Membaca Al Qur’an Sambil Tiduran

Muslimahzone.com – Ketika menjelang tidur, ada anjuran untuk membaca beberapa ayat Al-Qur’an dan dzikir kepada Allah. Dalam membaca ayat Al Qur’an ini apakah boleh dengan posisi sambil berbaring atau tiduran ? Berikut jawaban yang redaksi kutip dari majalah.hidayatullah:

Ajuran membaca al-Qur’an bisa didapati dalam banyak ayat dan Hadits Nabi SAW. Tidak diragukan lagi, membaca al-Qur’an hukumnya wajib bagi umat Islam. Allah Ta’ala berfirman:

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al kitab (alQur`an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”  (Al-Ankabut [29]: 45)

Bahkan dalam beberapa Hadits yang shahih dikatakan, umat Islam harus mengkhatamkan bacaan al-Qur’an minimal dalam tempo 40 hari. Lebih baik lagi jika khatam sebulan sekali. Lebih afdhal lagi jika bisa mengkhatamkan al-Qur’an tiap pekan atau tujuh hari.

Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah (khatamkan) al-Qur’an pada tiap-tiap bulan, bacalah al-Qur’an pada tiap dua puluh hari, bacalah al-Qur’an setiap sepuluh hari, bacalah al-Qur’an pada tiap tujuh hari, dan janganlah kamu melebihi yang demikian itu.” (Riwayat al-Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud)

Cara membaca al-Qur’an pada dasarnya bebas. Bisa dilakukan dengan cara berdiri, duduk, atau berbaring. Yang terpenting, bacaan al-Qur’an hendaknya menjadi wirid harian kaum Muslimin. Tiada hari tanpa al-Qur’an.

Dalam beberapa riwayat disebutkan, Rasulullah SAW membaca al-Qur’an tidak selalu dalam keadaan duduk. Beliau bahkan pernah membaca al-Qur’an sambil meletakkan kepala dipangkuan istrinya.

Dari ‘Aisyah RA berkata, “Adalah Nabi SAW membaca al-Qur’an dan kepalanya berada di pangkuanku, padahal aku sedang menstruasi. (Riwayat al-Bukhari)

Adapun membaca beberapa ayat al-Qur’an menjelang tidur sebagaimana yang disunnahkan Nabi SAW sambil tiduran, para ulama sepakat menyatakan hukumnya boleh. Dalam kitab Al-Adzkar dijelaskan bahwa ‘Aisyah RA berkata, “Sungguh aku membaca hizib-ku (wirid yang terdiri atas ayat-ayat al-Qur’an) sambil aku berbaring di atas ranjang.”

Dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an, Imam Nawawi berkata, “Disunahkan hukumnya bagi orang yang membaca al-Qur’an di luar shalat agar menghadap kiblat. Nabi SAW pernah bersabda yang artinya,  “Sebaik-baik tempat adalah tempat yang menghadap kiblat.” Dan agar dia duduk dengan penuh khusyuk, tenang, dan sopan sambil menundukkan kepala, dan duduknya itu sendiri benar-benar menjaga sopan santun dan merendahkan diri, sebagaimana ia duduk di hadapan gurunya, maka itulah yang lebih sempurna. Dan jika ia membaca al-Qur’an sambil berdiri, berbaring, tiduran atau dalam keadaan bagaiamanapun selain itu, maka hukumnya boleh dan ia diberi pahala, namun pahalanya tidak sama dengan yang pertama tadi. Wallahu a’lam bish shawab.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk