Pemerintah Quebec Mengajukan RUU Pelarangan Niqab

Quebec, MuslimahZone.com –  Masalah identitas keagamaan kembali menjadi topik utama, Pemerintah Quebec telah mengajukan RUU baru terkait pelarangan menutup wajah di tempat umum. Namun hal ini dikritisi oleh Muslim Kanada karena memberikan gambaran negatif tentang Muslim.

“Mereka terus-menerus membawa ke wacana publik gambar-gambar perempuan yang menutupi wajah mereka. Begitu gambar tersebut datang ke orang-orang media, mereka bereaksi terhadap hal itu, “Amira Elghawaby, Koordinator Human Rights di Dewan Nasional Muslim Kanada, mengatakan kepada Montreal Gazette seperti dilansir onislam.net, Kamis (11/06/2015).

“Ini yang tidak diketahui dan tidak nyaman bagi orang-orang yang belum pernah melihat hal itu sebelumnya dan dapat menciptakan asumsi yang salah bahwa semua wanita Muslim menutupi wajah mereka walupun sebenarnya tidak begitu.”

“Ini memperkuat gagasan bahwa Muslim, asing dengan budaya ini. Tapi mereka adalah dokter, wartawan, dan para ilmuwan yang mengambil bagian dalam masyarakat dan pergi menghilang – menjadi sekitar minoritas yang kecil,” tambahnya.

RUU baru 62 itu diajukan Rabu, 10 Juni, di Majelis Nasional.

Melarang penutup wajah bagi orang-orang yang ingin menawarkan dan menerima pelayanan publik sebenarnya tidak sejauh upaya pemerintah Parti Québécois sebelumnya yang melarang semua simbol-simbol agama. Provinsi ini akan mengakomodasi simbol-simbol agama dalam kondisi tertentu.

Menteri Kehakiman Couillard, Stéphanie Vallée, mengatakan pada Rabu (10/06/2015) bahwa RUU ini bukan tentang apa yang Anda kenakan.

“Kami tidak terlalu peduli pada pakaian,” kata Vallee. “Pelayanan publik harus diterima dengan wajah terlihat untuk tujuan keamanan, identifikasi dan komunikasi.” lanjutnya.

RUU baru ini telah disetujui oleh banyak pejabat karena dianggap lebih adil dari Piagam Quebec sebelumnya tentang Hak dan Kebebasan.

“Jika Anda menempatkan masalah akomodasi maka pengecualian dapat dibuat, itu akan membuat lebih mudah untuk lulus tes HAM,” Jack Jedwab, eksekutif wakil presiden dari Asosiasi untuk Studi Kanada, mengatakan.

“Maka itu akan menjadi jelas bagi wanita berniqab bahwa ini adalah tentang mereka. Tapi komunitas Muslim harus menyebarkan tentang hal ini dan banyak umat Islam akan mendukung ini. Ada lebih banyak dukungan yang datang di luar batas agama dan bahasa lebih dari yang kita asumsikan.”

Meskipun mengkritik itu, Elghawaby mengatakan RUU baru, yang menyisakan ruang untuk pengecualian, tampaknya seimbang.

“Saya senang ada konsep akomodasi karena setidaknya ada dialog – sehingga tidak melarang ini atau itu,” kata Elghawaby.

Dia jugamengatakan bahwa masalah wanita mengenakan niqab telah terjadi selama bertahun-tahun, meskipun orang-orang yang mengenakan penutup wajah jumlahnya sedikit.

Salah satu studi memperkirakan ada sekitar 80 perempuan di Ontario yang menutupi wajah mereka, tetapi tidak ada data yang jelas untuk Quebec.

Ada sekitar 2,8 persen penduduk Muslim dari 32.800.000 penduduk Kanada, dan Islam adalah peringkat pertama dari non-Kristen di negara Amerika utara.

Sebuah survei menunjukkan mayoritas Muslim bangga menjadi warga Kanada. Namun, dalam sebuah jajak pendapat baru-baru ini, sebagian besar warga Quebec ditemukan tidak peduli tentang urusan agama.

Meskipun memiliki penduduk Muslim terbesar kedua di Kanada, provinsi timur-tengah Quebec merupakan salah satu provinsi yang paling Islamophobia di negara ini, di mana umat Islam menghadapi berbagai jenis diskriminasi dan rasisme.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk