Persiapkan Kehamilan Dengan Makanan Bernutrisi

Muslimahzone.com – Bagi para calon ibu yang ingin atau sedang mempersiapkan kehamilan, tentunya dianjurkan untuk memperbanyak asupan gizi bagi tubuhnya dan calon bayinya nanti. Di antara zat yang dibutuhkan para calon ibu ini adalah asam folat.

Asam folat adalah salah satu bentuk dari vitamin B yang memiliki sifat larut di dalam air. Asam folat adalah salah satu bentuk sintetis dari vitamin B9. Berbagai jenis asam folat sintetis ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti sereal, roti dan tepung roti. Selain itu berbagai jenis makanan alami juga mengandung asam folat seperti sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan.

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung asam folat akan menghindarkan kita dari masalah atau penyakit karena kekurangan asam folat. Berikut beberapa jenis sayuran yang banyak mengandung asam folat yang dilansir halosehat:

  1. Bayam (194 mcg / 100 gr, 49% AKG)

Bayam adalah sayuran yang sangat mudah untuk didapatkan. Bayam mengandung rendah kalori, hanya sekitar 23 kalori per 1 ons daun mentah. Kandungan serat tertinggi dalam bayam terletak pada daun. Bayam juga berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dan dapat digunakan untuk makanan diet.

Selain itu bayam mengandung vitamin B kompleks, thiamin, pyridoxine, riboflavin dan asam folat. Asam folat dalam daun bayam sangat penting untuk mendukung kehamilan dan menghindari cacat syaraf pada otak bayi dan tulang belakang. Bayam juga adalah satu makanan sehat untuk jantung untuk mencegah terjadinya kelainan jantung.

  1. Bit Merah (107 mcg / 100 gr, 27% AKG)

Buah bit memiliki bentuk seperti umbi dan berwarna merah keunguan. Buah ini dikonsumsi dengan olahan menjadi salad atau jus.

Kandungan Gizi Buah Bit

Kandungan nutrisi dalam buah bit antara lain adalah kalium, zat besi, magnesium, vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C. Selain itu buah bit juga memiliki kandungan asam folat, protein, karbohidrat, serat larut dalam air dan zat anti oksidan. Asam folat dalam bit merah sangat penting untuk:

  • Mendukung pertumbuhan janin pada tiga bulan pertama kehamilan.
  • Asam folat dibutuhkan untuk membentuk jaringan syaraf dan mencegah semua cacat pada bagian tulang belakang.
  • Asam folat juga mendukung kekuatan tulang sehingga ibu hamil tidak akan mudah merasa cepat lelah dan lemah.

Bit juga sangat baik untuk penderita diabetes karena termasuk salah satu makanan rendah kalori yang dibutuhkan tubuh.

  1. Kubis (43 mcg / 100 gr, 11% AKG)

Kubis adalah sayuran yang sangat variatif. Ada berbagai jenis kubis yang ada di pasaran seperti kubis hijau, kubis putih dan kubis ungu. Kandungan anthocyanin dalam kubis ungu sangat bermanfaat untuk mencegah sel kanker. Kubis juga menjadi salah satu sumber asam folat yang cukup tinggi.

Asam folat dalam kubis memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung DNA terutama untuk ibu yang sedang hamil. Beberapa kandungan vitamin yang sangat penting dari kubis adalah seperti riboflavin, thiamin, pyridoxine dan asam pantotenat. Jadi, sayuran kubis sangat kaya akan vitamin dan mineral yang membuatnya menjadi salah satu makanan kaya serat.

  1. Brokoli  (63 mcg / 100 gr, 16% AKG)

Brokoli adalah sayuran hijau yang masuk dalam kelompok tumbuhan persilangan. Bagian brokoli yang dapat dimakan adalah pada bagian daging sayuran yang berbentuk seperti bintik-bintik hijau kecil. Brokoli memiliki kandungan kalsium, asam folat dan vitamin C yang akan menyegarkan tubuh.

Selain itu masih ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang bisa Anda temukan. Kandungan asam folat dalam brokoli penting untuk semua orang termasuk ibu hamil atau perempuan yang sedang menjalankan program kehamilan. Brokoli juga dapat dijadikan makanan penurun kolesterol dalam darah.

  1. Asparagus (135 mcg / 100 gr, 34% AKG)

Asparagus adalah sayuran batang dengan ujung seperti tombak pada bagian bunga.

Asparagus memiliki beberapa kandungan mineral dan vitamin seperti vitamin K, asam folat, anti oksidan, beta karoten, vitamin E, seng, selenium, mangan dan vitamin C.

Asparagus sangat penting untuk kesehatan ibu hamil, untuk melindungi janin bayi agar tidak cacat. Konsumsi asparagus harian untuk ibu hamil sangat disarankan. Namun harus hati hati yah terutama bagi anda penderita asam urat, karena asparagus merupakan makanan penyebab asam urat yang wajib di waspadai.

  1. Seledri (36 mcg / 100 gr, 9% AKG)

Seledri adalah sayuran yang mengandung kalori dalam jumlah kecil. Beberapa zat penting yang ditemukan dalam seledri adalah seperti riboflavin, vitamin C dan asam folat. Kandungan asam folat dalam seledri sangat penting untuk penderita anemia dan ibu hamil. Seledri juga penting untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh, membantu pengaturan kolesterol dan melancarkan proses metabolisme. Seledri merupakan jenis makanan rendah kolesterol yang dapat anda konsumsi setiap hari.

  1. Selada (29 mcg / 100 gr, 7% AKG)

Selada adalah sayuran yang banyak mengandung sumber vitamin dan mineral. Ini adalah sayuran segar yang bisa dikonsumsi secara langsung atau menjadi bahan makanan olahan seperti salad.

Beberapa macam kandungan nutrisi yang ditemukan pada daun selada antara lain adalah serat, fito nutrisi, vitamin A, molybdenum, vitamin K dan asam folat. Bahkan dalam selada juga ditemukan beberapa sumber mineral seperti tembaga, zat besi, kalium dan mangan. Selada juga dikenal sebagai makanan untuk diet yang cukup ampuh dalam menurunkan berat badan.

Asam folat dalam selada juga sangat penting untuk memelihara kesehatan jantung, mencukupi nutrisi ibu hamil untuk perlindungan syaraf bayi dan tulang belakang bayi. Selain itu selada juga mengandung homosistein yang bisa mengendalikan sistem pada pembuluh darah.

  1. Jagung (19 mcg / 100 gr, 5% AKG)

Jagung adalah sayuran yang banyak mengandung kalori sehat untuk tubuh.

Kandungan Gizi Jagung

Jagung menjadi beberapa sumber vitamin seperti vitamin A, vitamin B dan vitamin E. Selain itu jagung juga banyak mengandung serat sehingga penting untuk penderita gangguan pencernaan. Jagung juga memiliki zat anti oksidan yang sangat penting untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Salah satu sumber vitamin penting pada jagung adalah vitamin B ( thiamin dan niacin). Jagung juga menjadi sumber karbohidrat, protein dan lemak sehat. Bahkan dalam satu cangkir kecil jagung masak bisa menyediakan kebutuhan asam folat hingga 78 mcg. Asam folat dalam jagung sangat penting untuk ibu hamil untuk melindungi kecacatan pada janin.

  1. Kale (29 mcg / 100 gr, 7% AKG)

Kale atau lebih dikenal dengan nama kaelan adalah sayuran hijau seperti sawi. Kale mengandung serat larut, protein, riboflavin, thiamin, asam folat, zat besi, fosfor, magenesium, kalsium dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B6, dan vitamin C. Folat dalam kale dapat bermanfaat untuk melindungi pertumbuhan syaraf bayi dari kecacatan. Selain itu asam folat juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan Alzheimer.

Demikian beberapa sumber asam folat dari sayuran. Semoga bermanfaat dan selamat mempersiapkan kehamilan yang sehat.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga