Strategi Mendidik Anak, Mengalah Untuk Menang

Muslimahzone.com – Pernahkah kita temukan seorang ayah yang sukses mendidik ratusan siswa di luar rumahnya, tetapi gagal dalam mendidik anak-anaknya sendiri? Saya pribadi terlalu sering melihat itu, bahkan saya termasuk salah satunya.

Sebelum menikah, saya punya pengalaman mengajar anak-anak membaca Al-Qur’an di sebuah lembaga. Puluhan anak alhamdulillah berhasil terbebas dari buta huruf hijaiyah dengan proses yang lancar. Tapi, ketika berhadapan dengan anak sendiri, subhanallah, hambatannya luar biasa. 

Mendengar kata ngaji saja, anak saya sudah pasang ancang-ancang untuk balik kanan, kemudian kabur tanpa permisi. Belum lagi aktivitas yang lain, seperti shalat, berdoa, merapikan mainan, menjaga kebersihan, dan sederet pekerjaan lain. 

Ketika sudah mau mengaji pun ada problem lain yang bermunculan mengiringinya, seperti posisi yang tidak beraturan. Kadang duduk bersila, kadang jongkok, kadang tengkurap, kadang juga guling-guling bahkan loncat-loncat. Tidak hanya itu, saat diminta untuk mulai mengucapkan huruf suaranya tiba-tiba hilang, tidak ada bunyi sama sekali. Frustrasi sekali saya dibuatnya. 

Beruntung, saya mendapatkan nasihat dari salah seorang teman di kajian pekanan. Ia salah satu orang yang sudah kenyang dengan asam garam dunia pendidikan. Saya menganggapnya sebagai ayah sekaligus guru yang bijaksana. Ia bilang, “Kadang, harapan yang terlalu tinggi itu membuat kita menjadi sosok idealis dan susah menerima keadaan. Maka, sebaiknya turunkan sedikit standar harapan itu dan buatlah skala  prioritas.” Jika disederhanakan, nasihat itu kira-kira berbunyi, “Mengalahlah sebentar saja dan lihatlah hasilnya kemudian.” 

Beberapa hari kemudian strategi yang baru ini saya coba terapkan. Saat mulai mengaji, saya biarkan anak saya dengan gayanya sendiri. Dia loncat-loncat, guling-guling, saya diamkan. Yang penting dia mau mengaji dan ada ucapan yang keluar dari mulutnya, walaupun hanya satu huruf hijaiyah. 

Saya ikuti gayanya dengan sabar. Sehari dua hari, sepekan dua pekan, dan seterusnya. Hingga akhirnya dia mulai merasa nyaman mengaji dengan saya. Hasilnya? Masya Allah, sedikit-demi sedikit ia mulai bisa fokus. Dalam waktu kurang dari enam bulan, anak saya sudah lancar membaca Al-Qur’an dan mulai semangat untuk menghafal. Tidak hanya itu, dia juga sudah mulai gampang diarahkan dan mudah pula menangkap pelajaran. 

Saya meyakini, semua itu terjadi karena taufik dari Allah swt. Sebab Allah-lah ikhtiar saya dengan mengalah sedikit untuk memberikan rasa nyaman serta menjadi teman mengaji yang baik bagi si kecil akhirnya berbuah manis. Alhamdulillah.

Syamsul Bahri, Karyawan Swasta, Mataram

(ummi-online/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk