Menjadi Ibu Baru, Agar Tetap Fresh Pasca Melahirkan

Oleh:

|

|

MuslimahZone.com – Baru memiliki anak, beragam aktivitas baru mulai masuk ke dalam jadwal sehari-hari, mulai dari bangun tengah malam, memandikan bayi, menyusui bayi, dan lain-lain. Nah, agar tubuh tetap bugar dan fit dalam menjalani periode tersebut, apa yang bisa dilakukan oleh para ibu baru?

Disampaikan oleh dr Hari Nugroho, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, tips pertama yang bisa dilakukan oleh ibu adalah istirahat yang cukup. Meskipun jam tidur kadang dianggap sepele, namun mencukupinya akan sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh ibu.

“Biasanya ibu baru membutuhkan penyesuaian dengan adanya ‘makhluk’ baru yang menyita segala perhatian dan waktunya. Namun perlu diingat, bahwa ibu pun membutuhkan waktu istirahat yang memadai. Bekerjasamalah dengan suami atau orangtua untuk bergantian menjaga bayi,” tutur dr. Hari seperti dilansir detik.com (05/05/2015).

Selain itu, jangan lupa untuk selalu makan makanan bergizi dan minum banyak air. Menurut dr Hari, ibu baru yang menyusui akan membakar kalori lebih banyak setiap menyusui, sehingga agar tidak lemah, perlu nutrisi seimbang dan cairan.

“Luangkan waktu untuk ‘me-time’. Sedikit waktu luang dapat membuat ibu baru terhindar dari stres, baby blues syndrome, dan menjadi lebih bahagia. Happy mommy, happy baby!” imbuhnya.

Jangan lupa juga bahwa mengurangi risiko stres juga penting agar ibu bisa lebih rileks dan menikmati momen baru mengasuh si kecil. Dengan banyaknya sumber informasi, saat ini tak sedikit mitos-mitos yang kemudian tersebar terkait pengasuhan anak, yang kemudian membuat ibu rentan stress.

“Terkadang ibu baru stress sendiri karena mendengar berbagai macam mitos soal pengasuhan anak. Penting untuk ibu mendapatkan dukungan emosional dari peer group dan keluarga terdekat,” pesan dokter.

(fauziya/muslimahzone.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *