Mengenal Kisah-Kisah dalam Alquran yang Membangkitkan Jiwa Anak

MuslimahZone.com – Salah satu cara yang sangat efektif untuk menanamkan nilai-nilai kebenaran serta akhlakul karimah pada buah hati kita adalah dengan berkisah atau bercerita. Cara ini terbukti efektif lantaran pesan-pesan kebenaran dan nilai-nilai moral tersebut sampai hampir tanpa reserve pada diri anak, mereka melihat nilai-nilai tersebut sebagai suatu hal yang menarik, tidak merasa digurui atau terpojok. Bahkan kemudian mereka dapat menerimanya sebagai acuan dalam bersikap. Dan nilai-nilai ini biasanya akan sangat berkesan dan membekas hingga mereka besar.

Anak-anak usia 3 tahun ke atas sangat senang mendengarkan cerita, mereka sangat antusias dengan wajah yang berbinar-binar bila ibu atau ayah sudah berkata, “Aa, Abang, Ayah punya cerita, mau tahu ga ceritanya?”. Namun terkadang sumber-sumber cerita orangtua tidak tersaring dengan baik. Kerapkali kita dapati banyak orangtua terus melestarikan dongeng-dongeng lokal yang sarat dengan khurafat, takhayul, dan hal-hal lain yang merusak akidah. Sangat disayangkan jika  kisah-kisah seperti ini yang menjadi konsumsi  anak-anak kita dalam masa golden agenya, masa dimana informasi –informasi tersimpan dengan sangat baik dalam memorinya.

Alangkah bijaknya jika masa emas ini diisi dengan informasi-informasi emas pula, termasuk dalam hal berkisah dan bercerita. Dan kisah-kisah terbaik dan yang paling emas hanya terdapat dalam Al Quranul Karim. Sebagaimana firman Allah yang termaktub didalamnya, “Kami menceritakan kepadamu kisah yang paling baik…” (QS. Yusuf:3)

Dalam buku Menshalihkan Anak Sejak Dini ,  Asadullah Al Faruq mengutip penjelasan Dr. Muhammad Fahd Ats Tsuwaini yang memaparkan makna-makna yang terkandung  kisah-kisah Al Quran yang dapat ayah dan ibu ceritakan kepada buah hatinya:

  1. Apabila kita bermaksud mengajari putra-putri kita tentang etika memelihara kehormatan dan kesucian diri, menahan pandangan dan pendengaran, maka ada kisah Nabi Yusuf as. dengan istri sang pembesar.
  2. Apabila kita ingin mengajari anak-anak kita tentang adab menuntut ilmu dan menghormati guru dan ulama, kisah Nabi Musa as. dengan Nabi Khidir as. dapat dijadikan teladan.
  3. Apabila ingin menyampaikan tentang kepatuhan dan bakti kepada orangtua, maka ada kisah Nabi Ibrahim as. dengan ayahnya, kisah Nabi Ibrahim dengan  Nabi Isma’il soal mimpi-mimpinya, serta kisah Nabi Nuh as. dengan putranya yang durhaka.
  4. Apabila kita ingin menceritakan pada putra-putri kita tentang pekerjaan da kreativitas, kita suguhkan pada mereka kisah Nabi Nuh as. Tentang pembuatan kapal.
  5. Apabila kita ingin mengajak anak-anak kita ke dunia petualangan dan tentang tugas-tugas besar, kisah Nabi Yunus as., mukjizat-mukjizat Nabi Musa ketika melawan Fir’aun, kisah Nabi ‘Isa, kisah sapi betina, unta Nabi Shaleh, serta kisah Ashabul Kahfi tentu sangat menarik bagi mereka.
  6. Apabila kita ingin menceritakan arti persaudaraan kisah Nabi Yusuf as. dengan saudara-saudaranya dapat kita angkat.
  7. Kisah-kisah yang tak kalah serunya dan tak ada bosannya adalah kisah-kisah tentang akhir zaman, seperti kisah turunnya Nabi ‘Isa as untuk menunaikan tugasnya menghancurkan Dajjal juga  kisah tentang keluarnya Ya’juj Ma’juj (kaum yang selalu membuat kerusakan, red.).
  8. Apabila kita ingin bercerita tentang akibat dari perbuatan jahat, kita bisa bercerita tentang pengusiran setan dari rahmat Allah dan ancaman setan untuk menyesatkan manusia, tipu daya setan terhadap Nabi Adam, kisah Fir’aun dan ahli-ahli sihirnya, kisah Ashabul Fiil (pasukan bergajah), dan lain sebagainya.

Tentu masih banyak lagi jenis kisah-kisah yang lain dalam Al Quran. Yang dijabarkan disini hanyalah sekedar contoh saja. Akan sangat baik jika orangtua mulai mengeksplorasi kisah-kisah lain dalam AlQuran kemudian menerangkan makna yang terkandung di baliknya. Selamat bercerita Ayah Bunda!

(esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk