Menyongsong Kehamilan Sehat

MuslimahZone.com – Memiliki keturunan adalah salah satu cita-cita perkawinan. Manusia pada umumnya ingin memiliki keturunan karena keturunan adalah generasi penerus yang akan melanjutkan cita-cita orangtuanya. Anak yang dibesarkan dengan penuh cinta dan kasih sayang, kelak akan menjadi penolong dan perawat orangtuanya di saat usia sudah uzur.

Menyongsong anugerah Ilahi berupa seorang anak dimulai dengan mempersiapkan kehamilan dan diri sendiri sebagai calon ibu. Carilah informasi sebanyak-banyaknya sehingga kehamilan dan persalinan dapat kita jalani dengan sehat dan menyenangkan. Karena kehamilan yang sehat diawali dengan kesiapan fisik dan kejiwaan ibu dan ayah. Berikut beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menyongsong kehamilan yang sehat:

  1. Konseling

Sebelum menikah, dianjurkan untuk melakukan konseling pranikah. Hal ini tidak lain untuk mendorong mendapatkan keluarga yang sehat juga penanganan sedini mungkin jika ada hal-hal yang harus dibenahi terlebih dahulu. Pemeriksaan fisik, laboratorium dan genetik perlu dilakukan. Dari pemeriksaan ini dapat diketahui ada tidaknya gejala seperti kencing manis, asma, tekanan darah, atau penyakit lainnya seperti, paru-paru, penyakit kelamin, liver, jantung, epilepsi, atau kanker mulut rahim.

2. Olahraga Ringan Secara Teratur

Sembilan bulan kehamilan dengan beragam aktivitas seperti sebelumnya bukanlah hal mudah untuk dijalani jika tubuh kita tidak bugar. Salah satu cara menjaga kebugaran adalah dengan berolahraga ringan secara teratur. Manfaat utama berolahraga adalah melancarkan peredaran darah dan kerja organ-organ tubuh. Selain itu, kebugaran membuat tubuh lebih energik, bergairah, dan  bahagia. Olahraga ringan bagi wanita akan berpegaruh pada sistem kardiovaskular, misalnya endorfin dan adrenalin dalam darah dan kadar testosteron sehingga memacu kesuburan.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Selama mempersiapkan dan menanti kehamilan, wanita perlu mengkonsumsi makanan bergizi dengan pola makan yang sehat. Maksudnya terpenuhinya keseimbangan gizi tubuh, yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral dalam makanan sehari-hari.

4. Dilarang Diet Ketat Selama Hamil

Wanita yang ingin segera hamil diarang diet ketat dengan sama sekali tidak mengkonsumsi protein dan lemak. Sebaliknya, bagi yang berat badannya kurang, mengkonsumsi makanan secara berlebihan juga tidak dianjurkan. Ibu disarankan mengkonsumsi makanan lengkap gizi sesuai kebutuhannya.

5. Menghindari Depresi

Kelebihan hormon depresi dapat mengganggu keseimbangan sistem reproduksi. Jika ada persoalan yang membuat depresi, atasi dengan kepala dingin. Relaksasi dengan membaca Al Quran, menekuni hobi, atau berolahraga dapat mengurangi atau bahkan dapat mengatasi depresi. Persiapan secara kejiwaan ini akan lebih baik jika pasutri merencanakan waktu yang tepat untuk hamil. Dengan demikian, kehamilan dapat dinikmati dan dijalani dengan sebaik mungkin.

6. Berdoa dan bertawakal.

Berdoa dan bertawakal merupakan hal yang sama sekali tak boleh dilupakan. Semaksimal apapun usaha kita jika Allah belum menentukan, kehamilan tak akan terjadi. Dengan senantiasa berdoa dan bertawakal insya Allah apapun yang Allah takdirkan akan selalu dapat kita terima dengan sikap terbaik.

Diolah dari: Panduan Lengkap Kehamilan, Persalinan, dan Perawatan Bayi, MT. Indiarti, Jogjakarta, Diglossia Media, 2007

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk