Siklus Menstruasi – Bagaimana Prosesnya ?

MuslimahZone.com – Apakah Anda memiliki jadwal haid yang teratur? Kapan terakhir kali Anda haid dan berapa lama periode haidnya? Jika tidak bisa menjawab kedua pertanyaan tadi, mungkin ada baiknya untuk mulai memerhatikan waktu haid dan siklus menstruasi. Perlu diingat, haid atau menstruasi berbeda dengan siklus menstruasi.

Siklus menstruasi adalah siklus bulanan yang mempersiapkan kehamilan pada seorang wanita. Siklus ini bisa dibagi menjadi 4 fase, yaitu fase menstruasi, fase pra-ovulasi, fase ovulasi, dan fase pasca-ovulasi.

  1. Fase menstruasi atau bisa disebut dengan menstruasi saja adalah masa dimana lapisan tebal pada dinding rahim akan luruh dan keluar melalui vagina. Ini disebabkan karena sel telur (ovum) yang sudah dihasilkan oleh ovarium tidak dibuahi, sehingga menyebabkan berkurangnya kadar hormon seks.
  2. Fase pra-ovulasi adalah fase sebelum proses ovulasi. Pada fase ini terjadi pembentukan dan pematangan sel telur dalam ovarium. Ini dipicu oleh peningkatan kadar hormon estrogen dalam tubuh.
  3. Fase ovulasi terjadi ketika ovarium melepaskan sel telur yang sudah matang dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Fase ini juga dikenal sebagai masa subur, artinya apabila seseorang melakukan hubungan seksual pada fase ini, maka lebih besar kemungkinan untuk hamil.
  4. Fase pasca ovulasi merupakan fase terjadinya kenaikan produksi hormon progesteron sehingga terjadi penebalan lapisan pada dinding rahim. Dinding rahim merupakan tempat menempelnya sel telur. Jika sel telur tidak dibuahi, maka lapisan tebal pada dinding rahim ini akan luruh—artinya kembali lagi ke fase menstruasi.

Jika Anda masih remaja atau baru saja mengalami haid, periode luruhnya dinding rahim mungkin lebih dari 7 hari dan berlangsung tidak menentu. Namun seiring bertambah dewasa, periode ini biasanya akan memendek dan mulai teratur.

Haid dikatakan tidak teratur, jika Anda mengalami periode yang tidak sama setiap bulannya—misalnya, bulan lalu periode luruhnya dinding rahim hanya 3 hari tapi bulan ini sampai 7 hari.

Seperti Apakah Siklus Menstruasi yang Normal?

Setiap wanita memiliki siklus yang berbeda-beda. Siklus menstruasi dihitung mulai dari hari pertama pada satu periode (jangka waktu) haid, sampai hari pertama di periode haid berikutnya. Umumnya, siklus keseluruhan menstruasi berlangsung selama 21-35 hari dan fase peluruhan dinding rahim terjadi selama 2 hingga 7 hari.

Beberapa orang mungkin mengalami perdarahan yang sedikit, ada juga yang banyak. Mungkin satu orang merasa nyeri selama haid, tapi orang lain tidak. Sekali lagi, siklus menstruasi setiap orang berbeda dan apa yang dialami selama periode haid juga bervariasi.

Bagaimana Caranya Menentukan Jadwal Menstruasi?

Cobalah untuk menandai kalender setiap Anda datang bulan. Anda bisa mencatat tanggal berapa haid dimulai pada bulan ini dan bulan-bulan berikutnya untuk mengenali siklus menstruasi Anda sendiri.

Catat juga kapan setiap periode haid berakhir. Dengan melakukannya, Anda bisa menentukan kapan harus menyediakan pembalut atau mengurangi kegiatan, agar haid berlangsung dengan nyaman.

(fauziya/deherba/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk