Pemerintah Xinjiang Membatasi Muslim untuk Puasa Ramadhan

Beijing, MuslimahZone.com – Memasuki Ramadhan, Muslim Uighur merasakan kekhawatiran. Pasalnya, beberapa bagian dari distrik Xinjiang Barat melarang berpuasa bagi anggota partai Islam, PNS, Pelajar dan guru. Hal ini seolah menjadi agenda rutin pemerintah Cina setiap tahunnya yaitu untuk melakukan pembatasan agama kepada Muslim di sana.

“China meningkatkan larangan dan pengawasan mendekati Ramadhan ini. Keimanan Muslim Uighur sudah sangat dipolitisasi, dan peningkatan kontrol bisa menyebabkan resistensi yang tajam,” Dilxat Raxit, juru bicara kelompok Uighur memberikan sebuah pernyataan yang dikutip oleh Reuters pada hari Senin, 16/06/2015.

Raxit mengecam otoritas China yang memanggil PNS di Uighur untuk tidak puasa di bulan Ramadhan, hal ini memperlihatkan bahwa mereka hendak mengendalikan keyakinan Islam.

Menurut situs pemerintah, restoran halal di Jinghe County, dekat perbatasan Kazakhstan, didorong oleh pejabat keamanan pangan untuk tetap buka saat jam puasa di bulan Ramadhan.

Restoran halal yang akan tetap buka di bulan Ramadhan akan dihargai dengan lebih sedikitnya kunjungan dari pengawas keamanan pangan, situs web menyatakan.

Dilaporkan oleh media pemerintah, bahwa pembatasan yang ketat pada agama telah diperkenalkan di Maralbexi di mana pejabat partai dipaksa untuk memberikan pernyataan lisan serta jaminan tertulis “menjamin mereka tidak memiliki iman, tidak akan menghadiri kegiatan keagamaan dan akan memimpin untuk tidak berpuasa selama Ramadan.”

Setiap tahun, pemerintah China telah berulang kali memberikan pembatasan Muslim Uighur di wilayah barat laut Xinjiang setiap Ramadan.

Di bulan Ramadan, umat Islam yang telah baligh, harus menahan diri dari makanan, minuman, rokok dan seks dari fajar sampai matahari terbenam.

Sebelumnya pada bulan Desember, China melarang  wanita Muslimah untuk menggunakan jubah terselubung di masyarakat Urumqi, ibukota provinsi Xinjiang.

Hukum di wilayah mayoritas Muslim telah diberlakukan sebagaimana yang telah diintensifkan Beijing yang disebut sebagai kampanye melawan “ekstremisme agama” dengan menyalahkan kekerasan yang terjadi baru-baru ini.

Muslim Uighur adalah penduduk minoritas yang berbahasa Turki dari delapan juta penduduk di wilayah Xinjiang barat laut.

Xinjiang, dimana aktivisnya disebut Turkestan Timur, telah mendapat otonomi sejak tahun 1955 namun terus menjadi target tindakan kekerasan keamanan besar-besaran oleh pemerintah Cina.

Kelompok-kelompok HAM menuduh pihak berwenang China telah bertindak represif terhadap Muslim Uighur di Xinjiang atas nama terorisme.

Sebelumnya pada tahun 2014, Muslim Xinjiang dilarang melaksanakan ajaran agama di gedung-gedung pemerintah, serta mengenakan pakaian atau logo yang terkait dengan ekstremisme agama.

Mei lalu, toko-toko Muslim dan restoran di sebuah desa di barat laut Cina Xinjiang telah diperintahkan untuk menjual rokok dan alkohol atau tokonya akan mengalami penutupan.

(fauziya/muslimahzone.con)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk