Mendekatkan Hati Mengembangkan Imajinasi

MuslimahZone.com – Kegiatan yang satu ini sepertinya sudah mulai jarang dilakukan oleh para orang tua. Padahal manfaatnya besar bagi tumbuh kembang si buah hati. Tidak membutuhkan waktu lama namun memerlukan ketekunan dan rutin melakukannya. Kegiatan yang tampak sepele tetapi akan menghasilkan efek yang dahsyat di kemudian hari. Aktivitas yang dimaksud adalah mendongeng.

Kegiatan mendongeng merupakan aktivitas sederhana yang dapat dilakukan oleh setiap orang tua agar anak dapat belajar banyak dari kisah-kisah yang diceritakan. Tidak perlu buku tebal, mahal, dan bergambar warna-warni untuk menyampaikan dongeng pada anak. Kisah sederhana yang berasal dari kehidupan sehari-hari dapat dijadikan cerita asalkan mengandung pesan baik dan dapat diterima anak dengan mudah tanpa mengerutkan kening.

Mendongeng dapat meningkatkan imajinasi anak dan membuatnya cerdas dalam mengolah kata. Karena anak menyerap kosa kata yang didengarnya dari mendongeng. Jika kegiatan ini rutin dilakukan oleh orang tua maka akan meningkatkan kedekatan hubungan antara orang tua dan anak. Melalui dongeng anak belajar kehidupan, baik-buruk, jahat-tulus, dan lain sebagainya, tergantung cerita yang disampaikan. Anak tidak merasa digurui dengan berkata, “kamu tidak boleh begini, kamu tidak boleh begitu,” ia akan belajar mengambil hikmah dari cerita yang disampaikan tanpa merasa diperintah.

Dongeng sangat disukai anak-anak seperti cokelat dan es krim. Mereka menikmati cerita yang disampaikan oleh orang tuanya. Cerita yang disampaikan melalui dongeng dapat memasuki imajinasi anak-anak secara langsung, ia akan belajar berbagai hal baru, kosakata baru, ekspresi baru, menstimulasi perkembangan otak untuk mengambil kesimpulan dari kisah yang disampaikan. Anda mungkin bertanya-tanya pada usia berapakah seorang anak sebaiknya mulai dibacakan dongeng?

Menurut psikolog anak Efrie Indrianie, M.Psi, seperti yang dikutip dari kompas.com, anak dapat mengikuti kisah yang disampaikan pada usia 3,5 tahun. Pada usia ini anak sedang menstimulasi pendengaran mereka sehingga dongeng membantu mereka berpikir lebih baik. Di usia balita anak masih memiliki pola pikir yang abstrak sehingga ada sedikit kesulitan untuk membuat mereka mengerti nilai-nilai positif dalam kehidupan sehari-hari. Namun, melalui dongeng anak dibantu menyerap nilai-nilai positif yang diajarkan melalui cerita yang disampaikan.

Anak yang dibiasakan mendengar dongeng memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah cenderung lebih baik dibanding anak yang tidak mendengarkan dongeng. “Stimulasi ini akan merangsang pembentukan lipatan pada otak anak (girus) yang berfungsi untuk menyimpan informasi yang lebih banyak, sehingga mereka bisa jadi lebih pintar,” ungkap Efrie. Kepintaran yang dimiliki juga bukan hanya kepandaian secara kognitif, tetapi juga kecerdasan emosional dan sosial.

Selain itu ada beberapa manfaat lain yang dapat diambil dari kegiatan mendongeng, di antaranya adalah:

1. Penggunaan bahasa

Anak yang terbiasa mendengarkan dongeng memiliki tingkat kecerdasan berbahasa yang lebih baik dibanding dengan anak yang tidak didengarkan cerita oleh orang tuanya. Bahasa adalah kemampuan awal yang dapat dikuasai oleh anak. Kemampuan verbal ini berhubungan dengan otak kanan yang berkembang serta keterampilan bahasa yang baik. Kisah-kisah yang disampaikan akan membantu anak untuk bertutur dengan sopan dan secara tidak langsung belajar beretika.

2. Minat baca

Mendongeng melalui perantara buku akan membuat anak penasaran dengan buku yang dipegang oleh orang tuanya, apalagi jika buku tersebut bergambar. Hal ini menjadi penarik minat anak untuk membaca. Berawal dari melihat gambar dan bertanya apa yang tertulis di buku tersebut lambat laun anak ingin mengetahui isi buku dengan membaca sendiri.

3. Imajinasi berkembang

Pada usia 3-7 tahun anak biasanya memiliki teman khayalan. Imajinasi anak berkembang seiring dengan usianya. Oleh karena itu, orang tua perlu membimbing imajinasi anak ke arah positif dan menuju dunia nyata melalui dongeng yang disampaikan. Jangan sampai anak memiliki imajinasi yang merusak masa depannya.

4. Kecerdasan emosional

Melalui kisah yang disampaikan dalam dongeng anak akan belajar berempati terhadap lingkungan sosialnya. Meneladani kisah saling tolong-menolong seperti cerita semut dan belalang dan berbagai kisah bermakna lainnya. Kecerdasan emosional sangat baik bila ditanamkan sejak dini agar anak memiliki hati yang mulia dan bersahaja.

Untuk itu, mendongeng akan saling mendekatkan diri antara orang tua dan anak. Kedekatan yang tidak hanya sekadar kedekatan fisik tetapi juga emosi dan kejiwaan. Setelah membaca artikel ini mari kita hidupkan kembali budaya mendongeng yang telah lama dilupakan para orang tua. Mendongeng mendekatkan hati dan mengembangkan imajinasi.

(esqiel/mjeducation/muslimahzone.com)

Komentar Anda

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Menikah Muda Why Not ?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Anak-anak dan Membaca
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Wanita Muslimah yang Tangguh
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Tips Kecantikan ala Aisyah Istri Nabi
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk