Lesu Saat Haid? Coba Makan Makanan Ini

MuslimahZone.com – Ketika menstruasi, kondisi tubuh wanita biasanya akan menurun. Wanita cenderung mudah lelah karena kehilangan sebagian mineral serta nutrisi lebih banyak berkurang, akibat keluarnya darah menstruasi. Agar tubuh tetap sehat dan mood juga stabil, wanita disarankan mengasup lebih banyak nutrisi selama periode haid. Berikut ini beberapa makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi saat datang bulan.

1. Kedelai

Masukkan sedikitnya satu jenis makanan berkalsium tinggi dalam daftar diet harian Anda. Kalsium pada susu kedelai atau tahu lebih baik dibandingkan susu full cream, selain sehat juga tidak membuat gemuk. Makanan kaya kalsium membuat tulang kuat dan memberi tambahan energi saat darah banyak berkurang karena menstruasi.

2. Gandum & Sayur

Nasi merah, gandum utuh dan sayuran segar kaya akan serat yang membuat perut kenyang lebih lama tanpa membuatnya terasa kembung dan penuh. Di samping itu, karbohidrat kompleks membantu mengurangi penumpukan air yang berlebihan pada tubuh.

3. Air Putih

Saat haid, tubuh akan kehilangan banyak cairan. Jangan beranggapan kalau minum banyak air bisa menambah penumpukan cairan dalam tubuh. Mencukupi asupan air justru solusi yang baik untuk mencegah perut kram dan dehidrasi. Minumlah air putih minimal delapan gelas per hari.

4. Buah dan Biji-bijian

Jenis mineral seperti potassium juga membantu mengurangi penumpukan cairan. Jeruk, pisang dan nanas merupakan buah yang kaya akan jenis mineral ini. Konsumsi juga cukup magnesium yang terdapat dalam biji-bijian dan kacang untuk mengurangi tubuh yang terasa ‘bengkak’.

5. Protein

Protein memberikan Anda energi yang cukup untuk beraktivitas seharian saat haid. Dapatkan asupan protein sehat dari telur putih rebus, dada ayam tanpa lemak dan susu rendah lemak.

6. Kacang

Wanita akan kehilangan banyak darah selama menstruasi, untuk itu sangat penting mencukupi asupan zat besi. Konsumsilah dalam jumlah yang cukup. Makanan ini kaya akan zat besi. Jika Anda seorang vegetarian, zat besi bisa didapat dari bayam, buah kurma dan kacang-kacangan.

Sumber: https://goo.gl/uz2R8B, Fp Muslimah Cantik Berhijab

(fauziya/muslimahzone.com)

Leave a Reply

Menganggap Konflik Rohingnya Bukan Masalah Agama, Postingan Afi Kembali Menuai Kontroversi
Waspadalah, Kristenisasi Muslimah Lewat Jalur Pacaran
Pernikahan Pemuda dengan Nenek, Pemuda Dianggap Masih Dibawah Umur
Pendidikan Agama di Sekolah akan Dihapus?
Hukum Leasing dalam Islam
Batas Waktu Penyimpanan Daging Qurban
Negeri Tanpa Pajak, Hanya Islam yang Bisa
Kapan Memulai Puasa Dzulhijjah?
Terpesonalah pada Pembuat Keajaiban
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Di Antara 2 Pilihan
Untuk Apa Ujian Kehidupan?
Wajibkah Memenuhi Kebutuhan Sekunder-Tersier Istri?
Inikah Pelakor?
Bahagia Walau Tinggal di Kontrakan
Agar Istri Tak Futur Berdakwah
Membekali Anak tentang Pernikahan Sebelum Terlambat
Kapan Mengenalkan Anak Kisah Nabi
Kunci Pendidikan Anak-anak Palestina
Menanamkan Ketaatan Sejak Dini
Ramadhan, Bulan Memperbanyak Stok Sabar
Jadilah Cyber Army, Boikot Ide Sesat!
Jaga Aurat di Depan Kamera
Perilaku Selfie Menjamur, Pengaruh BDD Ikut Bertutur
Kisah Taubat yang Mengagumkan
Kisah Wanita yang Masuk Neraka Karena Air Wudhu
Pahlawan yang Diragukan
Charlemagne, Harun Ar Rasyid, dan Lubang Ukhuwah Kita
Manfaat Menyusui bagi Ibu
Promil, Jangan Sembarang Minum Obat
Salah Paham Habatussauda
Inilah Beberapa Kesalahan Penderita Maag Menurut Medis
Tips Mengurangi Rasa Pahit pada Pare
Mengolah Ceker Agar Empuk dan Tidak Amis
Tips Mengatasi Penyakit Ujub
Memilih Buku Bacaan untuk Mengisi Ramadhan
Membuat Roti Cane Step by Step
Nikmati Segarnya Green Tea Smoothies
Segarnya Es Kuwut di Hari Lebaran
Biji Ketapang Gurih dan Empuk