Mengenal Gangguan Kista Indung Telur

Muslimahzone.com – Kista adalah sebuah tumor dalam tubuh, berupa kantung tertutup yang berisi cairan, nanah, darah, bagian padat, atau berupa jonjot berongga. Penyebab pastinya belum diketahui. Kista yang tumbuh pada indung telur (ovarium) yang disebut kista ovarium, umumnya lebih sering terjadi pada wanita yang belum pernah hamil. Kista yang bentuknya seperti kantung-kantung berisi cairan ini sebenarnya merupakan hasil ovulasi yang normal terjadi setiap bulan saat seorang wanita mengalami haid.

Kista dapat menghilang dengan sendirinya. Namun, kadang-kadang, kista tersebut berkembang dan membesar. Bahkan, muncul kista-kista lain yang tidak ada kaitannya dengan proses ovulasi. Nah, kista seperti inilah yang perlu diwaspadai. Normal tidaknya kista bisa dilihat dari diameternya melalui USG. Kista normal berdiameter kurang dari 5 cm dan akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu tiga bulan. Namun, biasanya tetap diamati apakah kista tersebut mengalami pembesaran atau tidak.

Kebanyakan penderita kista ovarium tidak menyadari bahwa dirinya mengidap kista. Adanya penyakit ini biasanya baru diketahui secara kebetulan saat pemeriksaan USG atau ketika kista sudah cukup besar sehingga bisa diraba karena menonjol di dinding perut. Penderita kista biasanya mengalami ketidakteraturan haid, memproduksi hormon endrogen yang tinggi, kegemukan, kulit berminyak dan berjerawat. Karena adanya kista ini, seorang wanita umumnya sulit hamil.

Pada kista yang bermasalah, pembesaran relatif cepat. Gejala-gejala seperti perut yang agak membuncit serta bagian bawah perut yang terasa tidak enak biasanya baru dirasakan saat ukurannya sudah cukup besar. Jika sudah demikian, biasanya dilakukan tindakan pengangkatan tanpa perlu dilakukan pengirisan di bagian perut penderita.

Bila dalam kehamilan muda ditemukan kista yang berukuran di bawah 5 cm, biasanya pengangkatan diundur sampai usia kehamilan lebih dari 16 pekan, kecuali ada keluhan mendadak yang menyebabkan operasi tidak boleh ditunda. Apakah kista yang ditemukan pada waktu kehamilan tua perlu diangkat atau tidak tergantung pada ukuran besarnya, posisinya, cepat atau tidaknya berkembang. Kadang-kadang, dokter akan memberikan obat kesuburan oral serta injeksi untuk merangsang ovulasi pasca pengangkatan kista.

Pengangkatan kista melalui jalan operasi dapat menyebabkan sebagian indung telur ikut terambil dan timbul jaringan parut. Oleh karena itu, pada beberapa kasus kista indung telur penanganannya dilakukan dnegan memperbaiki gaya hidup. Misalnya, diet rendah lemak dan gula, rutin berolahraga, mengurangi kerja berlebihan dan stres. Diet rendah lemak dan gula dapat mempengaruhi reaksi kimia di otak, serta dapat membentuk produksi hormon estrogen yang dapat memicu perkembangan sel telur sehingga kista dapat hilang dengan sendirinya.

*Disadur dari Panduan Kehamilan, Persalinan dan Perawatan Bayi karangan MT Indiarti

(esqiel/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk