Ma, Diperkosa Itu Diapain?

OlehIhsan Baihaqi Ibnu Bukhari

Muslimahzone.com – Parents, anak-anak kita hari ini berbeda dalam jaman berbeda waktu kita jadi kanak-kanak dulu. Anak-anak kita memiliki akses yang lebih banyak dan ekuivalen dengan orangtuanya. Bahkan tak heran anak-anak ini bisa jadi mendapat tempaan informasi lebih banyak dari media, lingkungan dan pergaulan. Termasuk pada hal-hal yang berbau seksual dan mungkin pada dasarnya belum saatnya untuk seusia mereka.

Beberapa pertanyaan yang kadang membuat orangtua berkerut kening kadang diajukan kepada saya oleh beberapa orangtua di beberapa kota, seperti:

– Ma Sodomi itu apa?

– Pa, diperkosa itu memang diapain?

– Kenapa Orang Gede Bisa Hamil?

Atau pertayaan-pertanyaan lain yang mungkin anak kita pernah dengar dari tempat lain lalu mereka menanyakan kembali pada kita.

Ketika anak-anak bertanya pada kita sebenarnya ini anugerah, kesempatan terbaik. ucapkan “alhamdulillah”. Kenapa eh kenapa? karena eh karena kita bersyukur anak-anak kita bertanya pada kita dan bukan pada orang lain atau tempat yang belum tentu dijamin keamanannya.

Jika Anda menghindar apalagi ‘menyerang’ anak dengan mengatakan “”anak kecil ! nggak boleh ngomong-ngomong kayak gitu.. itu jorok, urusan orang gede!” atau jawaban seperti “nanti juga klo udah gede tau sendiri” ini justru tak produktif untuk anak-anak. Iya jika dia mau menunggu sampai besar, bagaimana jika ia mencari informasi ini ke tempat yang lain (internet, teman) yang Anda belum jamin keamanannya bukan?

Daripada memberikan jawaban-jawaban seperti tersebut, ayo bantu anak kita mencari tahu jawaban tersebut dengan TENANG, JUJUR, BERTANGGUNG JAWAB tanpa penuh prasangka negatif (suudzon) pada anak-anak kita.

Kenapa harus tanpa prasangka? Karena sebenarnya anak-anak tak berpikiran macam-macam. Ketika orangtua menyebut (maaf) misalnya sperma atau bahkan nama kemaluan pun anak-anak ini sebenarnya ‘lempeng’ saja, kata-kata itu sama netralnya bagi anak-anak seperti mereka menyebut bola, boneka, pisau, telepon dll. Ingat, kata-kata sebenarnya dimaknai berdasarkan latar belakang referensi (frame of reference) budaya, dll dan juga latar belakang pengalaman seseorang (frame of experience). Orangtuanya aja kadang yang sewot karena memang dalam pikirannya sudah punya ‘persepsi’ tertentu ketika disebut nama tersebut. Meski demikian kita juga wajib mengajarkan anak kita pembicaraan-pembicaraan tersebut boleh dibicarakan sama mama papa tapi tidak di tempat umum atau sama yang lain.

Ini pertanyaan-pertanyaan yang pernah diajukan pada saya. Selain jawaban-jawaban ini silahkan Anda tambahkan sendiri untuk memperkaya referensi menurut versi Anda sendiri. Sebelum jawaban-jawaban Anda ajukan pada anak, cara terbaik adalah selalu menanyakan kembali (konfirmasi) apa yang anak ketahui sebelumnya tentang informasi yang mereka tanyakan tersebut. Misalnya ketika mereka bertanya sodomi, tanyakan kembali pada mereka sebelum Anda menjawab “Memangnya, apa yang pernah kamu dengar dengan tentang sodomi? ” atau “apa yang kamu ketahui tentang sodomi?”

KENAPA ORANG GEDE BISA HAMIL?

Tadi temen FB nulis gini: hari yang aneh Bun………… si tata murid saya hari ini bertanya ttg kehamilan….knp hamil,gara2 apa…..knp orang yang gede saja yang bisa hamil……PR yang sangat berat…..cara menerangkannya bagaimn….hufff……….

Penasaran juga nih, jawaban yang tepat kira2 apa ya Abah? Bagi ilmunya dunk…syapa tau mengalami hal serupa…hehehehe. mksh sebelumnya Bah…. Wassalam

TANGGAPAN ABAH:

alaikumsalam wr wb

Jangan dipersulit, ini jawaban yang sebenarnya sederhana. Jawab secara jujur tapi sederhana, tidak kemana-mana, tidak melebar dan tidak memanjang.

Setiap ibu punya telur, namanya ovum. Seperti ayam dan bebek. Hanya ibu telurnya berkembang di dalam tidak di luar. Telur itu ada yang berkembang menjadi adik bayi dan sebagian tidak berkembang. Ayah juga punya semacam ini, namanya sperma.

Telur ini akan berbuah menjadi adik bayi jika telur ini bertemu sperma ayah di dalam perut ibu. Lalu Allah meniupkan ruh, jadilah adik bayi. Sebelum lahir adik bayi ini tinggal di dalam perut ibu selama beberapa bulan untuk berkembang, dari kecil-kecil… seperti kelereng.. hingga sebesar bola. Itu sebabnya perut ibu jadi besar.. nah saat tidak muat lagi..Allah mengeluarkan adik bayi dari perut ibu.

Bagaimana jika anak bertanya, bagaimana telur ayah dan ibu bertemu? Melalui pernikahan, itu jawabnya. Hanya orang dewasa yang boleh menikah. Karena orang dewasa sudah punya telur yang bisa jadi adik bayi, sedangkan anak-anak belum bisa melakukannya.

Meski menikah, tidak semua orang dewasa bisa hamil. Ayah tidak bisa hamil karena ayah tidak dikasi kantung telur (ovarium) hanya ibu yang dikasi kantung telur. Tidak semua ibu bisa hamil, karena hanya Allah yang memilih ibu mana yang telurnya (setelah bertemu telur ayah) bisa ditiupkan ruh.

KENAPA ADA ORANG TIDAK MENIKAH TAPI BISA HAMIL?

Bisa nak, tapi itu namanya melanggar hukum Allah. Sebenarnya mereka menikah sendiri tak direstuai Allah. Bagaimana agar direstui Allah Ma? Ada saksi, melalui akad, dst (sampai sini biasanya dan sebenarnya anak tak akan meneruskan lebih jauh). Jika pun anak meneruskan lebih jauh, tentang Akad, nikah dll..Ini kesempatan bagus.. kita lalu jelaskan lebih banyak tentang makna kasih sayang dll.

DIPERKOSA ITU DIAPAIN? SODOMI ITU APA?

Seorang Ibu bertanya: Bagaimana ya menjawab pertanyaan anak umur 9 tahun: mama, diperkosa itu diapain sih Ma?

Diperkosa itu seseorang tubuhnya disakiti nak!

Dipukul maksudnya ma? Atau diapain?

Tubuhnya dipaksa-paksa dipegang sama orang lain. Kamu tak akan nyaman kan jika tubuh kamu dipaksa untuk dipegang? Bagaian-bagian tubuh kamu tak boleh dipegang

Kalo sodomi itu apa ma?

Sama seperti tadi, tubuhnya disakiti. Hanya saja disakitinya dengan memasukkan benda-benda asing ke dalam lubang tempat buang kotoran seseorang. Dan itu tindakan yang sangat menyakiti.

DEDEK BAYI KELUAR LEWAT MANA?

Perut ibu seperti tabung atau botol. Jika ada kelereng di dalam botol dan kita ingin mengeluarkannya maka kita harus mengeluarkannya melalui lubang. Nah dulu dedek bayi ada di dalam perut. Jika sudah cukup umur, adik bayi akan keluar dari perut mama melalui lubang tempat pipis mama.

ih Ma, kan jorok! jadi penuh pipis dong!

Tidak nak, karena waktu adik bayi keluar, pipisnya tidak dikeluarkan.

Tapi kata temanku dia keluar dari perut mamanya yang dibelah!

Selain lewat tempat pipis mama, adik bayi juga bisa keuar lewat perut namanya dioperasi. Orang menyebut dicaesar!

KENAPA DADA MAMA BESAR?

Karena Mama ditugaskan Allah memberi makan adik bayi dengan ASI.

Kok papa nggak?

Allah memberikan tugas berbeda untuk ayah dan ibu. Ayah bertugas melindungi ibu…membantu ibu.

KENAPA PAPA PIPISNYA BERDIRI, MAMA JONGKOK?

Karena alat pipis mama berbeda dengan papa. Papa kemaluannya ada di luar tubuh. Mama di dalam tubuh. Cara pipisnya bisa menyesuaikan bentuk tubuh. Coba mama tanya, kenapa laki-laki tidak pake rok? atau pake kerudung? hayooo (lalu biarkan ia berpikir dan bereksplorasi dengan jawaban-jawabnnya).

KENAPA KOK MAMA BILANG ‘LAGI NGGAK SHOLAT!’

Karena mama lagi haid nak.

Haid itu apa Ma?

Haid itu mama keluarnya darah kotor dari tempat pipis mama. Jika kamu anak perempuan dan telah berusia baligh, maka kamu akan haidh. Itu tandanya kamu dipersiapkan untuk menyimpan adik bayi setelah kamu menikah nanti.

(Jangan pernah berbohong pada anak dan mengatakan “Mama sholat kok di dalam kamar, kamu aja yang tidak tau! Jawaban ini adalah kebohongan. Dan hey, kata siapa berbohong pada anak itu boleh dan tidak dosa!)

Allah sayang sama para mama karena saat haid itu kadang kita sedikit kesakitan dan kotor. Karena haid itu kotor, sedangkan orang sholat harus bersih. Tapi Mama masih bisa melakukan ibadah yang lain: berdoa, berbuat baik, berdzikir, dll

MIMPI BASAH ITU APA SIH?

Bah anak sy perempuan umur 8 thn. kl mimpi basah itu apa?

Itu adalah mimpi yang menjadi salah satu tanda seseorang sudah masuk usig baligh. Ketika usia baligh, kita sudah bertanggung jawab terhadap perbuatan-perbuatan kita. Kita memiliki catatan perbuatan sendiri yang dicatat oleh malaikat. Biasanya mimpi basah di alami oleh anak laki-laki. Jika tanda baligh perempuan ditandai dengan haidh, anak laki-laki dengan mimpi basah.

Kenapa disebut basah Ma? (Jika anak meneruskan pertanyaannya)

Karena setelah mimpi seperti ini, akan keluar cairan dari tempat pipis. Ini juga adalah tanda seorang anak laki-laki tubuhnya dipersiapkan untuk kelak menjadi ayah.

(Biasanya sampai seperti ini anak tidak akan meneruskan lagi dan orang tak usah panjang lebar ke mana-mana menjelaskan cairannya seperti apa bentuknya dan lain-lain.)

Tapi jika anak bertanya lagi, tidak apa: Cairannya kayak pipis Ma?

Ya seperti pipis keluarnya tapi bukan pipis. Jika perempuan keluar darah maka laki-laki keluar cairan ini sebagai tanda baligh, namanya sperma.

Jika anak masih meneruskan lagi, tidak apa: Sperma itu apa Ma?

Seperti mama punya ovum, maka papa punya sperma. Ini disimpan dalam tubuh papa yang dikasih Allah untuk manusia agar manusia dapat mendapatkan keturunan.

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk