Rahasia Kecantikan Muslimah : Shalat

Muslimahzone.com – Secara dzahir kecantikan Muslimah dapat terlihat oleh orang yang memandangnya. Bukan karena kecantikan secara fisik semata tapi kecantikan yang memancar dari keimanan.

Setelah berwudhu, rahasia kecantikan Muslimah berikutnya adalah shalat, terutama shalat tahajud. Perlu selalu diingat, dengan manfaat yang ternyata didapat dibalik ibadah ini, janganlah menjadikannya sebagai alasan dikerjakannya ibadah tersebut. Kita menjalaninya semata-mata karena ketaatan kepada Allah. Manfaat ini cukuplah menjadi bukti bahwa setiap syari’at yang Allah tetapkan akan senantiasa mengandung kebaikan di dalamnya.

Shalat merupakan tiang agama. Selain merupakan kewajiban yang memiliki banyak keutamaan, shalat juga memiliki manfaat untuk menambah kecantikan Muslimah. Bagaimana bisa?

Dalam shalat, seorang Muslimah menghadap Allah dengan hati, jasad dan ucapannya. Menghadap dengan hati maksudnya adalah menghadirkan kekhusyu’an. Menghadap dengan jasad karena shalat tidak sah kecuali jika rukun-rukunnya dikerjakan mulai dari niat hingga salam. Di dalamnya ada berdiri, ruku’, sujud dan duduk; kombinasi gerakan-gerakan yang menakjubkan. Sedangkan menghadap dengan ucapan atau lisan karena dalam shalat ada bacaan Al Qur’an, doa dan dzikirnya masing-masing sebagaimana telah diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dalam buku Mukjizat Gerakan Shalat diungkap banyak manfaat shalat dari segi medis dan psikologis. Dengan disertai sejumlah penelitian tentang gerakan-gerakan shalat, diketahui bahwa shalat membawa manfaat yang luar biasa.

Di antara manfaat fundamental shalat secara psikologis adalah melahirkan ketenangan. Sedangkan secara medis, gerakan-gerakan shalat bisa melancarkan peredaran darah. Perpaduan dua aspek ini saja sudah cukup untuk membuat wajah seorang muslimah lebih berseri-seri dan bercahaya.

Secara khusus, shalat tahajud disebutkan Rasulullah dalam kaitannya dengan wajah yang berseri-seri tersebut. Beliau shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

عَقِدَ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ إِذَا هُوَ نَامَ ثَلاَثَ عُقَدٍ ، يَضْرِبُ كُلَّ عُقْدَةٍ عَلَيْكَ لَيْلٌ طَوِيلٌ فَارْقُدْ ، فَإِنِ اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ ، فَإِنْ صَلَّى انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ ، وَإِلاَّ أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلاَنَ

“Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!”. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Senada dengan hadits itu, sebagian tabi’in mengatakan bahwa dengan mengerjakan shalat malam, wajah akan berseri-seri. Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan kaitan langsung antara shalat tahajud dengan wajah yang berser-seri.

مَنْ كَثُرَتْ صَلاَتُهُ بِاللَّيْلِ حَسُنَ وَجْهُهُ بِالنَّهَارِ

“Barangsiapa banyak mengerjakan shalat di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi hari” (HR. Ibnu Majah)

Inilah di antara keutamaan dalam syari’at Islam. Adakah kita masih meragukannya? (bersambung)

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Memurnikan Keikhlasan
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Tips Menjalani LDM Bagi Suami Isteri
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk