Masjid Ramah Wanita, Kabar Gembira Bagi Muslimah Turki

Istanbul, MuslimahZone.com – Dalam rangka memenuhi kebutuhan Perempuan Muslim, semakin banyak masjid di seluruh dunia akan menawarkan bentuk masjid yang ” ramah perempuan” dengan lebih banyak ruang bagi perempuan dan adanya keterlibatan mereka di tempat-tempat ibadah.

“Kami mulai mempertanyakan mengapa kita tidak melayani kebutuhan perempuan dan tidak menciptakan arsitektur untuk memenuhi kebutuhan laki-laki dan perempuan,” Fiyaz Mughal, pendiri dan direktur organisasi berbasis nirlaba, Faith Matters di Inggris, mengatakan kepada Anadolu Agency, Minggu (16/11).

“Sekarang, perubahan telah terjadi selama 10 tahun terakhir dan benar-benar mulai menunjukkan dirinya hari ini.” Mughal menyuarakan permintaan dari jutaan perempuan Muslim yang selama ini telah menyerukan aksesibilitas lebih ke masjid.

Hatice Eser, seorang mahasiswa Turki 21 tahun memiliki permintaan serupa. “Saya menghabiskan sebagian besar waktu luang saya di luar rumah, yang berarti saya butuh ruang untuk beribadah,” kata Eser.

“Kami sudah memiliki sejumlah masjid, tapi fasilitas tidak memuaskan,” lanjutnya.

Untuk Eser dan wanita Muslim lainnya, impian adanya masjid ramah wanita akan segera terwujud dengan pembangunan Masjid Çamlica Istanbul yang akan mendedikasikan ruang besar untuk wanita dengan berbagai layanan.

Dalam bidang yang selama ini didominasi oleh laki-laki, kini beberapa perempuan Turki mulai terlibat dalam merancang masjid di negara mayoritas Muslim.

Dengan anggaran sebesar $ 66.500.000, Masjid Çamlica sedang dirancang oleh dua arsitek perempuan, Bahar Mızrak dan Hayriye Gül Totu.

Direncanakan untuk menjadi yang terbesar di Turki, masjid ini akan dibangun di 30.000 meter persegi di distrik Üsküdar Istanbul.

Gedung baru akan mencapai “diskriminasi positif bagi perempuan,” kata Metin Külünk, insinyur konstruksi dan presiden yayasan masjid.

“Dengan tempat terpisah bagi perempuan untuk melakukan wudhu dan lift membawa mereka ke tempat di mana mereka bisa shalat, wanita juga akan dapat menggunakan ruang perawatan anak yang nyaman,” tambah Külünk.

Ada pula sebuah tempat khusus bagi penyandang cacat, sebuah platform di mana pengunjung dapat beribadah khusyuk, sebuah galeri seni Islam dan museum, perpustakaan dan parkir mobil untuk 3.500 kendaraan juga akan tersedia dalam masjid.

Menyoroti pentingnya masjid yang ramah perempuan, Mughal dan rekan-rekannya menyiapkan 100 direktori yang paling ‘ramah perempuan’ dari masjid di Inggris.

“Hal ini dimulai untuk menunjukkan contoh yang baik dalam kaitannya dengan keterlibatan perempuan dalam masjid,” kata Mughal, merujuk ke direktori.

Setelah sukses, ide masjid yang ramah perempuan juga telah diadaptasi oleh negara-negara lain. Diantaranya sebuah masjid wanita-anak, dengan kombinasi arsitektur Islam Ottoman dan tradisi lokal Denmark dan Skandinavia, yang direncanakan dibangun di kota Aarhus Denmark.

Pembangunan akan dimulai pada tahun 2016 jika pemerintah daerah setempat setuju pada “lokasi yang layak untuk membangun masjid,” kata Metin Aydin, arsitek masjid asal Turki.

Sekitar 99 persen dari populasi Turki adalah Muslim, yang sebagian besar adalah Sunni. Turki memiliki ribuan masjid, yang paling terkenal di antaranya adalah Masjid Biru, yang ditandai dengan ubin biru menghiasi dinding interiornya.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk