Pernikahan yang Diancam Rasulullah

Muslimahzone.com – Menikah merupakan perintah Allah Ta’ala. Ianya menjadi salah satu sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam yang mulia. Siapa yang melakukannya dengan meluruskan niat hanya karena-Nya dan menapaki sunnah Nabi akan digolongkan sebagai umat Rasulullah yang berhak mendapatkan syafa’at di akhirat kelak, selama melakukan perintah-perintah Allah Ta’ala yang lain dan meninggalkan larangan-larangan-Nya.

Meski menikah merupakan ibadah unggulan yang dianjurkan, ada jenis pernikahan yang dilarang bahkan pelakunya diancam oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam. Pernikahan yang diancam oleh Rasulullah ini sebagaimana disebutkan dalam hadits agung riwayat Imam al-Bukhari Rahimahullahu Ta’ala.

Akan Direndahkan

Orang ini diancam oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam dengan rendahnya derajat. Sebabnya, “Siapa yang menikahi seorang wanita karena memandang kedudukannya, maka Allah Ta’ala akan menambahkan baginya kerendahan.”

Ialah seorang laki-laki yang menambatkan hatinya lantaran tingginya kedudukan calon istri atau walinya semata. Ia menikah bukan lantaran akhlak atau agama, tapi tingginya kedudukan dan derajat yang mulia dalam pandangan sesama manusia. Malangnya, ia justru mendapatkan kebalikannya; direndahkan oleh Allah Ta’ala.

Mendapatkan Kemiskinan

Siapa yang miskin lalu memutuskan untuk menikah, Allah Ta’ala janjikan baginya kekayaan dan kecukupan di dalam hidup. Namun, ada orang yang menikah tapi diganjar dengan kemiskinan. Kondisi ini sebagaimana disebutkan dalam kelanjutan hadits di atas, “Siapa yang menikahi seorang wanita karena melihat harta bendanya, maka Allah Ta’ala akan menambahkan baginya kemelaratan.”

Menikah karena wanita yang hendak dinikahi kaya. Menikah karena wali dari wanita yang hendak dinikahi seorang tuan tanah. Menikah karena keluarga si calon istri memiliki banyak aset harta. Malangnya, Allah Ta’ala justru menjanjikan bagi golongan ini kemelaratan dan tidak ada yang lebih tepat janjinya kecuali Allah Ta’ala.

Diliputi Kehinaan

Bertambah hina, semakin melarat, dan diliputi kehinaan. Inilah orang yang merugi di dunia dan akhirat, jika tidak segera bertaubat kepada Allah Ta’ala. Ialah mereka yang disebutkan dalam kelanjutan riwayat ini, “Siapa yang menikahi seorang wanita karena keturunannya, maka Allah Ta’ala akan menambahkan kehinaan baginya.”

Beruntungnya, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam memberikan jalan keluar. Dalam akhir hadits yang panjang ini disebutkan bahwa Allah Ta’ala akan menambahkan keberkahan bagi sepasang suami dan istri yang menikah karena Allah Ta’ala, demi menjaga farjinya dari zina, menundukkan pandangan, dan mendekatkan ikatan kekeluargaan.

Bagi yang belum menikah, niatkan yang terbaik; untuk Allah Ta’ala dan Rasul-Nya. Bagi yang sudah menikah, terus meneruslah memperbaiki niat. Sebab ini kerja berkepanjangan yang amat melelahkan, tapi berlimpah pahala berkah. Insya Allah.

Wallahu a’lam.

(keluargacinta/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Hati-hati Merusak Kebahagiaan Orang Lain Tanpa Sadar
Berhenti Menghujat Saudara Sendiri di Sosial Media
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Nasehat Tere Liye Seputar Jodoh
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Tepuk Anak Sholeh dan Benih Radikalisme
Kerap Terlupakan Orangtua Mendidik Adab Anak
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Jika Telah Caesar 3x, Apakah Boleh Steril/Tubektomi?
Sharing : Melahirkan Hanya 3 Kali Mengejan
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk