Mengapa Wanita yang Sering Beribadah Ini Masuk Neraka?

MuslimahZone.com – Ada sebuah kisah di masa Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam.  Seorang pria menceritakan dari pria yang lain tentang seorang wanita di hadapan Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam. Dia menceritakan tentang betapa baik ibadah wanita itu. Dia menceritakan betapa seringnya wanita itu beribadah. Dia menceritakan betapa seringnya dia berpuasa. Dia menceritakan betapa seringnya wanita itu bersedekah. Tapi kemudian Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam berkata padanya,

Wanita yang kau ceritakan ini akan dibakar dalam neraka“.

Menakjubkan !

Ya Rasulullah, kami baru saja menceritakan betapa sering wanita ini beribadah, kami baru menceritakan betapa sering wanita ini berpuasa, kami baru menceritakan betapa sering wanita ini bersedekah, kami baru menceritakan betapa banyak kebaikan yang dilakukannya.”

Dan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam berkata, ” Ya, tapi dia akan diazab di neraka, karena dia jahat kepada tetangganya.

Subhanallah ! Shalat, puasa, sedekah, semua amal baik ini, tapi saat dia jahat kepada tetangganya, hal ini sama jahatnya dengan dosa besar lainnya.

Dan kemudian di sisi lain, Rasulullah shalallahu alaihi wassalam menceritakan kepadanya wanita lainnya, yang shalatnya biasa, puasanya biasa, wanita ini tidak begitu banyak shalat sunnah, dia kebanyakan shalat wajib saja, dia berpuasa Ramadhan saja, dia bersedekah biasa, dia hanya melakukan perbuatan biasa saja. Dia melakukan perbuatan umum layaknya Muslim yang biasa berkenaan dengan ibadah.  Rasulullah shalallahu alaihi wassalam berkata,

“Tapi dia akan masuk surga.”

“Kenapa, ya Rasulullah?” tanya pria itu.

“Karena dia sangat baik dan sangat sopan kepada tetangganya.”

Subhanallah, siapa yang memikirkan hal ini di zaman sekarang? Kita menemukan seorang Muslim, yang bagi mereka Islam hanya tentang shalat, Islam bagi mereka tentang berpuasa, Islam bagi mereka tentang zakat, Islam bagi mereka tentang baca Qur’an,. Tentu saja ini Islam, tapi belum seluruhnya Islam.

Kemudian berkenaan dengan sopan santun, berkenaan dengan moral yang baik, berkenaan dengan etika yang baik, kita lihat banyak Muslim tidak mempedulikannya. Kita tidak mempedulikan hal itu. Seakan-akan kita tidak perlu bertatakrama dengan baik, seakan-akan kita tidak perlu sopan, seakan-akan kita tidak perlu berakhlak baik,.

Allah subhanahu wata’ala memuji Rasulullah shalallahu alaihi wassalam karena akhlaknya yang paling baik. Allah subhanahu wata’ala berfirman,

“Sesungguhnya Muhammad, kau memiliki akhlak dan moral terbaik.”

Dengan begitu saudariku, hal paling penting dan terbaik yang harus kita miliki dalam kepribadian kita karena kita hidup dalam kontaminasi budaya Barat adalah untuk memiliki tata krama yang terbaik. Tata krama Rasulullah shalallahu alaihi wassalam yang mendekatkan orang-orang kepadanya, dan mengubah musuh-musuhnya menjadi pengikutnya. Dan membuat orang-orang yang melawannya menjadi pendukungnya, dan orang-orang yang membencinya menjadi menyukainya, dan mereka yang berpaling darinya menjadi mendekat padanya, dan mereka yang merendahkannya menjadi menghormatinya.

Itulah akhlaknya Rasulullah shalallahu alaihi wassalam, itulah moralnya, itulah etikanya. Dan kita punya kewajiban untuk memiliki akhlak terbaik. Kita punya kewajiban untuk memiliki etika terbaik.  Kita punya tanggung jawab untuk memiliki disiplin terbaik.

Akhlak yang baik adalah cerminan dari akidah yang lurus, yang benar, yang terpancar dari ketundukkan akan ke-Maha Esa-an Allah. Kesadaran bahwa Allah adalah Sang Pencipta dan kita hanyalah seorang hamba yang lemah, tanpa daya apapun kecuali atas kehendak-Nya. Wallahu’alam.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk