Nama yang Membawa ‘Berkah’

Muslimahzone.com – Adalah kisah Riyanto. Pria asal Perbalan Semarang yang sejak kecil hidup dalam kondisi ekonomi kurang mampu. Ia pernah menjadi sopir omprengan, menjadi tukang ledeng sampai tukang sedot WC. Lalu hijrah ke Jakarta untuk mencari keberuntungan dan kemudian menambah namanya yang dinilai agak kampungan menjadi “Arwana”.

Allah kemudian memberikan kemudahan rezki bahkan pernah dikenal sebagai host TV paling mahal di Indonesia. Dialah Riyanto alias Tukul “Arwana”.

Nama kedua adalah  BJ. Habibie. Pria kelahiran Pare-Pare, Sulawesi Selatan 25 Juni 1936 ini adalah nama presiden ketiga Indonesia menggantikan Soeharto.

Bacharuddin Jusuf Habibie. Di tahun  70-80-an namanya pernah menjadi icon kebanggan bangsa Indonesia. Lulusan terbaik jurusan kontruksi pesawat terbang dari Technische Hochschule, Aachen Jerman dengan predikat summa cumlaude (sangat memuaskan) pernah  menjadi ikon ibu-ibu rumah tangga dan sekolah-sekolah.

“Belajar yang rajin ya nak, biar kelak jadi seperti pak Habibie,” begitu para guru dan para ibu sering memotivasi murid-murid di era tahun 90-an.

Nama sangat memiliki pengaruh terhadap kehidupan seseorang. Secara psikologis seorang anak terpengaruh dengan nama dan panggilan yang diberikan kepadanya. Kadang anak orang merasa rendah diri karena namanya tidak mengandung makna yang mengagumkan.  Namun jika nama yang diberikan oleh orangtuanya bagus, dia akan bangga dan mengekpresikan dirinya dengan penuh keceriaan.

Secara psikologis, nama bukanlah masalah sepele. Nama bukan saja menjadi identitas bagi pemiliknya tapi nama juga dapat membentuk kepribadian dan mempengaruhi perkembangan emosi dan sifat-sifat pemiliknya secara langsung maupun tidak langsung.

Beberapa studi di Barat  menemukan,  pemilihan nama anak berpengaruh besar pada kehidupannya sampai dewasa.  Profesor Richard Wiseman dari Universitas Hertfordshire pernah juga meneliti secara khusus kaitan nama seseorang dengan karir.Bahwa nama-nama top lebih mudah diterima kerja dibanding nama biasa-biasa saja. Untuk menguji teori ini, Wiseman mengundang pembaca Harian Telegraph Inggris untuk menilai seberapa sukses mereka dalam berbagai macam aspek kehidupan mereka; termasuk kehidupan karir, keuangan dan kesehatan.

Wiseman meminta 6000 anggota masyarakat Inggris untuk menilai 40 nama pertama yang paling populer dan dianaggap kualitas, membawa daya tarik, dan dianggap bisa membawa keberhasilan dan kesuksesan.

Dr. Albert Mehrabian, PhD, seorang pakar psikologi dari  UCLA  menemukan hasil penelitian. Bahwa, nama seorang anak akan memberikan alasan dan menyediakan suatu gambaran yang tangguh terhadap seseorang. Termasuk mempengaruhi reaksi-reaksi orang-orang kepada mereka. Dengan bahasa sederhana, setiap nama akan memberikan efek dan pengaruh tersendiri terhadap anak. (“Names really do make a difference”, The Observer, Minggu 28 April  2007)

Pada tahun 1966, John McDavid dan Herbert Harari juga pernah meneliti pengaruh nama terhadap anak. Mereka mendapati anak-anak yang namanya tidak menarik biasanya sering dikucilkan oleh kelompok anak-anak seusianya. Sedangkan ketidakpopuleran anak juga akan mempengaruhi kemampuannya dalam bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Nama yang islami

Nama seseorang biasanya akan selalu melekat dengan perilaku pemiliknya. Setiap nama juga akan di bawah hingga mati.  Nama yang baik akan membawa anak mempunyai citra yang positif tentang dirinya, yaitu berkembang menjadi manusia yang memiliki kepribadian baik. Begitu juga sebaliknya.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassallam sering mengganti nama seseorang yang baru masuk Islam, jika sebelumnya nama orang tersebut tidak baik di dalam pandangan Islam.

Imam Ibnu Qoyim menyebutkan di zamannya, “Jarang kau dapati nama yang buruk kecuali melekat pada orang yang buruk pula. Dan Allah dengan hikmah yang terkandung dalam qadha dan qadarnya memberikan ilham kepada jiwa untuk menetapkan nama sesuai yang punya.”

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassallam pernah berkata:

عن الحارث بن النعام قال سمعت رسول الله صلى الله عليه و سلم قال أكرموا أولادكم و أحسنوا أسمائهم (رواه ابن ماجه)

Dari Kharis bin Nu’am ia berkata, saya mendengar Rasulullah bersabda, “Muliakanlah anak-anak kalian dan berilah mereka nama-nama yang baik.” (HR. Ibnu Majah)

Islam sangat memperhatikan pemberian nama pada anak-anak kita.  Dalam Islam ada nama-nama yang disukai dan nama-nama yang dibenci.

Sesungguhnya nama-nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah dan Abdurrahman, juga nama-nama para Nabi. Karena itu, berikan nama anak-anak kita yang islami dengan arti yang bagus pula.

“Sesungguhnya pada hari kiamat nanti kamu sekalian akan dipanggil dengan nama-nama kamu sekalian dan nama-nama bapak-bapak kamu sekalian. Oleh karena itu, buatlah nama-nama yang baik untuk kamu sekalian.” ujar Rasulullah.

Masfufah

(hidayatullah/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk