Pernikahan Berkah Bukan Pernikahan Mewah

MuslimahZone.com – Selalu menjadi hal yang menarik bagi masyarakat untuk menyimak setiap sisi kehidupan selebriti yang katanya public figure itu. Tidak hanya dari kalangan masyarakat bawah tapi juga menengah ke atas. Contohnya adalah pernikahan selebriti bulan lalu yang mampu menyedot perhatian masyarakat negeri ini. Karena kemewahannya dan di siarkan secara live oleh salah satu stasion televisi swasta. Bahkan, seperti keharusan bagi selebriti untuk memberikan sensasi, salah satunya dengan pesta pernikahan yang fantastis. Hingga menelan biaya milyaran pun tak masalah.

Tidak hanya selebriti, para pejabat tinggi negeri ini dan ustadz “selebriti” pun juga tidak mau ketinggalan. Mulai dari konsep pernikahan ala india, kerajaan seribu satu malam, hingga yang dilaksanakan tiga hari tiga malam. Begitulah pernikahan selebriti ibarat ajang pertunjukan kekayaan yang mereka miliki.

Akan tetapi dibalik sisi mewah nan megah pernikahan selebriti, ada kemirisan yang menggores hati sebagai umat muslim. Pernikahan yang megah itu selain jatuhnya Isrof (berlebih-lebihan) yang diharamkan oleh Allah SWT, juga jauh dari Islam mengajarkan.

Acara yang disiarkan secara live itu menampilkan, meski telah masuk waktu shalat acara tetap berlangsung dan diisi dengan kegiatan joget dimana campur laki-laki dan perempuan (ikhtilat). Selain itu sungguh paradoks pameran kemewahan pernikahan selebriti dan para pejabat negeri ini di tengah kondisi masyarakat yang hidup dibawah garis miskin hingga mencapai 28,28 juta (www.voaindonesia.com).

Sungguh kejam kapitalisme-sekulerisme yang diterapkan di negeri ini. Sekulerisme yang membuang agama dari aturan kehidupan publik juga kapitalisme yang telah berhasil membuat jurang yang dalam antara yang kaya dengan yang miskin. Dan begitulah penampakan kapitalisme yang menyandarkan kebahagian pada materi belaka. Sedangkan Islam justru menutup jurang itu rapat-rapat. Kehidupan dengan bergelimpang harta memang riskan terjerumus pada hal-hal yang melampaui apa yang dilarang jika tidak menjadikan Islam sebagai imam. Begitulah Rosulullah pernah mengingatkan.

Memaknai pernikahan seharusnya sebagaimana Rosulullah -manusia paling mulia- mencontohkan. Pernikahan adalah  sunnah Rosulullah untuk menggenapkan separuh agama umatnya, tetapi tidak pernah Rosulullah mengadakan pesta pernikahan kecuali dengan sederhana (tidak berlebih-lebihan) dan tidak ikhtilat sebagaimana umumnya yang terjadi di masyarakat sekarang. Bagaimana mungkin suatu yang sunnah di lakukan dengan sesuatu yang dibenci Allah. Dan benarkah pernikahan nan mewah yang bertentangan dengan syariah itu ditujukan untuk mengikuti sunnah Rosulullah?.

Cukuplah bagi umat muslim menjadikan Rosulullah sebagai figure yang dicontoh, menjadikan Islam landasan hidup yang pasti membawa pada ridha Allah. Meraih kebahagian dunia dan akhirat di setiap aktivitasnya, begitu juga dengan pernikahan.

Oleh: Febrina Cholifatur Rosidha                   

(detikislam/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk