Panduan Pola Nutrisi Sehat Pasca Melahirkan

MuslimahZone.com – Bagi ibu yang baru melahirkan tentunya perlu memperhatikan pola makannya supaya tetap sehat. Tips-tips berikut ini mungkin bisa membantu para ibu untuk menjalankan pola makan yang baik sehingga menyediakan cukup energi, mendukung proses menyusui, dan mempercepat turunnya berat badan sehabis melahirkan.

  1. Minum minimal 9 gelas air setiap hari

Kurang tidur yang sering dialami oleh para ibu membuat mereka rawan terkena dehidrasi. Karena itu, usahakan minum minimal 9 gelas air setiap hari. Bila merasa jenuh dengan air putih, kita bisa menggantinya dengan air kelapa atau dengan mengkonsumsi semangka. Keduanya menyediakan cairan dan elektrolit bagi tubuh. Buah dan sayur yang kaya akan air seperti jeruk, beri-berian, dan mentimun juga bisa menjadi pilhan.

  1. Konsumsi lemak yang sehat

Selama masa pasca-persalinan jangan menghindari lemak, sebaliknya konsumsilah cukup lemak yang sehat. Asupan lemak sangat penting untuk menjaga tercukupinya kebutuhan kalori para ibu selama menyusui. Karena itu, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung lemak sehat seperti alpukat, santan, biji chia, dan selai kacang.

  1. Makan setiap 2 atau 3 jam dan konsumsi snack sehat

Makan setiap 2 atau 3 jam sehari dapat membantu kebutuhan kalori dan nutrisi tercukupi selama menyusui. Konsumsi juga snack sehat di antara waktu makan. Akan tetapi, hati-hati dengan pilihan camilan. Snack yang mengandung banyak gula seperti coklat atau cake akan meningkatkan level gula darah dengan cepat namun hanya sesaat sehingga membuat cepat lemas. Sediakan snack sehat berbahan dasar sayur dan buah di rumah untuk dikonsumsi setiap merasa lapar.

  1. Minum jus buah dan sayur

Beberapa makanan sehat lebih mudah dikonsumsi dalam bentuk jus. Misalnya, buatlah jus dari campuran oat, sayuran hijau, biji chia, buah-buahan, dan yogurth. Selain lezat, minuman tersebut bisa menyediakan berbagai nutrisi penting dalam bentuk yang lebih praktis.

  1. Konsumsi vitamin prenatal

Untuk menjaga asupan nutrisi ibu, ada baiknya membicarakan dengan dokter untuk mengetahui suplemen makanan apa yang cocok untuk kebutuhan ibu menyusui. Menjaga asupan nutrisi dari makanan segar memang penting, namun suplemen membantu kita memastikan jumlah zat-zat penting yang dikonsumsi cukup jumlahnya. Suplemen yang biasa digunakan oleh ibu menyusui misalnya minyak ikan, karena kaya akan omega-3 dan vitamin D yang sangat dibutuhkan untuk mendukung proses menyusui.

  1. Perbanyak makanan berserat

Setelah melahirkan sistem pencernaan kita biasanya tidak berjalan dengan normal. Karenanya, dibutuhkan asupan serat yang lebih banyak untuk memperlancar pencernaan. Konsumsi makanan-makanan, terutama sayur dan buah kaya serat seperti apel (jangan buang kulitnya), pear, brokoli, ara, beras coklat, dan gandum utuh. Selain memperlancar pencernaan, makanan berserat juga dapat membantu menurunkan berat badan sehabis melahirkan. Akan tetapi, karena penyerapan serat oleh tubuh membutuhkan lebih banyak air, jangan lupa mengkonsumsi cukup air setiap harinya.

(balitapedia/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga