak dari Surga Menuju Surga

Dipublish dalam Suara Hidayatullah edisi Juli 2016

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk