Mengapa Yogurt Sehat?

MuslimahZone.com – Tak seperti makanan lain, yogurt digolongkan sebagai makanan ‘hidup’. Kehidupan yogurt terletak pada 2 jenis bakteri yang aktif berkembang biak di dalamnya. Gara-gara bakteri inilah yogurt menjadi ternama sebagai makanan bernutrisi super.

Kandungan probiotik alami di dalam yogurt dapat menjaga kesehatan usus, dari bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan diare, kembung dan sembelit. Probiotik juga dapat memusnahkan bakteri berbahaya yang berpotensi menimbulkan kanker. Seperti dikutip Livestrong, yogurt mengandung dua jenis bakteri menguntungkan, yaitu Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus.

Bakteri Lactobacillus Bulgaricus umum dikenal sebagai bakteri baik yang ada di dalam yogurt. Setidaknya dalam 1 gram yogurt mengandung sekitar 1 juta bakteri Lactobacillus Bulgaricus. Bakteri ini akan memecah laktosa yang ada di dalam produk susu. Karena itu sangat menguntungkan bagi orang-orang yang intoleransi atau tidak tahan terhadap laktosa.

Lactobacillus juga memproduksi Vitamin B kompleks dan Vitamin K. Seperti yang tercatat dalam sebuah studi pada hewan ditahun 1999, bakteri Lactobacillus juga bersifat sebagai anti tumor. Meski penelitian ini belum terbukti pada manusia.Bakteri ini juga diketahui mudah hancur oleh asam lambung.

Begitu juga dengan bakteri Streptococcus Thermophilus. Bakteri kedua ini juga diperlukan dalam proses pembuatan yogurt. Streptococcus adalah salah satu jenis bakteri asam laktat terkecil. Juga menguntungkan bagi penderita intoleransi laktosa.

Bakteri ini bisa dibeli di pasaran bebas. Bakteri ini berperan penting dalam menghasilkan produk dengan rasa dan tekstur yang konsisten seperti telah dibuktikan oleh European Bioinformatics Institute. Seperti Lactobacillus bulgaricus, bakteri Streptococcus Thermophilus juga akan rusak di perut saat terkena asam pada lambung.

Kedua bakteri ini dipercaya dapat menjaga kesehatan usus. Bakteri jahat yang ada di dalam pencernaan juga bisa dimusnahkan. Karena itu konsumsi yogurt setiap hari sangatlah dianjurkan. Beberapa jenis yogurt ada juga yang ditambahkan dengan bakteri Bifidus Ragularis.

Jenis bakteri ini bermanfaat untuk meningkatkan kelangsungan hidup bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus, saat melewati lambung yang sangat asam. Berdasarkan data Consumer Reports, sebanyak 3 juta dari tiga miliar bakteri berhasil melewati lambung hingga ke usus. Hal ini berkat kerja bakteri Bifidus Regularis.

 

(esqiel/detikfood/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk