Perempuan Tidak Perlu Iri dengan Amal Ibadah Laki-laki

MuslimahZone.com -Kita tahu bahwa perempuan dan laki-laki memang memiliki porsi yang berbeda dalam beribadah. Perempuan memiliki hari ‘libur’ dalam menjalankan ibadah wajib. Setidaknya seminggu dalam sebulan, ibadah-ibadah wajib itu berubah hukumnya menjadi haram yaitu ketika datang saatnya haid atau nifas.

Dalam momentum bulan Ramadhan ini, seringkali kita sebagai perempuan merasa iri dengan laki-laki yang bisa menjalankan puasa sebulan penuh. Namun sebetulnya, peluang pahala bagi perempuan sangatlah melimpah. Terdapat beberapa amalan yang lebih cenderung dilakukan oleh perempuan dibandingkan oleh laki-laki. Apa saja kebaikan Ramadhan yang dapat diraih oleh perempuan?Berikut di antaranya:

1. Menyiapkan Hidangan Berbuka

Dalam sebuah hadits Rasulullah Saw bersabda, “Siapa yang menyediakan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, baginya pahala seumpama pahala bagi orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya (orang yang berpuasa itu).” (HR Al-Baihaqi & Ibn Khuzaimah)

Maka bayangkan berapa banyak jumlah anggota keluarga di rumah, maka kita bisa dapatkan pahala sebanyak itu. Meskipun ada saatnya kita berhalangan untuk menunaikan ibadah puasa, namun Allah subhanahu wa ta’ala dengan kasih sayang-Nya menyediakan ladang pahala-Nya yang berlimpah bagi kita jika turut menyediakan hidangan berbuka puasa.

Ingin tambahan pahala lagi? Jangan hanya menyediakan makanan bagi anggota keluarga di rumah saja, kita juga bisa mendulang pahala dari berinfaq pada orang lain misalnya dengan menyediakan makanan semisal ta’jil untuk musafir di perjalanan atau untuk orang-orang yang berbuka di mesjid.

2. Mengajak dan Menyediakan Sahur

Sebagai anggota keluarga perempuan, baik itu ibu maupun kakak, kita memiliki peran penting untuk membangunkan anggota keluarga lainnya untuk sahur. Rasulullah menganjurkan orang-orang yang berpuasa untuk sahur, sebagaimana sabdanya,

“Barsahurlah kamu semua, sesungguhnya dalam sahur itu ada barakah.” (HR Al-Bukhari & Muslim)

Dengan mengajak orang lain untuk sahur, kita dapat memperoleh pahala dari tawashobil haq atau menyeru pada kebenaran. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa ketika kita menyeru pada kebaikan, maka kita akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukan kebaikan tersebut.

3. Menyiapkan Kebutuhan Beri’tikaf Suami di Mesjid pada 10 Malam Terakhir Ramadan.

Saat suami atau anggota keluarga laki-laki di rumah melaksanakan i’tikaf di mesjid pada 10 hari terakhir Ramadhan, biasanya anggota keluarga perempuan tetap di rumah untuk menyediakan keperluan anggota keluarga lainnya, termasuk keperluan sahur dan berbuka. Meskipun tidak ikut beri’tikaf, namun peluang pahala yang dimiliki perempuan pun sangat besar. Karena dengan membantu suami menyiapkan keperluannya untuk i’tikaf dan selalu siap sedia menjaga keluarga di rumah, kaum perempuan memperoleh pahala yang besar atas kesiagaannya. Sebagaimana sabda Nabi Saw,

“Siapa yang mempersiapkan seorang pejuang, maka sesungguhnya dia telah berjuang. Dan siapa yang menjaga dengan baik ahli keluarga seseorang yang pergi berjuang, maka sesungguhnya dia juga telah berjuang” (HR Bukhari dan Muslim)

Jadi, tidak perlu bersedih hati atau iri dengan banyaknya peluang untuk laki-laki beribadah. Allah yang Maha Baik telah juga menyiapkan ladang pahala lain untuk perempuan. Maka, garaplah ladang-ladang pahala itu dengan amalan-amalan terbaik yang kita mampu.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk