Mengajarkan Anak Tentang Pentingnya Kejujuran

MuslimahZone.com – Kejujuran adalah sesuatu yang berharga. Ia adalah sebuah kesederhanaan yang paling mewah. Sebuah kepercayaan akan disematkan pada mereka yang senantiasa mempertahankan prinsip kejujuran dalam hidupnya. Sifat yang selalu dicontohkan oleh Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam ini, haruslah ditanamkan dalam diri seseorang sejak dini. Seorang anak yang selalu diajarkan tentang makna kejujuran akan terbiasa bersikap jujur dalam setiap ucapannya.

Sering kita rasakan saat ini, kejujuran menjadi hal yang begitu langka. Seorang anak mudah sekali berbohong, sekalipun dalam perkara-perkara kecil. Walaupun sikap jujur mungkin selalu diajarkan di bangku sekolah, tapi faktanya masih saja banyak anak yang tidak mampu mengaplikasikan teori yang didapatkannya  ke dalam aktifitas keseharian. Misalnya saja saat ujian, mereka mengerjakan soal ujian tentang kejujuran, tentang akhlak yang baik, namun dengan cara mencontek. Ironi sekali.

Hal ini terjadi karena kurangnya pembiasaan kepada anak sejak kecil untuk bersikap jujur, di samping kurang mendalamnya penanaman tentang akidah Islamiyah yang harusnya menjadi fondasi dalam diri seorang anak, yang akan selalu melekat dan tercermin dalam tingkah lakunya.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengajarkan pentingnya kejujuran kepada anak:

  1. Kunci utama dalam mendidik anak bersikap jujur adalah melalui keteladanan orangtua selaku profil terdekat bagi anak. Segala sesuatu yang dilakukan orang tua akan masuk dan tersimpan dalam memori anak dan secara otomatis, anak akan meniru apa yang diperbuat orang tuanya.
  2. Menjalin komunikasi yang baik dengan anak. Orang tua harus menjadi sosok yang membuat anak nyaman ketika berada di dekatnya. Dengan begitu, kita bisa menanamkan nilai-nilai Islam termasuk kejujuran kepada anak dan mengarahkannya agar memiliki sifat-sifat mulia.
  3. Apabila anak ternyata sulit diajak berkomunikasi secara langsung, kita bisa memfasilitasinya dengan memberikan buku diary. Melalui buku ini, anak dapat mencurahkan segala sesuatu yang ada di pikirannya, yang mungkin belum dapat dia sampaikan. Selain itu, hal ini juga dapat mengasah kemampuannya untuk menulis.
  4. Jangan membaca buku diarynya sebelum dia mengizinkan dan memberikan kepercayaannya kepada kita untuk membacanya.
  5. Apabila anak melakukan kesalahan, misalnya mencuri, kemudian tidak mengakuinya, hendaknya tidak langsung memarahi anak tersebut, tetapi memintanya untuk mengakuinya. Jika anak sudah mengaku dengan jujur, berikanlah reward positif atas kejujurannya dan memberi sanksi sebagai konsekuensi atas kesalahan yang dilakukannya.
  6. Dan yang terpenting, biasakanlah diri kita untuk bersikap jujur bukan hanya di depan anak tapi di depan siapapun. Allah Maha Mengetahui apa yang kita tampakkan dan sembunyikan, bahkan ketika itu hanya berada di dalam hati. Karena tidak mungkin kita mengajarkan kejujuran tanpa dimulai dari diri sendiri. Wallahu’alam.

(fauziya/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk