Mudik, Jangan Sampai Mengorbankan Waktu Berburu Pahala

MuslimahZone.com – Ada satu budaya yang sudah mendarah daging di Indonesia, yaitu mudik. Pasti pusing banget mikirin tiket atau karcis. Kalau dapat sih, bisa booking jauh hari. Bahkan sebelum Ramadhan tiba sudah booking di agen. Cuma ada saja yang bookingnya pas Ramadhan atau mepet-mepet lebaran, padahal udah masuk Peak Season. So, pastilah kena harga mahhhaaal! Sementara pikiran sudah ke kampung halaman dan keluarga saja. Pastinya bikin ibadah jadi tidak khusyuk. Belum lagi yang kampung halamannya jauh, dijamin akan mengalami perjalanan yang penuh dengan godaan.

Makanya, sebelum memutuskan untuk mudik, lebih baik dipikirkan matang-matang dampak positif dan negatifnya. Lagipula, sebenarnya tradisi mudik ini memang hanya ada di Indonesia, Islam pun tidak mewajibkannya. Kalau memang alasannya untuk silaturrahim, sebenarnya silaturrahim itu bisa kapan saja kan, tidak perlu menunggu momen lebaran. Tapi kalau memang momen lebaran adalah satu-satunya waktu yang tepat untuk berkumpulnya seluruh keluarga, dan untuk menyatukan hubungan yang terpisah jauh, maka persiapan harus dilakukan dari jauh-jauh hari agar perjalanan mudik bisa lancar dan nyaman.

Sering kali kita saksikan di media elektronik maupun cetak, arus mudik yang begitu fantastis setiap tahunnya. Masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya, membawa serta keluarga, perbekalan dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung. Tidak sedikit kita lihat, mereka yang rela berjubelan mengantri tiket, berdesakan naik ke angkutan umum, bahkan bagi mereka yang menggunakan sepeda motor, ada yang nekad memaksakan mengangkut satu keluarga berikut berbagai barang bawaannya. Alhasil, kendaraan yang biasa digunakan dua orang ini, mampu mengangkut satu keluarga bahkan dengan dua atau tiga orang anak.

Ini merupakan fenomena miris untuk kita. Selain rawan kecelakaan, arus mudik ini juga rawan kriminalitas, seperti pencopetan, jambret atau bahkan pencurian di rumah yang ditinggalkan. Oleh karena itu, sekali lagi, sebelum mudik pastikan semua persiapan telah matang. Kendaraan yang aman dan nyaman, perbekalan yang cukup selama di perjalanan, waktu yang baik dalam melakukan perjalanan, jangan sampai membuat kita sampai membatalkan puasa, apalagi meninggalkan kewajiban shalat, juga pastikan rumah yang ditinggal telah aman.

Mudik memang boleh saja asalkan tidak mengganggu aktifitas ibadah, apalagi pahala ibadah yang besar ada di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, dimana masyarakat biasa menggunakannya sebagai waktu mudik. Sayang sekali kalau kita melewatkan kesempatan untuk berburu pahala ini.

Dan yang penting juga, niatkan dengan benar bahwa mudik ini sebagai ajang untuk silaturrahim dan merekatkan ukhuwah, bukan sebagai ajang pamer atau niat yang tidak baik lainnya. Semoga bagi yang mudik, perjalanannya aman, nyaman dan tetap syar’i.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk