Panduan Pola Nutrisi Sehat Pasca Melahirkan

MuslimahZone.com – Bagi ibu yang baru melahirkan tentunya perlu memperhatikan pola makannya supaya tetap sehat. Tips-tips berikut ini mungkin bisa membantu para ibu untuk menjalankan pola makan yang baik sehingga menyediakan cukup energi, mendukung proses menyusui, dan mempercepat turunnya berat badan sehabis melahirkan.

  1. Minum minimal 9 gelas air setiap hari

Kurang tidur yang sering dialami oleh para ibu membuat mereka rawan terkena dehidrasi. Karena itu, usahakan minum minimal 9 gelas air setiap hari. Bila merasa jenuh dengan air putih, kita bisa menggantinya dengan air kelapa atau dengan mengkonsumsi semangka. Keduanya menyediakan cairan dan elektrolit bagi tubuh. Buah dan sayur yang kaya akan air seperti jeruk, beri-berian, dan mentimun juga bisa menjadi pilhan.

  1. Konsumsi lemak yang sehat

Selama masa pasca-persalinan jangan menghindari lemak, sebaliknya konsumsilah cukup lemak yang sehat. Asupan lemak sangat penting untuk menjaga tercukupinya kebutuhan kalori para ibu selama menyusui. Karena itu, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, santan, biji chia, dan selai kacang.

  1. Makan setiap 2 atau 3 jam dan konsumsi snack sehat

Makan setiap 2 atau 3 jam sehari dapat membantu kebutuhan kalori dan nutrisi tercukupi selama menyusui. Konsumsi juga snack sehat di antara waktu makan. Akan tetapi, hati-hati dengan pilihan camilan. Snack yang mengandung banyak gula seperti coklat atau cake akan meningkatkan level gula darah dengan cepat namun hanya sesaat sehingga membuat cepat lemas. Sediakan snack sehat berbahan dasar sayur dan buah di rumah untuk dikonsumsi setiap merasa lapar.

  1. Minum jus buah dan sayur

Beberapa makanan sehat lebih mudah dikonsumsi dalam bentuk jus. Misalnya, buatlah jus dari campuran oat, sayuran hijau, biji chia, buah-buahan, dan yogurth. Selain lezat, minuman tersebut bisa menyediakan berbagai nutrisi penting dalam bentuk yang lebih praktis.

  1. Konsumsi vitamin prenatal

Untuk menjaga asupan nutrisi ibu, ada baiknya membicarakan dengan dokter untuk mengetahui suplemen makanan apa yang cocok untuk kebutuhan ibu menyusui. Menjaga asupan nutrisi dari makanan segar memang penting, namun suplemen membantu kita memastikan jumlah zat-zat penting yang dikonsumsi cukup jumlahnya. Suplemen yang biasa digunakan oleh ibu menyusui misalnya minyak ikan, karena kaya akan omega-3 dan vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk mendukung proses menyusui.

  1. Perbanyak makanan berserat

Setelah melahirkan sistem pencernaan kita biasanya tidak berjalan dengan normal. Karenanya, dibutuhkan asupan serat yang lebih banyak untuk memperlancar pencernaan. Konsumsi makanan-makanan, terutama sayur dan buah kaya serat seperti apel (jangan buang kulitnya), pear, brokoli, ara, beras coklat, dan gandum utuh. Selain memperlancar pencernaan, makanan berserat juga dapat membantu menurunkan berat badan sehabis melahirkan. Akan tetapi, karena penyerapan serat oleh tubuh membutuhkan lebih banyak air, jangan lupa mengkonsumsi cukup air setiap harinya.

(balitapedia/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk