Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar

Muslimahzone.com – Pernah ngerasain ujian bertubi-tubi saat berpuasa? Ini tips mengatasinya.

Pasti sudah pada tahu kan, kalo berpuasa itu nggak cuma nahan lapar dan dahaga, tapi juga harus menahan hawa nafsu termasuk nafsu amarah. Misalnya saat ada yang nyerobot antrian atau kamu sedang terdzalimi. Sakit sih, tapi disitulah letak kesabaran kita sedang diuji. Apalagi, saat perut kosong kadang emosi suka nggak terkontrol, lho. Belum lagi godaan dari sana-sini. Nah, supaya stok sabar selalu terjaga, ini tips yang dikutip dari annida-online :

1.Ingat bahwa bulan puasa adalah bulan kesabaran

Bulan Ramadhan adalah saat dimana kita ditempa dengan berbagai perintah untuk taat kepada Allah. Nah, harusnya itu bisa menjadi pelajaran untuk mendidik jiwa kita termasuk emosi kita.

2.Rencana Allah yang terbaik

Kalo ujian kesabaran itu datang sampe bikin kita nyesek banget, inget, kalo kita melaksanakan ibadah puasa karena Allah ta’ala, apapun yang terjadi pada kita yakin deh bahwa itu yang terbaik buat kita dan apa yang Allah rencanakan buat kita jauh lebih baik dari rencana kita. Ikhlas aja. Insyaa Allah ada jalan keluar.

3.Mengeluarkan emosi nggak menyelesaikan masalah

Marah, memaki, de el el nggak akan menyelesaikan masalah. Paling cuma lega doang. Tapi, habis itu pasti nyesel deh, karena marah atau memaki dan sejenisnya cuma mengurangi pahala puasa doang. Masalah nggak selesai malah bisa jadi memperkeruh suasana.

4.Hadapi dengan positif

Kalau kita menanggapi sesuatu dengan negatif, semesta mendukung hal negatif untuk terjadi pula. So, kalau sedang menghadapi ujian, coba lah bersikap positif, mungkin kalau dipikirin doang terasa berat, tapi, saat kamu udah melakukannya, hatimu lebih enteng dan plong, kok.

5.Ibadah aja deh

Kalo emang nyeseknya udah sampai ubun-ubun, nggak usah susah-susah nyari solusi. Istighfar banyak-banyak, baca qur’annya, atau wudhu lalu shalat.

Semoga bermanfaat.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk