Pentingnya Peran Suami Dalam Mendidik Anak

Muslimahzone.com – Urusan didik mendidik biasanya lekat dengan seorang istri/ibu, namun jangan salah bahwa seorang suami sekaligus ayah juga memiliki peran penting dalam membentuk karakter seorang anak, baik anak laki-laki atau perempuan. Hindari pola pikir yang mengatakan bahwa tanggungjawab seorang suami atau ayah sekadar mencari nafkah- pulang -bangun pagi nyantai lalu kembali bekerja dan seterusnya. Lalu dimanakah letak pertanggungjawabannya sebagai seorang pendidik dalam keluarga? Padahal seorang suami juga akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah ia tanamkan dalam keluarganya. Oleh karena itu peran seorang suami sekaligus ayah dalam mendidik anak agar menciptakan generasi  berkarakter  unggul, baik, sholeh/sholehah sangat perlu untuk diperhatikan. Berikut alasannya:

1. Sebagai penggerak dan pembuka sesi musyawarah

Setiap permasalahan keluarga yang melibatkan putra-putrinya, seorang suami perlu menjadi penggerak dan pembuka sesi musyawarah untuk berdiaog dengan anak demi mencari solusi yang tepat, karena fungsi keluarga sebagai pembina serta pendidik anggotanya akan terbentuk dengan baik apabila nahkoda (ayah) memberikan contoh yang baik pula. Sikap marah-marah untuk menyelesaikan masalah lebih baik dihindari dan tidak dipelihara karena hanya akan membentuk karakter anak menjadi sosok keras dan suka melawan. 

2. Mengajarkan hal yang tidak diajarkan oleh istri atau ibu 

Siapapun pasti menyadari bahwa ada hal yang ayah ajarkan pada anak namun seorang ibu tidak mengajarkannya. Hal inilah yang membuat kedudukan seorang suami sekaligus ayah bagi anak sangat penting. Misalnya, seorang ayah biasanya menekankan sifat tegas dan disiplin dalam menegakkan peraturan di rumah dibandingkan ibu yang mudah luluh dengan tangisan anak. 

3. Membangun kedekatan emosional

Superhero yang lekat dengan sosok serta karakter ayah bukanlah isapan jempol dan tanpa alasan, sebab memang seorang ayah yang baik adalah pelindung bagi anak-anaknya. Tidak peduli mereka perempuan atau laki-laki. Pelindung di sini bukan bermakna melindungi mereka dari penjahat saja, namun melindungi mereka dari segala kekurangan, seperti kekurangan kasih sayang, perhatian, dan ilmu sehingga mereka tidak mencari sosok tersebut di luar sana. Misalkan seorang anak perempuan yang kurang diperhatikan atau dipuji ayahnya akan mudah dirayu oleh pria lain di luar sana ketika ia memasuki masa remaja karena merasa mendapatkan bentuk kasih sayang atau perhatian yang dia inginkan. Begitu juga dengan anak laki-laki, mereka yang tidak diajarkan cara bersikap baik atau memperlakukan wanita dengan baik maka akan tumbuh menjadi anak yang suka meremehkan wanita. Inilah peran seorang ayah dalam membentuk kedekatan emosional  yang akan melindungi putra-putrinya dari hal yang tidak diinginkan. 

4. Sebagai panutan 

Dalam keluarga seorang ayah adalah  pemimpin bagi istri dan anaknya, maka apabila ia membiasakan bersikap bijaksana dan adil pada seluruh anggota keluarga, maka secara tidak langsung karakter anak akan terbentuk menjadi sosok yang tidak egois, mudah memahami kondisi orang lain, adil, serta menjadikan ayah sebagai sosok panutan yang baik. Satu sikap yang baik dari seorang ayah bahkan mampu memberikan beberapa macam sifat turunan dan karakter pada anak. Inilah istimewanya seorang ayah atau suami.

(ummi-online/muslimahzone.com)

No Responses

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk