Muslim Turki dan Libya Protes Larangan Kerudung

Muslimahzone.com – Gejala dan fenomoena Islamophobia merebak diberbagai negara. Termasuk di negeri-negeri muslim yang notabene jumlah mereka mayoritas. Di negeri Barat, kaum muslimin mempunyai argumentasi “kebebasan menjalankan agama” untuk menolak larangan pakaian Islam. Akan tetapi di negeri muslim, mereka berhadapan dengan rezim yang secara formal beragama Islam.

Belasan Juta Warga Turki Menolak

Konfederasi Serikat Pekerja Pegawai Publik Turki (Memur-Sen) berhasil mengumpulkan 12,3 juta tandatangan petisi berisi tuntutan agar larangan penggunaan kerudung di kantor-kantor pemerintahan dicabut.

“Kami tidak ingin mengenakan seragam yang didesain oleh pola pikir pro-kudeta [sekuler-red] dan kami menyatakan tidak akan mengenakannya,” kata pimpinan Memur-Sen Ahmet Gundogdu hari Rabu lalu dikutip Hurriyet Daily (21/2/2013) dari situs organisasi tersebut.

Kampanye “10 juta tandatangan untuk aturan berpakaian di tempat publik” itu berhasil mengumpulkan tandatangan dalam waktu singkat, saat Memur-Sen menggelar berbagai acara termasuk demonstrasi di depan parlemen pada 30 Nopember 2012, serta aksi mogok pada 2 Januari lalu guna menuntut pencabutan larangan berkerudung.

“Kami akan menyerahkan 12,3 juta tandatangan ini kepada Kantor Perdana Menteri guna menyalurkan aspirasi rakyat yang menuntut larangan (kerudung) dicabut. Mulai saat ini, tanggungjawab berada di tangan pemerintah dan parlemen,” kata Gundogdu.

Pada 25 Januari menyusul dicabutnya larangan penggunaan kerudung di gedung-gedung lembaga kehakiman oleh pemerintah, seorang pengacara wanita memasuki ruang sidang dengan mengenakan kerudung untuk pertama kalinya.

Pencabutan larangan kerudung di Turki menjadi perdebatan publik berpuluh-puluh tahun lamanya. Namun, semenjak pemerintah Turki dikuasai oleh partai berlatarbelakang Islam, Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) dengan perdana menteri Recep Tayyip Erdogan dan presiden Abdullah Gul, sedikit-demi sedikit peraturan larangan berjilbab itu dicabut.*

Muslimah Libya Demo

demo-libyaDi Libya, puluhan perempuan dikabarkan telah menggelar aksi demonstrasi beberapa hari lalu di kota Benghazi. Mereka menanggapi permintaan dari sebagian aktivis masyarakat madani mengenai penolakan kerudung di negara ini, Yaumusabi’ melaporkan pada hari Senin (25/2).

Para pengunjuk rasa ini mengacung-acungkan poster yang berisi tulisan penolakan terhadap para aktivis masyarakat madani mengenai penolakan kerudung. Para demonstran juga berjanji akan menyelenggarakan sebuah seminar untuk mengungkap masalah ini.

Para perempuan Libya menekankan akan tetap menjaga busana Islami dan tetap hadir di kancah karir dan politik dengan hijab mereka. Mereka juga menolak permintaan para aktivis masyarakat madani mengenai penolakan hijab. Mereka menyatakan bahwa masalah ini merupakan sebuah kewajiban agama. []

Sumber: Hidayatullah & Islampos

(esqiel/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk