Pasca Melahirkan Kembali Langsing, Bisa!

Muslimahzone.com – Adalah hal yang wajar bila bentuk tubuh wanita berubah setelah melahirkan. Maka,  jika Anda ingin kembali langsing, pastikan untuk mengembalikannya ke bentuk tubuh semula dengan cara yang sehat. Berikut adalah tips untuk para Ibu yang ingin kembali langsing yang disarankan oleh para ahli.

Meningkatkan Aktivitas Fisik

Cara terbaik untuk mengembalikan bentuk tubuh adalah dengan berolahraga. Tapi perlu diperhatikan, jangan melakukan apa pun pada 6 minggu pertama setelah melahirkan secara normal atau 12 minggu setelah melahirkan dengan bedah caesar. Bila perlu, konsultasikanlah pada dokter apakah Anda sudah siap secara fisik untuk memulai latihan-latihan tersebut.

Tubuh wanita memproduksi hormon khusus saat hamil yang dapat meregangkan ligamen dan sendi sehingga memungkinkan janin tumbh optimal juga memperbesar panggul agar siap saat melahirkan. Hormon tersebut mungkin masih ada dalam tubuh sehingga akan lebih rentan terhadap cedera bila terlalu cepat aktif.

– Mulailah dengan gerakan ringan seperti jalan kaki perlahan sambil mendorong kereta bayi. Tingkatkan kecepatan setelah beberapa sesi. 

– Latihan untuk penguatan dasar panggul dan ini dapat dilakukan di mana saja. 

– Bila dokter sudah mengizinkan, cobalah latihan senam aerobik secara bertahap, bisa juga dengan menari-nari di rumah, jalan cepat atau berenang. 

– Ajaklah si kecil ketika melakukan senam ringan. Lakukan olahraga rutin bisa dimulai selama 10 menit di antara rutinitas Ibu lalu meningkat menjadi 30 menit selama tiga kali seminggu.

Pola Makan Sehat 

Pastikan Ibu mendapat nutrisi yang tepat. Bagaimanapun, selama tubuh mendapat nutrisi tepat dan tidak berdiet, maka hal tersebut dapat menurunkan lemak di dalam tubuh. Hal yang mungkin membantu penurunan berat badan adalah dengan mengkonsumsi makanan tinggi serat dan rendah lemak. Misalnya dengan mengganti biskuit dengan buah segar sebagai camilan. Hati-hati juga dengan gula yang terkandung di dalam minuman manis.

Menurunkan Berat Badan Dan Berolahraga Saat Menyusui

Bila Ibu menyusui si Kecil secara ekslusif, Ibu bisa dengan mudah menurunkan berat badan! Dengan menyusui, itu tidak hanya menghilangkan lemak yang tertinggal tapi tubuh juga menghasilkan hormon oksitosin yang akan membantu tubuh kembali fit seperti semula.

Berdiet pada masa menyusui bukan saat yang tepat. Ini hanya akan membuat kelelahan bila tidak makan dengan baik. Racun yang tersimpan dalam lemak tubuh justru akan dilepaskan ke aliran darah hingga mempengaruhi ASI. Ditambah Si Kecil juga mungkin tidak bisa mendapat semua nutrisi yang mereka butuhkan dari ASI. Maka perlu diingat, jangan terlalu memaksakan diri, atau Ibu akan memiliki timbunan asam laktat di ASI dan hal itu tidak akan disukai si Kecil!

Olahragalah setelah menyusui agar payudara tidak terlalu berat. Gunakan juga bra yang menopang payudara dengan baik untuk mempertahankan bentuk tubuh Ibu.

Demikianlah. Semoga pasca melahirkan, bentuk tubuh Anda dapat kembali seperti sebelum melahirkan tanpa mengorbankan kesehatan.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
Pesta Seks Bukan Nikmat Terbesar di Surga
Secular Radicalism, The Real Blasphemy
Biasakanlah Anak Minta Izin Ketika Masuk Kamar Orangtua
Meraih Sifat Qana’ah
Curahan Hati Petani
Babak Final Perjuangan Islam
Akhir Hidup Para Tiran
Jangan Sembarangan Menuduh Muslimah Sebagai Pelacur !
Nasehat Tere Liye Seputar Jodoh
Ketika Istri Marah
Mengukur Kembali Rasa Cinta
Agar Bahagia, Sesuaikan Harapan Pernikahan Anda
Mengapa Ayah Lebih Sabar daripada Ibu
Belajar Matematika Untuk Anak Usia Dini, Apa Dulu yang Diajarkan?
Pameran Kehebatan Anak
Apakah Pembicara Parenting Tak pernah Bermasalah dengan Anaknya?
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Mengenal Ulama Hadits Syu’bah bin Al-Hajjaj
Abdurrahman bin Auf ‘Manusia Bertangan Emas’
Ketika Bayi Menendang Perut Ibu
Menikmati Pengalaman Sebagai Ibu Menyusui
Dibalik Ketenaran Blewah di Bulan Ramadhan
Tetap Sehat Berpuasa Ketika Hamil
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Tips Merebus Telur yang Baik
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk