Membaca Al Qur’an Sambil Tiduran

Muslimahzone.com – Ketika menjelang tidur, ada anjuran untuk membaca beberapa ayat Al-Qur’an dan dzikir kepada Allah. Dalam membaca ayat Al Qur’an ini apakah boleh dengan posisi sambil berbaring atau tiduran ? Berikut jawaban yang redaksi kutip dari majalah.hidayatullah:

Ajuran membaca al-Qur’an bisa didapati dalam banyak ayat dan Hadits Nabi SAW. Tidak diragukan lagi, membaca al-Qur’an hukumnya wajib bagi umat Islam. Allah Ta’ala berfirman:

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al kitab (alQur`an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”  (Al-Ankabut [29]: 45)

Bahkan dalam beberapa Hadits yang shahih dikatakan, umat Islam harus mengkhatamkan bacaan al-Qur’an minimal dalam tempo 40 hari. Lebih baik lagi jika khatam sebulan sekali. Lebih afdhal lagi jika bisa mengkhatamkan al-Qur’an tiap pekan atau tujuh hari.

Rasulullah SAW bersabda: “Bacalah (khatamkan) al-Qur’an pada tiap-tiap bulan, bacalah al-Qur’an pada tiap dua puluh hari, bacalah al-Qur’an setiap sepuluh hari, bacalah al-Qur’an pada tiap tujuh hari, dan janganlah kamu melebihi yang demikian itu.” (Riwayat al-Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud)

Cara membaca al-Qur’an pada dasarnya bebas. Bisa dilakukan dengan cara berdiri, duduk, atau berbaring. Yang terpenting, bacaan al-Qur’an hendaknya menjadi wirid harian kaum Muslimin. Tiada hari tanpa al-Qur’an.

Dalam beberapa riwayat disebutkan, Rasulullah SAW membaca al-Qur’an tidak selalu dalam keadaan duduk. Beliau bahkan pernah membaca al-Qur’an sambil meletakkan kepala dipangkuan istrinya.

Dari ‘Aisyah RA berkata, “Adalah Nabi SAW membaca al-Qur’an dan kepalanya berada di pangkuanku, padahal aku sedang menstruasi. (Riwayat al-Bukhari)

Adapun membaca beberapa ayat al-Qur’an menjelang tidur sebagaimana yang disunnahkan Nabi SAW sambil tiduran, para ulama sepakat menyatakan hukumnya boleh. Dalam kitab Al-Adzkar dijelaskan bahwa ‘Aisyah RA berkata, “Sungguh aku membaca hizib-ku (wirid yang terdiri atas ayat-ayat al-Qur’an) sambil aku berbaring di atas ranjang.”

Dalam kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Qur’an, Imam Nawawi berkata, “Disunahkan hukumnya bagi orang yang membaca al-Qur’an di luar shalat agar menghadap kiblat. Nabi SAW pernah bersabda yang artinya,  “Sebaik-baik tempat adalah tempat yang menghadap kiblat.” Dan agar dia duduk dengan penuh khusyuk, tenang, dan sopan sambil menundukkan kepala, dan duduknya itu sendiri benar-benar menjaga sopan santun dan merendahkan diri, sebagaimana ia duduk di hadapan gurunya, maka itulah yang lebih sempurna. Dan jika ia membaca al-Qur’an sambil berdiri, berbaring, tiduran atau dalam keadaan bagaiamanapun selain itu, maka hukumnya boleh dan ia diberi pahala, namun pahalanya tidak sama dengan yang pertama tadi. Wallahu a’lam bish shawab.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Siapakah Dalang Dibalik Kenaikan Biaya STNK? Ini Penelusurannya
Tak Hanya Medsos; Whatsapp, Line, BBM Juga Jadi Pantauan Pemerintah
MHTI Kembali Menyelenggarakan Kongres Ibu Nusantara (KIN)
Miris, Pasca Gempuran ke Aleppo Jokowi Malah Tanda Tangan Kerjasama dengan Iran
Keutamaan Ilmu
Tata Cara Mandi Haid dan Mandi Junub
Peran besar muslimah dalam dakwah Islam
Aroma Mewangi Minyak Kasturi
Neraka Jahannam Sepanjang Hidup, Surga Sepanjang Hidup
Rizki di Tangan Allah
Pada Suatu Titik
Mencari Jalan Pulang
Jodoh : Memilih Atau Dipilih ?
Ketika Istri Merasa Tidak Bisa Membahagiakan Suami
Pastikan Izin Suami Jika Ingin Menjalankan Shaum Sunnah
Satu-satunya Cinta yang Perlu Ada dalam Pernikahan bahkan dalam Kehidupan
Kenapa Anakku Susah Banget Sih Disuruh Sholat?
Aku Peduli Iman Anakku
Anak Sukses Bermula dari Bangun Pagi
Jangan Sia-Siakan “Masa SMA”
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Raditya Dika tak lagi Jenaka, Awkarin Malah jadi fenomena: Generasi Islam Mau Kemana?
Kisah Si Kaya dan Si Miskin (Pemilik Dua Kebun: Surat Al-Kahfi 32-44)
Gubernur Al-Hajjaj dan Pelajaran untuk Penguasa Durja
Nilai Ketaatan Isteri pada Suami
Nenek Penjaga Wahyu Al-Qur’an
Cara Mengatasi Anak Susah Makan
Asam Lambung Naik, Coba Obat Alami Ini
Popok Bayi Sekali Pakai VS Popok Kain
Bolehkah Ibu Hamil Makan Nangka?
Tips Merebus Telur yang Baik
Tips Meningkatkan Minat Membaca Buku
7 Tips Menyapih Anak
Tips Menyimpan Daging Kurban dengan Baik dan Sehat
Tips Merebus Telur yang Baik
Resep Aneka Olahan Singkong
Nikmatnya Pangsit Kuah Hangat Buatan Sendiri
Eksperimen Dapur : Kue Ketan Isi Mangga