Mendidik Anak di 7 Tahun Kedua: Saatnya Belajar dan Disiplin

MuslimahZone.com –  Pada masa ini anak kita mengalami penurunan status yang drastis dari yang mulanya berstatus RAJA kini menjadi berstatus PEMBANTU. PEMBANTU yang memiliki ruang lingkup mendapatkan pendidikan dan bimbingan.

Jika ditarik ke jenjang sekolah, masa ini berada pada jenjang SD dan awal memasuki jenjang SMP. Saat ini akal anak sudah siap untuk membedakan baik dan buruk, kemampuan rasional anak (daya pikir dan daya ingat) berkembang pesat, sehingga masa 7 tahun kedua adalah masa-masa  terbaik untuk menanamkan akhlak dan belajar. Jika diibaratkan, setelah kemarin fondasi rumah itu sudah kita buat pada 7 tahun pertama hidupnya, sekaranglah saatnya awal pembangunan rumah tersebut.

Pembangunan pertama yang terpenting adalah membangun anak kita dengan pendidikan akhlak dan agama. Saat ini anak-anak sudah mulai diperkenalkan dengan peraturan dan adab, latihan kedisiplinan, serta tanggung jawab. Pada masa inilah masa penanaman norma dan nilai-nilai.

Masa ini adalah masa paling banyak menimbulkan konflik. Masa ketaatan ini juga sangat ditentukan dengan keberhasilan orangtua membangun masa 7 tahun pertama anak. Komunikasi yang lancar pada masa sebelumnya, akan memunculkan kepercayaan dan keterbukaan pada masa ketaatan ini. Jika ketika anak menjadi RAJA kecil kita berhasil menumbuhkan kepercayaan mereka, maka saat kini mereka berstatus PEMBANTU yang harus taat terhadap MAJIKANnya, ia akan senang mendengar nasihat orangtua, mengikuti saran-saran, dan menerima dengan lapang dada larangan-larangn yang masuk akal.

Pendidikan dan bimbingan yang kita berikan pada masa ini tidak lain adalah untuk mempersiapkan anak-anak kita menuju masa taklifnya, yakni masa puber (akil balig). Masa puber ini merupakan momen spesial di mana anak kita sudah menjadi manusia yang harus memilih jalan hidupnya dengan penuh kesadaran akan konsekuensi-konsekuensinya.

Keberhasilan kita menanamkan adab, kedisiplinan, dan tanggung jawab pada masa pra remaja sangat menentukan keberhasilan mereka saat menjadi seorang WAZIR di 7 tahun ketiga hidupnya.

Merayakan Masa Puber

Pada masa praremaja ini mulai terjadi perubahan-perubahan yang kentara pada tubuh dan emosinya. Pendampingan orangtua dan informasi yang benar tentang perubahan-perubahan ini sangat mereka perlukan. Informasi yang benar dan pemahaman bahwa perubahan itu adalah suatu hal yang wajar membuat mereka siap dan nyaman dengan perubahannya. Pada masa ini pula mulai ditanamkan pemahaman tentang perbedaan ynag adil antara laki-laki dan perempuan dan bagaimana membangun hubungan di antara keduanya.

 Sangat mungkin pula pada masa ini anak sudah memasuki masa pubernya, yang ditandai dengan menstruasi pada anak perempuan dan mimpi pada anak laki-laki.  Dalam Islam, masa akil baligh ini menjadi momen yang sangat sakral. Ia  merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak yang bersih dari dosa menuju masa tanggung jawab akan setiap perilakunya.

Alangkah baiknya jika pada momen penting ini orangtua memberikan selamat kepada putra-putrinya sebagai ucapan syukur, juga memberi nasihat tentang hakikat kehidupan kepada mereka. Tidak perlu acara mewah, cukup dengan acara sederhana yang khidmat dan khusu’, tapi yakinlah akan bermakna luar biasa pada anak-anak kita. Wallahu’alam. (esqiel/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk