Rohis Diawasi, Islamophobiakah?

Muslimahzone.com – Ada yang semasa mudanya ikut Rohis ? Ya, setiap sekolah biasanya memiliki komunitas ekstrakurikuler diantaranya rohis. Tujuan dibentuknya adalah untuk mengkoordinasikan para siswa yang memiliki kecenderungan untuk mendalami agama Islam dan berkumpul saling mengingatkan dalam kebaikan. Ada pula aktifitas-aktifitas sosial yang biasanya dilaksanakan saat momen-momen hari raya Islam. Dalam rohis juga kadang menyediakan wadah untuk mereka belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Dari aktifitasnya ini, adakah yang terlihat janggal dan menyesatkan? Sepertinya semuanya bernuansa Islam dan positif bahkan mengarahkan para siswa menjauhi pergaulan bebas sehingga menjadikannya lebih baik. Tentunya ini seharusnya menjadi kebanggan tersendiri untuk sekolah. Dan bahkan, berdasarkan pengalaman penulis semasa muda, tidak sedikit dari anggota rohis yang justru menjadi siswa-siswi berprestasi karena mereka diajarkan untuk lebih serius belajar dibandingkan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat seperti nongkrong, nonton ke bioskop, apalagi sampai narkoba.

Adanya pernyataan dari Menag untuk mengawasi rohis rasanya terlalu berlebihan. Sebagai Menteri Agama di sebuah negeri mayoritas muslim, bukankah justru seharusnya mendukung aktifitas positif para siswa untuk mendalami agamanya. Pernyataan ini seolah kembali menggambarkan reaksi Islamophobia dari kalangan pemerintahan? Padahal apa yang ditakutkan dari ajaran Islam yang penuh rahmat ini, apalagi beliau adalah seorang Muslim.

Isu tentang maraknya ‘radikalisme’ yang berkembang dari rohis hanyalah ketakutan sepihak yang dibentuk oleh media dalam rangka membumikan agenda Barat yaitu perang terhadap terorisme. Padahal jika kita lihat, sebagian besar kasus terorisme yang terjadi hanyalah rekayasa yang terlalu diblow-up oleh media. Pelaku-pelakunya pun acapkali langsung dieksekusi tanpa sempat membela diri. Adakah ini lebih berbahaya dibanding sekedar komunitas siswa-siswi yang mengaji?

Islamophobia memang mulai berkembang sejak AS mengumumkan ‘war on terorism’ pasca tragedi WTC. Ketakutan Barat terhadap berkembangnya ajaran Islam mulai mewabah dan tidak sedikit memakan korban dari kaum Muslimin. Berapa banyak Muslimah yang akhirnya dilarang berhijab di berbagai negara, belum lagi korban kekerasan bahkan pembunuhan hanya karena orang tersebut seorang Muslim? Demokrasi atau toleransi yang selalu digembor-gemborkan seperti menguap jika berhadapan dengan ajaran Islam.

Dari semua kasus yang terjadi seharusnya kita bisa belajar, bahwa dunia Islam memang tengah dipojokkan. Orang-orang kafir bermain dibalik tangan-tangan kekuasaan pemerintah bahkan di negeri Muslim. Dan sudah sepantasnyalah, kita sebagai Muslim berusaha untuk menyelamatkan agama kita. Kaum muslimin harus bersatu mendakwahkan ajaran Islam yang benar bukan disibukkan dengan perbedaan pendapat yang sesungguhnya masih bisa didiskusikan.

Dan terakhir, kita berharap semoga pemeritah segera sadar untuk tidak lagi ikut-ikutan memojokkan Islam. Islam adalah rahmat untuk seluruh alam. Benih-benih remaja yang dibina di dalam rohis adalah salah satu bentuk upaya kepedulian akan kondisi remaja yang semakin parah. Pergaulan bebas yang merajalela. Jauhnya mereka dari Allah, Tuhannya. Apalagi kini semakin marak LGBT yang meresahkan masyarakat. Jadi bijaklah dalam memberikan kebijakan.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk