Makanan Peningkat Kekebalan Tubuh si Kecil

MuslimahZone.com – Jenis makanan yang dikonsumsi si kecil akan berdampak secara langsung pada pertumbuhan mereka. Asupan nutrisi yang cukup, berimbang, dan lengkap seperti dalam konsep empat sehat lima sempurna, dapat memastikan pertumbuhan mereka secara optimal sehingga dapat mendukung perkembangan sosialnya.

Tahukah ayah bunda bahwa makanan yang dikonsumsi si kecil akan berdampak pula pada sistem imunitas mereka? Jenis makanan bergizi mampu menjadikan sistem kekebalan tubuh si kecil berada pada konsisi puncak sehingga mampu menangkal serangan penyakit dari luar. Diantara berbagai jenis makanan sehat, ada beberapa makanan yang menurut para ahli mampu menjaga bahkan meningkatkan kekebalan tubuh si kecil.

Jenis makanan tersebut ideal dikonsumsi sehari-hari terutama saat si kecil sedang dalam masa pemulihan setelah sakit, atau di saat musim flu. Berikut adalah jenis makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh balita ayah bunda.

Lima jenis makanan untuk kekebalan tubuh si kecil

  1. Yogurt. Makanan olahan susu dengan rasa yang segar ini mengandung bakteri ‘baik’ yang dikenal dengan sebutan probiotik. Mengkonsumsi yogurt secara teratur terbukti dapat meningkatkan efektifitas pencernaan dan membantu memerangi bakteri ‘jahat’ dalam sistem pencernaan. Hasil penelitian menunjukan anak-anak yang terbiasa mengkonsumsi minuman ini terbukti lebih tahan terhadap serangan penyakit flu, infeksi telinga, dan infeksi saluran pernafasan.
  2. Kefir. Menurut situs Wikipedia, kefir adalah minuman susu fermentasi sejenis yogurt tapi berbentuk lebih cair. Biasanya kefir dibuat dari susu sapi atau kambing yang difermentasi menggunakan beberapa jenis bakteri dari kelompok Lactobacillus. Seperti halnya yogurt, kandungan bakteri ‘baik’ dalam kefir mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari beragam serangan bakteri ‘jahat’.
  3. Walnut. Kacang walnut diketahui kaya dengan asam lemak Omega-3 yang menyehatkan. Para peneliti percaya bahwa kandungan Omega-3 dalam walnut mampu meningkatkan imunitas si kecil terhadap serangan penyakit. Hasil sebuah penelitian mengatakan bahwa, konsumsi walnut dapat menurunkan resiko terkena penyakit infeksi saluran pernafasan pada anak-anak.
  4. Buah dan sayuran. Kandungan zat fitonutrien dalam sayuran dan buah-buahan dipercaya dapat menangkal sumber penyakit termasuk radikal bebas pada si kecil. Pakar kesehatan anak merekomendasikan si kecil untuk mengkonsumsi buah dan sayuran segar setiap hari agar tetap sehat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam beberapa jenis buah dan sayuran seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan kentang manis mampu mengurangi resiko terkena penyakit flu pada anak-anak.
  5. Daging rendah lemak. Selain bagus untuk pertumbuhan karena kandungan proteinnya yang tinggi. Daging sapi, ikan, dan ayam tanpa lemak juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Daging-daging sehat tersebut banyak mengandung unsur zinc (seng) yang dibutuhkan sel darah putih untuk memerangi sumber penyakit dari luar.

Tips untuk meningkatkan kekebalan tubuh melalui makanan

Untuk menjaga daya imunitas si kecil, pastikan ayah bunda memberikan jenis makanan yang beragam. Berikan sumber nutrisi yang mengandung protein, karbonidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Kombinasikan dengan lima jenis makanan diatas untuk hasil yang lebih maksimal.

Berikan makanan yang cukup, bukan berlebih. Makanan bukanlah obat tetapi nutrisi yang membantu tubuh si kecil bekerja secara optimal termasuk sistem pertahanan tubunnya. Ketika tubuh si kecil sudah mendapatkan vitamin dan mineral diperlukannya, sisa konsumsi berlebih akan dibuang keluar tubuh.

Sumber: balitapedia.com

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk