Menghadirkan Romantisme dalam Rumah Tangga

MuslimahZone.com – Dalam hubungan suami istri, setelah melalui beberapa waktu, adakalanya merasakan sisi romantisme pernikahan yang berkurang. Mungkin karena rutinitas sehingga berinteraksi seperti menjadi hal yang biasa. Hal ini juga bisa disebabkan karena kesibukan isteri yang kini perhatiannya mulai tersita dengan hadirnya anak, waktunya dihabiskan dengan mengawal pertumbuhannya sehingga perhatian pada suami menjadi berkurang. Tentu saja ini tidak baik dalam kehidupan rumah tangga. Masing-masing bisa mengalami kejenuhan dan rasa bosan sehingga hubungan menjadi beku.

Suami istri adalah partner dalam kehidupan. keberadaan masing-masing haruslah saling menguatkan, memotivasi, mengingatkan dan menjaga. Pernikahan layaknya bahtera yang harus dilalui bersama. Setiap gelombang yang menghalau harus dilalui dan diselesaikan bersama. Namun, apa jadinya jika kerjasama itu sudah tidak lagi ada, tentunya arah kehidupan rumah tangga tidak akan lagi berjalan dengan seimbang. Maka, romantisme dalam pernikahan menjadi salah satu yang harus dipertahankan. Bagaimanakah agar romantisme itu tetap hadir? Berikut beberapa kiatnya yang dikutip dari ummi-online:

1. Jangan ragu untuk mengatakan: “Aku selalu mencintaimu”.

Laki-laki mungkin terkesan cuek, namun sebenarnya setiap orang senang mendengar ucapan tersebut dari pasangan hidupnya. Sekalipun hanya direspon dengan senyuman, sesungguhnya kalimat tersebut meresap ke dalam jiwanya, dan menumbuhkan keyakinan pada dirinya bahwa istri memang sungguh-sungguh mencintainya.

2. Ekspresikan cinta dengan bahasa tubuh

Senyuman, wajah yang ceria menyambut kehadirannya serta memberikan kecupan adalah beberapa contoh ekspresi cinta kita pada pasangan.

3. Membuat kejutan dengan memberikannya hadiah yang bersifat pribadi

Berikan kejutan-kejutan manis seperti: kado berupa sapu tangan, dasi, dompet baru atau barang lainnya yang sesuai dengan pola atau warna kesukaan suami.

4. Menjaga penampilan dan mengenakan pakaian yang disenangi suami

Jadilah sebaik-baik perhiasan bagi suami. Jaga pola makan dan kebersihan tubuh. Dan kenakan pakaian yang disukai oleh suami supaya suami senang selalu berdekatan dengan istri. Hindari mengenakan baju daster kusam yang meninggalkan aroma tidak sedap setelah aktivitas di dapur.

5. Buatlah kejutan lembut di saat yang tidak terduga

Banyak istri melupakan bahwa pelukan dan ciuman lembut yang tiba-tiba (bukan rutinitas ketika akan berangkat bekerja) dapat menimbulkan perasaan khusus dan kasih sayang suami.

6. Pahami dan kenali sifat serta karakter pasangan

Berusahalah mencari hal-hal yang membuatnya senang dan bahagia, sebaiknya jangan melakukan hal-hal yang membuat suami menjadi kesal.

7. Memberikan pujian atas setiap kebaikan yang dilakukan pasangan hidup

Misalnya saat suami konsisten sholat shubuh berjamaah di mesjid, berikan pujian: “senangnya memiliki suami shaleh seperti mas”.

8. Mengucapkan terimakasih

Jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih atas nafkah yang diberikan (nafkah lahir ataupun batin), juga pada setiap bantuan yang dilakukan oleh suami.

Ingatlah Rasulullah shalallahu alaihi wassalam pernah bersabda: “Allah tidak akan memandang kepada perempuan yang tidak berterimakasih pada suaminya padahal ia butuh kepadanya” (HR Hakim).

Permasalahan dalam setiap rumah tangga wajar saja bila hadir. Kehidupan selalu berputar, penuh dinamika. Terimalah itu semua sebagai bagian dari mozaik kehidupan. Warna warni pernikahan adakalanya tidak menyenangkan, namun dia bisa jadi justru menghadirkan keindahan seperti pelangi seusai hujan. Maka nikmatilah itu semua sembari selalu belajar dan memperbaiki diri. Semoga Allah menjadikan rumah tangga kita seperti gambaran surga sebelum surga sesungguhnya di akhirat kelak. Amiin…

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk