Mudik, Jangan Sampai Mengorbankan Waktu Berburu Pahala

MuslimahZone.com – Ada satu budaya yang sudah mendarah daging di Indonesia, yaitu mudik. Pasti pusing banget mikirin tiket atau karcis. Kalau dapat sih, bisa booking jauh hari. Bahkan sebelum Ramadhan tiba sudah booking di agen. Cuma ada saja yang bookingnya pas Ramadhan atau mepet-mepet lebaran, padahal udah masuk Peak Season. So, pastilah kena harga mahhhaaal! Sementara pikiran sudah ke kampung halaman dan keluarga saja. Pastinya bikin ibadah jadi tidak khusyuk. Belum lagi yang kampung halamannya jauh, dijamin akan mengalami perjalanan yang penuh dengan godaan.

Makanya, sebelum memutuskan untuk mudik, lebih baik dipikirkan matang-matang dampak positif dan negatifnya. Lagipula, sebenarnya tradisi mudik ini memang hanya ada di Indonesia, Islam pun tidak mewajibkannya. Kalau memang alasannya untuk silaturrahim, sebenarnya silaturrahim itu bisa kapan saja kan, tidak perlu menunggu momen lebaran. Tapi kalau memang momen lebaran adalah satu-satunya waktu yang tepat untuk berkumpulnya seluruh keluarga, dan untuk menyatukan hubungan yang terpisah jauh, maka persiapan harus dilakukan dari jauh-jauh hari agar perjalanan mudik bisa lancar dan nyaman.

Sering kali kita saksikan di media elektronik maupun cetak, arus mudik yang begitu fantastis setiap tahunnya. Masyarakat berbondong-bondong pulang ke kampung halamannya, membawa serta keluarga, perbekalan dan oleh-oleh untuk keluarga di kampung. Tidak sedikit kita lihat, mereka yang rela berjubelan mengantri tiket, berdesakan naik ke angkutan umum, bahkan bagi mereka yang menggunakan sepeda motor, ada yang nekad memaksakan mengangkut satu keluarga berikut berbagai barang bawaannya. Alhasil, kendaraan yang biasa digunakan dua orang ini, mampu mengangkut satu keluarga bahkan dengan dua atau tiga orang anak.

Ini merupakan fenomena miris untuk kita. Selain rawan kecelakaan, arus mudik ini juga rawan kriminalitas, seperti pencopetan, jambret atau bahkan pencurian di rumah yang ditinggalkan. Oleh karena itu, sekali lagi, sebelum mudik pastikan semua persiapan telah matang. Kendaraan yang aman dan nyaman, perbekalan yang cukup selama di perjalanan, waktu yang baik dalam melakukan perjalanan, jangan sampai membuat kita sampai membatalkan puasa, apalagi meninggalkan kewajiban shalat, juga pastikan rumah yang ditinggal telah aman.

Mudik memang boleh saja asalkan tidak mengganggu aktifitas ibadah, apalagi pahala ibadah yang besar ada di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, dimana masyarakat biasa menggunakannya sebagai waktu mudik. Sayang sekali kalau kita melewatkan kesempatan untuk berburu pahala ini.

Dan yang penting juga, niatkan dengan benar bahwa mudik ini sebagai ajang untuk silaturrahim dan merekatkan ukhuwah, bukan sebagai ajang pamer atau niat yang tidak baik lainnya. Semoga bagi yang mudik, perjalanannya aman, nyaman dan tetap syar’i.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga