Promil, Jangan Sembarang Minum Obat

Muslimahzone.com – Setiap pasangan pastilah mendambakan hadirnya buah hati karena itu merupakan sifat alamiah manusia. Berbagai carapun ditempuh bahkan tak sedikit yang mengeluarkan banyak biaya demi mewujudkan harapannya.

Program kehamilan atau biasa disingkat promil adalah satu bentuk ikhtiar yang dilakukan pasangan demi mendapatkan seorang anak. Namun, dalam melakukan promil ini hendaknya kita berhati-hati. Setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda sehingga satu metode promil belum tentu memberikan hasil yang sama.

Miranda Octorida membagi pengalaman dalam status di akun facebooknya terkait promil ini. Semoga dapat menjadi pertimbangan sekaligus informasi bermanfaat bagi yang sedang atau ingin menjalankan promil.

Menurut keterangannya tulisan tersebut dibuat untuk menanggapi status seorang perempuan yang berhasil menjalankan promil dan membagikan tipsnya di facebook. Walaupun status tersebut sudah ada sejak tahun 2015, namun muncul lagi sekarang dan viral.

Berikut kutipan tulisannya: 

***

Pada statusnya, beliau menceritakan promil dengan konsumsi ever e dan folavit. setelah kosong 9 bulan akhirnya berhasil hamil. Pemakaian obat tersebut tanpa resep dokter, karena memang bisa dibeli bebas.

Sayangnya, status ini dilike puluhan ribu orang yg kebanyakan pastinya perempuan2 yg belum diamanahkan utk punya anak. Selain dilike, status juga dishare ribuan kali tanpa ditelaah dulu kebenarannya dan efeknya buat diri sendiri dan orang lain.

Saya membayangkan sudah berapa banyak orang mengikuti saran tersebut dan sudah berapa banyak yg mulai merasakan ‘efeknya’?

Karena, konsumsi vitamin e pada wanita yg menderita penyakit rahim seperti kista, polip, miom, tumor akan semakin menyuburkan penyakit tersebut. Pil penyubur termasuk vit e adalah pupuk penyakit tsb. Dari yg jumlahnya hanya satu, bisa jadi 2,3,4 bahkan lebih banyak. Dari ukuran 2cm bisa berkembang cepat menjadi 5 bahkan 8cm. Lantas, ketika minum vit e dan penyubur tsb, sudah tau kah rahimnya sehat atau tidak? 

Asam folat adalah vitamin. Bukan berfungsi sebagai penyubur atau obat supaya hamil. Asam folat yg terkandung dalam folavit fungsinya agar tubuh wanita punya cadangan asam folat ketika hamil. Asam folat ini berguna agar janin dapat tumbuh berkembang, tidak keguguran. Asam folat juga bisa untuk memperbagus kualitas sel telur, dengan syarat sel telurnya sdh bagus. Sel telur bagus jika jumlahnya, bentuknya dan ukurannya cukup untuk dibuahi sperma. Asam folat ini jg terdapat di dalam produk susu perencanan kehamilan dan susu ibu hamil.

Kenapa saya tergerak untuk mengkonfirmasi meluruskan penggunaan vit e untuk promil?

Karena masalah infertil itu bukan hanya sebatas sel telur. Sedangkan vit e hanya berfungsi untuk membesarkan sel telur. Padahal bukan hanya sel telur saja yg besar, tapi penyakit rahim juga ikut membesar. Karenanya konsumsinya harus dlm pengawasan dokter.

Masalah infertil untuk wanita sangat banyak. harus dilakukan serangkaian tes seperti:

1. USG atau USG Transvaginal.

Ini pemeriksaan dasar yg harus dilakukan semua wanita menikah. Utk melihat kondisi rahim. Jika ingin melihat ukuran sel telur  matang bisa dilakukan usg transvaginal mulai hari ke 11 haid (setelah haid bersih). jika ukuran sel telur normal, buat apa penyubur?

Biaya usg tergantung dokter. Biasanya pada kisaran 100-150rb.

2. Setelah pemeriksaan usg, bisa dilanjutkan dengan pemeriksaan HSG. 

HSG dilakukan spesialis radiologi. rahim akan disemprot cairan kontras dan hasilnya diberikan dlm bentuk foto seperti rontgen. HSG berfungsi utk melihat kondisi tuba falopi. tuba falopi adalah saluran tempat sperma berenang utk bertemu sel telur. jika tuba falopi tersumbat atau terjadi pembengkakan berisi cairan, maka sperma tidak akan bertemu sel telur. jadi, sel telur yg sdh dipupuk pakai vit e itu tidak akan ketemu pujaan hatinya. langkah pengobatan bkn konsumsi vit e sepabrik ya, tapi bisa salah satunya dilakukan hidroturbasi (tiup), diatermi, atau laparoskopi.  jadi sekali lagi, buat apa vit e nya.

Biaya HSG tergantung rumah sakitnya. saya melakukan HSG tahun 2015 dengan biaya 900rb. kisaran biaya RS lain sekitar 600-2,5juta.

3. Setelah hsg, bisa dilakukan tes hormon. bisa dirujuk oleh dokter kalau diindikasikan ada gangguan hormon pada pasien spt: haid tidak teratur, sel telur saat usg transv kecil, pengidap diabetes dan indikasi lainnya bs lakukan tes ini. jika terbukti maka terapinya obat resep dokter. pemberian vit e dg wanita yg mengalami gangguan hormon bisa membuat hormon makin tidak stabil. hormon tidak stabil jg bs memicu tumbuhnya penyakit rahim.

Berhubung haid saya teratur dan sel telur normal, saya tdk melakukan tes ini.

4. Berikutnya tes TORCH. untuk melihat infeksi virus dan bakteri di tubuh. infeksi masa kini yg tinggi dapat mengakibatkan bentuk sel telur tdk normal. bisa saja kecil2 atau keriput. sel telur normal bentuknya mulus dengan ukuran ketika matang minimal 16mm-25mm. selain akibatkan sulit hamil, torch juga sering mengakibatkan keguguran berulang krn janin tidak berkembang digerogoti torch. ibu hamil dg torch jg dapat melahirkan bayi namun dg resiko terkena dampak torch spt kelainan jantung bawaan, syndrom rubella, dan byk lg. biaya tes ini kisaran 2,5 juta lbh utk tes igg dan igm lengkap. 

Sekali lg, kl penyebabnya torch, utk apa vit e?

5. Tes ACA atau kekentalan darah. darah yg terlalu kental jg menyulitkan terjadinya kehamilan. ibu hamil dg kekentalan darah akan diresepkan pengencer darah pada trisemester 2 dan 3 kehamilan. krn pd masa trisem awal darah bumil lebih kental, apalagi dg riwayat aca tinggi. darah yg terlalu kental akan membuat nutrisi sulit diserap janin shg bisa keguguran. vit e tidak bs membuat darah lbh mengencer. biaya tes ini pada saat saya lakukan tahun 2015 adalah 1,1 juta.

6. Tes asa atau antibodi sperma. kasus ini jarang dijumpai.  tubuh menolak sperma, menganggapnya musuh sehingga kehamilan gagal terjadi. pengidap asa tinggi mungkin saja hamil namun bisa terjadi keguguran berulang krn janin dianggap musuh. terapinya dg suntikan bkn vit e.

Selain itu jg suami harus mau diperiksa. analisis sperma, usg testis dan tes darah. karena pembuahan terjadi krn dua belah pihak kan?

Jadi sayangilah diri sendiri, apalagi satu satunya aset yg perempuan miliki : 1 rahim, 2 indung telur dan 2 tuba falopi. sebelum promil, penuhi diri dengan pengetahuan supaya tdk salah terapi. cocok di orang, blm tentu di kita. dan sdh bisa promil ke dokter kalau sdh setahun blm hamil..

Semoga bermanfaat.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk